tips meninggalkan mobil lama

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai | Kendaraan roda dua maupun roda empat ataupun jenis kendaraan lain pastinya juga membutuhkan perawatan selama masa pemakaiannya. Hal itu juga terkait dengan kendaraan yang sering dipakai ataupun jarang dipakai.

Meskipun kendaraan yang anda miliki sering dipakai atau jarang diapakai sekalipun juga tapi tetap saja membutuhkan perawatan. Karena beberapa bagian komponen mobil juga ada masa pakainya, salah satunya adalah oli.

Oli atau pelumas merupakan struktur penting dalam sebuah kendaraan, karena apabila diibaratkan mesin adalah tubuh manusia maka oli atau pelumas merupakan darah dari kendaraan tersebut.

Namun beberapa pemilik kendaraan mungkin ada yang belum mengetahui jika oli memiliki umur pakai selain dilihat dari kilometer jarak tempuh. Masa pakai oli tersebut situasional, dilihat dari masa mana yang telah tercapai. Jika umur oli masih satu bulan namun jarak tempuh sudah lebih dari yang di tentukan maka seharusnya oli diganti. Dan apabila kilometer atau jarak tempuh kendaraan tidak melewati batas yang ditentukan namun umur oli sudah melewati maka oli harus diganti.

Itulah salah satu bagian penting yang harus di ketahui oleh pemilik mobil dalam merawat kendaraan apabila jarang dipakai. Sedangkan untuk yang lainnya juga tetap perlu dilakukan pengecekan, tujuannya apabila mobil dibutuhkan saat mendadak dapat digunakan secara baik.

Meskipun mobil jarang dipakai, anda tetap harus melakukan pengecekan fisik berbagai komponen mobil yang bisa anda lakukan sendiri seperti langkah berikut :

  1. Lakukan pengecekan level oli mesin anda, tambahkan jika memang dibutuhkan dang anti jika sudah melewati masa pakai seperti yang telah dijelaskan di atas.
  2. Cek level oli powersteering dan juga level minyak rem, sesuaikan dengan ukuran yang di anjurkan.
  3. Control air radiator,sebaiknya anda menggunakan air khusus radiator karena memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan air mineral biasa.
  4. Periksa air aki mobil jika masih menggunakan aki basah, tambahkan jika diperlukan dengan air aki zuur yang bisa anda dapatkan di toko-toko spare part dan bengkel-bengkel.
  5. Cek air wiper dan level air wiper, sebaiknya tambahkan saja jika memang sudah berkurang.
  6. Setelah semua langkah di atas telah dilakukan maka sebaiknya hidupkan kendaraan anda lalu cobalah semua pedal (rem, kopling dan gas) beserta perseneling. Jika semua berfungsi dengan baik berarti mobil anda siap di pakai.
  7. Selain itu, cek semua lampu kendaraan apakah semua berfungsi dengan baik, meliputi lampu utama, lampu kabut/senja, lampu deam dan lampu sign. Pastikan semuanya berfungsi normal.

Sebaiknya, meskipun mobil jarang digunakan tapi mesin mobil tetap harus dihidupkan minimal sehari sekali saat pagi hari. Fungsinya untuk memanaskan mesin mobil yang terpengaruh suhu dingin saat malam hari sehingga mesin mobil dapat terjaga dari lembab yang berlebihan karena dapat menyebabkan karat/korosi pada beberapa bagian mesin.

Demikianlah beberapa langkah mudah merawat mobil yang jarang dipakai, apabila anda sudah mahir melakukannya, tips seperti diatas hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan kurang dari setengah jam semua sudah selesai.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .