Bahaya-Ban-Yang-Sudah-Aus

Cara Merawat Ban Dengan Rotasi 4 dan 5 Ban

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Merawat Ban Dengan Rotasi 4 dan 5 Ban | Bagi pemilik kendaraan roda empat jangan samapi malas untuk merawat ban mobil anda. Tujuan dari perawatan ban yaitu untuk merawat performanya serta lebih tahan lama. Tidak terlalu rumit ko, berikut penjelasannya.

Fran Sentral, Sales Executive PT Berkat Sahabat Sejati, distributor ban mobil menjelaskan, ada dua tips yang mudah untuk melakukan perawatan ban secara rutin yaitu selalu lakukan pengecekan tekanan angin dan selalu lakukan rotasi ban.

Kata Fran,” Untuk merawat ban biar terawat performanya yang penting selalu cek tekanan angin pada ban ketika ingin bepergian dan teratur dalam melakukan rotasi ban.”

1 Lakukan secara rutin pengecekan tekanan angin pada ban.

Kondisi ban kurang, pas dan berlebih itu sangat mempengaruhi tingkat keausan ban. Ada beberapa masalah yang diakibatkan ban yang kurang angin seperti kerusakan sidewall, boros bahan bakar dan menurunnya kapasitas angkut beban.

Jika anda ingin melakukan pemeriksaan tekanan ban mobil anda, sangat disarankan lakukanlah ketika kondisi ban masih dingin, mengapa? dikarnakan tekanan angin dalam ban akan meningkat ketika kondisi ban masih panas. Jika anda habis melakukan perjalanan juah bersabarlah menungunya hingga mendingin.

 2. Lakukan rotasi ban.

Tips yang kedua yaitu melakukan rotasi ban secara berkala, yaitu dengan bertujuan untuk menghindari tingkat keausan yang tidak merata pada setiap ban. Jika mobil anda sudah menempuh jaral 3.000 hingga 4.000 km, maka sangat disarankan untuk melakukan rotasi ban.

”Jika jarak tempuhnya sudah 3.000 atau paing maksimal 4.000 km harus dirotasi supaya habis masa pakai lebih bagus. Jadi tidak boleh horizontal terus,” ujar Frans.

Ada dua sistem untuk melakukan rotasi ban yaitu empat rodan dan lima roda termasuk ban cadangan. Cara diagonal atau segaris dapat dilakukan untuk sistem 4 roda. Untuk cara rotasi ban diagonal dapat dilakukan dengan cara mengganti ban kanan depan denganmenukar ban kiri belakang. Selanjutnya ban kiri depan ditukar dengan ban kanan belakang.

Sedangkan untuk rotasi segaris yaitu ban kiri belakang ditukar dengan ban kanan belakang. Untuk ban kanan depan ditukar dengan ban kiri depan. Sedangkan untuk rotasi 5 roda. Ban cadangan menggantikan posisi ban kiri belakang, kemudian ban kiri belakang dipindah ke ban kiri depan

Posted in Tips Trik.