ac mobil

Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Otosentrum.comCara Merawat AC Mobil Supaya Awet. Meski perannya sangat penting dalam menunjang kenyamanan berkendara dan orang kerap melupakan perawatan air conditioner (AC) mobil. Mereka baru rebut tatkala perangkat itu tak berfungsi maksimal atau bahkan mati total, padahal untuk merawatnya cukup mudah.

Tips perawatan AC mobil, kunci menjaga AC tetap berfungsi dengan baik adalah niat dan kemauan. Banyak orang dengan mudah dan cekatan memeriksa mesin dan ban mobil, tetapi mereka sering melawati bagian AC.

Berikut Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet:

1. Periksa secara rutin

Memeriksa bagian demi bagian AC sangatlah penting untuk menghindari kerusakan yang lebih besar. Ingat, sekecil apapun masalah yang Anda temukan di sistem AC, jika tak segera diatasi akan merembet. Lakukan pemeriksaan maksimal setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan tak berarti harus membongkar bagian demi bagian tetapi cukup dengan merasakan embusan udara yang disemburkan serta mendengar suara, atau membersihkan kisi-kisi AC.

2. Jangan mematikan AC dalam waktu lama

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa penggunaan AC adalah pemborosan bahan bakar dan mematikannya selama berbulan-bulan. Cara itu justru membuat AC cepat rusak. Soalnya, dengan tidak aktif maka selang dan belt AC mengering. Akibatnya selang dan belt tersebut cepat getas.

Jika Anda tidak ingin menggunakan AC saat berkendara demi penghematan bahan bakar atau alasan lain, maka sebaiknya sering melakukan pemanasan. Hidupkan AC selama 10 menit minimal seminggu sekali, agar semua sistem di AC berfungsi.

3. Operasikan dengan benar

Mengaktifkan AC saat mobil telah melaju atau saat putaran mesin tinggi adalah sebuah kesalahan yang sering dilakukan. Cara seperti itu menyebabkan putaran pulley tinggi. Gesekan yang hebat antara pressure plate dengan pulley pun terjadi. Jika itu dilakukan secara berulang, maka pressure plate dan pulley akan cepat aus.

Kesalahan lain yang kerap dilakukan orang adalah, tak membuang udara di kabin mobil sebelum menyalakan AC. Udara panas di kabin setelah diparkir menyebabkan AC harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan udara kabin.

4. Matikan AC sebelum mematikan mesin mobil

Hal lain yang juga patut diperhatikan adalah, mematikan AC sesaat sebelum mesin mobil dimatikan. Jika AC masih dalam kondisi aktif pada saat mesin akan dinyalakan, maka entakan terhadap clutch akan lebih besar.

Sumber

Posted in Tips Trik.