pola rotasi ban2

Cara Memilih Jenis Ban Yang Tepat Serta Sesuai Kebutuhan

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Cara Memilih Jenis Ban Yang Tepat Serta Sesuai Kebutuhan |Ban mobil saat ini memiliki jenis dan spesifikasi yang beragam. Berikut tips memilih jenis ban yang tepat dan sesuai kebutuhan agar kinerja mobil lebih optimal.
Ban merupakan bagian dari mobil yang memiliki peran besar dalam mendukung kinerja ken­daraan. Permasalahan yang terjadi pada ban, tak hanya membuat mobil tidak dapat dikendarai, namun juga dapat menimbulkan kecelakaan. Di lain pihak ban juga memiliki beragam spesifikasi yang terkadang membingungkan konsumen dalam menentukan pilihannya.
Yang umum dijadikan panduan untuk memilih ban adalah disesuaikan dengan pelek yang digunakan, merek dan harga. Ban yang mahal, mungkin menawarkan berbagai kelebihan. Tapi jika spesifikasinya tidak sesuai, maka kinerja yang dihasilkan mobil pun tidak optimal. Oleh karena itu, kenalilah terlebih dahulu spesifikasi ban sebelum menggantinya dengan yang baru.
Tentukan kebutuhan akan penggunaan ban. Ban mobil yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, tentu memiliki standar yang berbeda dengan ban yang digunakan pada ajang kompetisi.
Tipe dan ukuran ban yang menghasilkan ki­nerja optimal terhadap mobil yang digunakan adalah ban yang direkomendasikan oleh manufaktur atas dasar berbagai perhitungan. Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek di buku manual mobil atau stiker di pilar B pengemudi.
Variasi ban Sebagai contoh, ukuran P195/55/R15 84V. P di bagian depan merupakan symbol dari (Passenger) ini berarti ban tersebut diperuntukan bagi mobil penumpang. Misalnya, LT (Light Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan. Sedang­kan R berarti jenis ban radial. Umumnya terdapat 2 jenis ban di pasaran, jenis radial dan bukan radial (biasa). Secara sepintas tidak ada yang beda, yang membedakan hanya pada konstruksinya saja.
Pola telapak ban menentukan keunggulan ban dan bagaimana cara merotasi ban yang benar. Apa saja pilihan desain telapak ban untuk mobil penumpang yang tersedia di pasaran?
Telapak Ban Asimetris (Asymmetric)
Mempunyai pola yang unik dalam membedakan kedua bagian sisinya. Bagian luar ban biasanya memiliki desain alur lebih besar untuk menepis air serta meningkatkan pengendalian pada jalan basah. Sedangkan bagian dalam ban memiliki alur lebih kecil guna memperluas bidang yang bersentuhan dengan jalan sehingga ban lebih stabil. Memiliki fitur pengendalian yang baik di jalan basah dan kering, pengendalian baik ketika membelok pada kecepatan tinggi. Cocok bagi pengemudi yang menyukai performa tinggi. Meski ban jenis ini dapat dirotasi seperti ban simetris, namun pemilik mobil tidak dapat mengubah sisi bagian dalam ban ke luar serta harga yang ditawarkan yang cenderung mahal.
 Telapak Ban Simetris (Symmetric)
Desain ini merupakan model paling standar dan fleksibel untuk digunakan sehari-hari. Dengan desain rib yang berkesinambungan atau blok. Kedua sisinya, baik sisi dalam dan luar memiliki fitur serta kegunaan yang sama. Pada umumnya, ban dengan desain simetris memiliki karakter nyaman serta sangat hening, alur utama untuk menepis air. Cocok bagi pengemudi yang menyukai kenyamanan serta keheningan dalam berkendara. “Ketiga tipe ban tersebut juga berbeda pada saat melakukan rotasi pada ban, jika ban normal hanya tinggal memindahkan dari kanan ke kiri atau dari depan ke belakang, ban yang memiliki rotasi harus membongkar ban dari pelek ketika ingin melakukan rotasi,” ujar Dony, teknisi ban di bengkel Nawilis
 Pola Rotation
Telapak ban tipe alur V atau rotasi adalah ban yang agressif yang memiliki kemampuan mencengkram aspal saat di jalan bawah yang cukup baik. Kemampuan ban untuk membuang air saat di jalan basah sangat baik. Kelebihan ban jenis ini adalah kemampuan untuk memberikan pengendalian yang lebih baik terhadap kondisi jalan basah dan saat berbelok. Tapi resiko dari ban jenis ini adalah noise yang dihasilkan dan tidak dapat dipasang terbalik sehingga arah rotasi hanya dapat dipindah pada sisi yang sama.
Posted in Tips Trik and tagged , , , .