pajero sport terbaru 3

3 Mobil SUV Baru Yang Akan Meramaikan 2016

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

3 Mobil SUV Baru Yang Akan Meramaikan 2016 | SUV (Sport Utility Vehicle) adalah salah satu segmen yang paling sengit persaingannya. Data Gaikindo menyebut, sejak Januari-November lalu,wholesale SUV mencapai 118.746 unit.

Angka ini sudah termasuk penjualan untuk segmen low SUV (LSUV) seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Honda HR-V yang mencapai 67.520 unit.

Menariknya, dari sekian banyak segmen, SUV/LSUV adalah salah satu yang penjualannya mengalami pertumbuhan positif. Untuk diketahui, sebagian besar segmen mengalami penurunan penjualan seiring dengan melemahnya perekonomian.

Penjualan SUV pada Januari-November 2015 naik 2,58 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara segmen LSUV bahkan naik hingga 32,7 persen pada Januari hingga November 2015 dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Melihat statistik ini, menarik untuk melihat mobil-mobil SUV anyar apa saja yang akan dirilis di tahun ini. Jika trennya positif, maka masuk akal jika pabrikan akan sangat mengandalkan SUV untuk bertahan di 2016.

Berdasarkan informasi yang telah beredar sejak tahun lalu, berikut adalah beberapa SUV yang dipastikan akan dirilis di Tanah Air tahun ini:

Mazda CX-3

Mazda CX-3 adalah idola baru di Jepang. Buktinya, Maret lalu, CX-3 terjual sebanyak 10 ribu unit lebih. Jumlah ini setara dengan tiga kali lipat dari target yang ditetapkan sebelumnya, yaitu sebesar 3 ribu unit.

Kesuksesan ini membuat Mazda Motor Indonesia (MMI) tertarik untuk memasukkan model ini ke Tanah Air. Oktober lalu, Director and Senior Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation, Yuji Nakamine, sebetulnya telah memberikan tanggung jawab ini ke MMI. Bola kini ada di tangah APM tersebut.

Senior marketing MMI, Astrid Ariani Wijana, pada kesempatan yang berbeda pernah mengatakan bahwa SUV kompak ini sudah dipastikan akan diboyong ke Indonesia. “Kami rencanakan tahun depan (2016),” ujar Astrid, Oktober lalu.

Jika jadi, maka Indonesia akan menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang menjual mobil ini. Sebelumnya, telah ada Malaysia dan Thailand yang menjualnya terlebih dulu pada akhir tahun lalu.

Mazda mengklaim mesin CX-3 irit. Seperti yang dilansir Bangkokpost, mesin bensinnya bisa membawa CX-3 melaju hingga 16,5 kilometer per liter. Sedangkan untuk varian Diesel sanggup mencapai 23,2 kilometer per satu liter solar.

Toyota Fortuner

Toyota dikabarkan akan mengawali tahun 2016 dengan mempersiapkan all new Fortuner. Pada pertengahan Desember lalu, tampang SUV tujuh penumpang itu muncul di situs resmi Toyota. “Coming soon,” tulis mereka.

Pada brosur yang bocor secara daring, diketahui bahwa SUV ini bakal hadir dalam lima tipe. Tipe VRZ dan SRZ menjadi model tertinggi dan menggantikan TRD. Sementara tipe G LUX (bensin 4×2) dan V (bensin 4×4) didiskontinu.

Terdapat beberapa perubahan dibanding model lama. Di atas kertas, tenaga pada mesin Diesel mengalami peningkatan dari 142 Tk menjadi 147 Tk. Pun demikian dengan mesin bensinnya, yang tenaganya naik 2,9 Tk.

Dijelaskan salah satu sales, booking fee untuk mobil ini mencapai angka Rp 15 juta. Pemesanan telah dibuka semenjak awal Desember lalu.

Kabarnya, all new Fortuner akan diperkenalkan PT Toyota-Astra Motor pada 22 Januari nanti. Sejauh ini belum ada informasi soal bocoran harga, namun desas-desunya Fortuner baru menembus angka Rp 520 jutaan.

Pajero Sport

Mitsubishi tidak mau kalah dengan Toyota dan Mazda. Sambut 2016, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi di Indonesia secara resmi menginformasi bahwa mereka akan meliris Pajero Sport.

Konfirmasi ini pertama kali dilakukan KTB pada gelaran GIIAS 2015, Agustus lalu, meski saat itu sifatnya masih asumsi. “All new Pajero Sport kami asumsikan tahun depan,” tutur Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group PT KTB.

Meskipun demikian, KTB enggan terburu-buru membuka inden. Hal ini juga diutarakan Imam, saat peluncuran Delica Royal sekaligus bertepatan dengan pembukaan Pekan Otomotif Surabaya, November lalu.

Untuk interior, Pajero Sport 2016 mengusung fitur infotainment berbasis layar LCD, multi-function steering wheel, dan pendingin udara dual zone.

Meski sudah pasti rilis dalam waktu dekat, KTB belum memastikan kapan tepatnya 2016 Pajero Sport diperkenalkan. Imam hanya mengatakan bahwa model ini akan diluncurkan “di awal tahun.”

Sumber

Posted in News and tagged , , .