memanaskan mobil

Hal Yang Harus Dihindari Saat Mematikan Mesin

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Hal Yang Harus Dihindari Saat Mematikan Mesin | Anda mungkin pernah mendengar pernyataan bahwa ketika akan mematikan mesin mobil, pendingin udara alias air conditioner (AC) harus dalam kondisi mati. Apakah ungkapan tersebut benar atau hanya sekadar mitos?

Menurut Hendra Poh, pemilik bengkel spesialis AC mobil GreenOto di Jalan Dermaga Raya Nomor 8, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur, sebenarnya itu berlaku untuk kendaraan tahun lama karena mobil sekarang ini sistem kelistrikan sudah sangat mumpuni.

“Sebenarnya untuk mobil baru sudah tidak ada pengaruh. Tapi, meski sistem kelistrikan mobil zaman sekarang sudah canggih, tidak ada salahnya tetap mematikan AC dan audio sebelum mematikan mesin mobil,” kata Hendra kepada KompasOtomotif, Selasa (27/10/2015), melalui pesan singkatnya.

Pria berkulit putih itu menambahkan, untuk mobil zaman dulu, jika sering mematikan mesin tetapi kondisi AC atau audio tetap menyala maka hal terburuknya yaitu akan mengalami kebocoran pada aki, sedangkan pada sistem AC-nya itu sendiri tidak ada pengaruhnya.

“Untuk AC sebenarnya tidak ada pengaruhnya, hanya masalah kelistrikan. Sebab, jika sistem kelistrikannya belum canggih maka daya yang akan dihasilkan saat menyalakan mesin lalu kondisi AC atau audio menyala lebih besar ketimbang semuanya mati,” katanya.

Nah, sekarang tergantung dari Anda, tidak mematikan AC atau audio sebenarnya tidak apa-apa, tetapi untuk menghindari hal buruk, tidak ada salahnya kita mematikan AC dan audio sebelum mematikan mesin mobil.

Sumber

 

Posted in Tips Trik and tagged , , , .