air wiper

Bolehkah Air Wiper di Mobil Dicampur Sabun

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Bolehkah Air Wiper di Mobil Dicampur Sabun | Air wiper yang tertampung pada tabung washer berguna untuk membasahi kaca sebelum wiper diaktifkan/ disapukan ke kaca, fungsinya agar kaca tidak baret oleh sapuan karet wiper (kalau kaca kering lalu wiper aktif maka resiko membaret kaca). Nah banyak pecinta otomotif yang mencampur/ menambahkan air sabun/ shampo pada air wiper tersebut dengan alasan agar kotoran dan minyak mudah turun kebawah dan juga kaca menjadi lebih licin, lalu apakah boleh menambahkan shampo/ sabun pada tabung washer/ air wiper??.
Sebenarnya boleh-boleh saja menambahkan shampo/ sabun, meskipun pada dasarnya air saja sudah cukup untuk daerah yang bersih..m\namun sekarang banyak wilayah sudah kotor karena polusi apa lagi kota-kota besar seperti jakarta yang mana asap mobil sendiri sebenarnya mengandung minyak dan asam yang bisa menempel pada kaca mobil, nah pada kondisi ini memang seharusnya ditambahkan shampo atau zat aditif untuk air wiper.

Shampo/ sabun memiliki resiko timbulnya jamur atau noda putih saat terkena sinar matahari langsung apa lagi jika shamponya sembarangan, shampo yang baik digunakan adalah shampo mobil dengan PH Balance yang bisa meminimalisir timbulnya jamur/ noda putih pada kaca

 Cairan wiper aftermarket
Pecinta otomotif sebenarnya juga bisa membeli cairan khusus wiper yang ada dipasaran tanpa harus mencampur juga tersedia di pasaran.
 Cairan wiper fluid ini memiliki fungsi antara lain:
– melunturkan minyak
– lebih mudah menghapus kotoran/ debu/ kotoran serangga
– merawat elastisitas karet wiper
– mengurangi bunyi decit wiper (sampai menghilangkan)
– menjaga agar kaca tidak baret dengan melicinkan kaca saat tersapu wiper
Cairan wiper fluid ini bisa dibeli di bengkel-bengkel perawatan mobil, atau kalau lebih murah bisa dicampur air shampo PH balance aja..murah 1 plastik 500 ml hanya 10 ribuan 🙂
Posted in Tips Trik and tagged , , .