kualitas oli

Ada 3 Macam Jenis Oli pada Mobil Berikut Jadwal Servisnya

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Ada 3 Macam Jenis Oli pada Mobil Berikut Jadwal Servisnya | Mobil sebenarnya memiliki 3 komponen utama yang harus memiliki pelumas yakni: mesin, gardan dan transmisi… maka pada sudah seharusnya pemilik mobil selalu mengecek kondisi oli-oli yang ada pada mesin, garda dan juga sistem transmisi mobil.
Nah nanti jangan salah bro saat mau mengganti oli di bengkel biasanya ditanya ganti oli apa? ya bisa oli mesin, atau oli transmisi atau oli gardan…tergantung kebutuhan.
Kapan dan berapa lama oli-oli tersebut bisa bertahan atau harus diganti? berikut penjelasannya !!
Oli Mesin
Oli mesin merupakan pelumas yang digunakan untuk melumasi bagian mesin mobil. Fungsi utamanya adalah: mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, membersihkan serpihan logam akibat gesekan antar komponen mesin, mendinginkan suhu mesin. Berapa lama oli mesin harus diganti? ini tergantung bagaimana mobil dipakai, jika sering dipakai di jalanan macet atau jalan ekstrim seperti tanjakan maka pada jarak 5000 km oli mesin ini harus diganti. Akan tetapi jika mobil dipakai ringan-ringan di jalan yang relatif halus dan datar serta tidak membawa beban terlalu banyak maka oli mesin ini sebenarnya bisa bertahan hingga 10 ribu km. Tiap mobil memiliki spesifikasi oli tertentu dengan tingkat kekentalan tertentu, jadi pastikan sebelum mengganti oli lihat dulu permintaan mesin memakai oli dengan spec seperti apa? lihat buku manual mobil. Harga oli mesin ini seliternya berkisar antara 30 ribu sampai 50 ribu, tergantung merk… kalau admin mobilku.org memakai Prima xp seliternya 33 ribu sudah enak
Oli Transmisi
Oli transmisi adalah pelumas yang ada pada sistem transmisi. Oli transmisi ini ada pada mobil manual maupun mobil matic, fungsi oli transmisi adalah mempermudah pergantian gigi mobil dan merawat komponen transmisi agar tidak mudah aus.
Meskipun sama-sama memakai oli akan tetapi antara mobil matic dan mobil manual olinya berbeda… jadi pastikan oli transmisi ini sesuai, lebih aman mengganti oli memang di bengkel resminya ya,,, gak salah
Lantas berapa lama oli transmisi ini bisa bertahan? atau kapan harus menggantinya?
Sama dengan oli mesin, oli transmisi ini juga melihat bagaimana mobil dipakai.
Untuk mobil yang sering dipakai di jalanan tidak macet maka oli transmisi manual ini bisa bertahan sampai 10 ribu km, jika di jalan macet ya seharusnya diganti lebih sering saja
Untuk oli transmisi mobil matic bisa bertahan sampai 20 ribu km.
Harga oli transmisi ini tidak mahal kok, untuk oli transmisi manual berkisar antara 50 ribu sampai 80 ribu, sedangkan oli transmisi matic kira-kira 2 kali oli transmisi manual yakni sekitar 100 ribu sampai 200 ribuan.Oli gardan
Oli gardan letaknya di bagian bawah mobil atau di bagian gardan, penggantian oli gardan ini waktunya biasanya berbarengan dengan penggantian oli transmisi yakni sekitar 10-20 ribu km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.
Harga oli gardan ini sekitar 50 ribu sampai 100 ribu tergantung merk. Yang harus diperhatikan adalah kekentalan oli gardan, sesuaikan dengan anjuran pabrikan memakai SAE berapa.

Untuk mengganti pertama kali sebaiknya pecinta otomotif mengganti di bengkel resmi saja sekalian menanyakan pada pihak bengkel oli standartnya untuk mobil tersebut apa (jika masih belum tahu), akan tetapi jika sudah tahu maka mengganti oli ini tidak harus di bengkel resmi mobil,,, cuma waspada aja dengan oli palsu (carilah tempat ganti oli yang memiliki reputasi baik).

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , , .