rem-cakram-mobil

Cara Mengembalikan Rem Yang Lengket Sehabit Tergenang Air

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Mengembalikan Rem Yang Lengket Sehabit Tergenang Air | Menerjang genangan air atau banjir bisa menimbulkan berbagai persoalan pada mobil, khususnya mobil yang sudah berumur. Salah satunya rem yang lengket, terutama mobil yang menggunakan rem tromol di roda belakang.
“Saat mobil melibas genangan air atau menerobos banjir, atau bisa juga saat diparkir kemudian bagian rodanya terendam, air masuk ke tromol,” tutur Suwanto, mekanik senior Bandar Motor, Tangerang, saat dihubungi detikOto, Senin (22/12/2014).

Air yang menyelinap ke tromol menjadikan kanvas rem basah. Karena terbuat dari asbes, kanvas akan menggelembung atau mengembang saat terkena air. Akibatnya, meski pedal tak diinjak, namun laju mobil terasa berat atau bahkan berhenti karena rem mengunci.
Bawalah mobil menepi dan carilah tempat sepi atau menjaga jarak yang cukup jauh dengan kendaraan lain. Kemudian lakukan injak lepas pedal rem beberapa kali tanpa menghentikan dan mematikan mesin mobil.

“Itu dimaksudkan agar komponen-komponen rem, khususnya kanvas kembali kering. Sehingga rem berfungsi normal kembali,” jelas Suwanto.
Jika cara itu tak mempan, sebaiknya menghentikan mobil dan mematikan mesinnya. Setelah itu, posisi kan transmisi pada gigi satu dan injak pedal kopling. Kemudian hidupkan mesin dan lepas pedal kopling.

Memang mobil akan sedikit lompat, tapi segera injak pedal kopling lagi untuk mengamankannya. Lakukan cara itu beberapa kali, hingga kanvas dan komponen rem kembali kering.

Namun harus dicatat, cara itu hanya bisa digunakan pada mobil yang bertransmisi manual.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .