pelek

Cara Membedakan Pelek Asli dan Replika

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Membedakan Pelek Asli dan Replika | Pilihan pelek mobil makin beragam. Mulai produk OEM atau aftermarket. Pilihannya pun macam-macam, mulai dari produk impor sampai imitasi. Variasi harga yang ditawarkan juga menarik, mulai dari Rp 3 juta sampai ratusan juta. Namun perlu diingat, kualitas menentukan harga.

Lilik, salah satu pemilik toko pelek JP Racing di kawasan Jakarta Barat memaparkan, nilai jual pelek imitasi bisa 5-10 kali lebih murah dari pelek asli. Pasalnya proses pembuatan tidak sama, biasanya imitasi dibuat melalui proses casting sedangkan yang asli forged.

Material yang digunakan juga berbeda, selisih bobot bisa sampai 30-40 persen. “Keduanya punya bahan alumunium alloy, tapi pabrikan imitasi tidak punya racikan yang persis sama dengan pabrikan asli. Pelek imitasi hanya ambil desainnya saja tapi tidak kualitas, biar bisa dijual murah,” ungkap Lilik kepada KompasOtomotif.

Negara yang cukup terkenal membuat pelek imitasi di antaranya Taiwan, Filipina, Malaysia, China, serta Indonesia. Sementara merek yang biasa dibuat versi palsu yaitu Volk Racing, SSR, BBS, Advan, ADV, Enkei, HRE, dan Modular.

Cukup sulit buat orang awam membedakan langsung diantara keduanya. “Cara paling mudah perhatikan label emboss yang ada di pelek, lalu bandingkan dengan yang asli. Biasanya ada keterangan yang sedikit dibedakan, misalnya VolkRays di tulis hanya YolkRays,” tutup Lilik.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , .