8 percepatan

Fakta Atau Mitos Mobil dengan Banyak Gigi Lebih Boros

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Fakta Atau Mitos Mobil dengan Banyak Gigi Lebih Boros | Ada hal menarik disampaikan konsumen Mitsubishi all new Pajero Sport kepada pereli Rifat Sungkar. Seperti diketahui, all new Pajero Sport varian Dakar menggunakan mesin diesel baru yang dikombinasikan dengan sistem percepatan otomatis delapan percepatan. Konsumen tersebut beranggapan bahwa sistem 8speed bisa membuat mobil lebih boros bahan bakar.

Rifat pun menjelaskan mengenai apakah mobil yang sistem transmisinya memilikispeed banyak boros atau tidak.

“Saya mau klarifikasi. Gearbox itu sama saja seperti kita menaiki anak tangga untuk mencapai titik tertentu yang bisa disebut dengan top speed. Top speed-nya kita analogikan dengan ketinggian yang ingin dituju. Ambil contoh ketinggiannya satu meter. Kalau mobilnya 5 speed, berarti setiap anak tangga yang kita injak tingginya 20 sentimeter (cm),” terang Rifat.

Ia melanjutkan, jika mobil itu memiliki 8 speed maka ketinggian anak tangga lebih rendah karena ada delapan anak tangga untuk mencapai ketinggian satu meter.

“Tapi kalau ada 8 speed, anak tangganya dibagi delapan berarti satu anak tangga tingginya hanya 12,5 cm. Tenaga manusia diibaratkan dengan mesin. Kalau kita naik anak tangga yang tingginya 12,5 cm dibandingkan dengan 20 cm, mana kira-kira yang lebih capai. Hal yang sama juga dengan gearbox. Kerja gearbox yang speed-nya banyak pasti akan membantu perbandingan tenaga di setiap giginya, sehingga kerjanya semakin ringan karena dibantu banyak gigi,” papar dia.

Keuntungan lain, lanjut dia, ketika berakselerasi, tenaga mobil akan lebih responsif. Hal tersebut karena jarak perpindahan dari satu gigi dengan di atasnya lebih dekat.

“Ketika kita mau berakselerasi, di kondisi apa pun, kita injak gasnya pasti responsnya akan lebih cepat. Perbandingan giginya lebih dekat, ketika dia dipanggil maka responsnya lebih cepat dibanding dengan gearbox yang lebih sedikit speed-nya,” pungkas dia.(ton)

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .