MPV Terlaris di Indonesia

Inilah Low MPV Terlaris di Indonesia

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Otosentrum.com | Inilah Low MPV Terlaris di Indonesia. Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) merilis daftar MPV-MPV terlaris di Indonesia periode Januari hingga November 2014. Dari data tersebut total penjualan MPV tahun ini mencapai 426.384 unit dari total 1.129.546 mobil yang terjual di Indonesia pada tahun 2014.

Perolehan tersebut di atas mengalahkan penjualan city car atau LCGC yang hanya mencapai 201.831 unit saja pada periode sama. Di segmen Low MPV, Toyota Avanza keluar sebagai jawara karena diserap konsumen sebanyak 149.662 unit.

Rupanya, Toyota Avanza yang telah mengaspal di Nusantara selama 10 tahun ini masih memikat. Kombinasi rupa baru, interior dengan kualitas prima, dan disokong jaringan purna jual Toyota di Indonesia, Avanza terang lebih unggul dari kompetitor-kompetitornya. Namun, ancaman dari Honda melalui Mobilio kian menggerogoti hegemoni Toyota di segmen LMPV.

Guna mengantisipasi pergerakan penjualan Honda Mobilio yang terus meroket, pada tahun 2015, jika sesuai prediksi kami, ‘money maker’ Toyota nomor satu di Indonesia ini akan diremajakan pada tahun 2015. Pembaruan hanya akan terjadi pada eksterior dan interior, sementara mesin dan sistem gerak masih tetap dipertahankan.

Honda Mobilio Pepet Avanza
Di posisi kedua ditempati oleh Honda Mobilio. Jagoan Honda di segmen LMPV ini bukannya tanpa prestasi besar. Terjual sebanyak 65.716 unit, Honda Mobilio unggul dari Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Chevrolet Spin, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia dan Mazda VX-1. Honda patut berbangga karena Honda Mobilio baru diluncurkan pada 2013 silam, dan dalam jangka waktu cepat menjadi primadona di kelasnya.

Keputusan Honda untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Honda Mobilio adalah tepat. Pasalnya, fakta tersebut menjadikan Honda Mobilio sesuai selera masyarakat Indonesia yang membutuhkan MPV tujuh tempat duduk dengan ground clearance sesuai dengan kontur dan kondisi jalan di Indonesia. Sistem gerak depan, dibarengi dan efisiensi mesin turut pula mendongkrak daya tarik Mobilio.

Daihatsu Xenia Berusaha Bangkit
Jagoan Daihatsu, sekaligus kembaran Toyota Avanza ini menjalani tahun 2014 dengan berat. Meski masih terjual sebanyak 44.548 unit (periode Januari-November), kehadiran Honda Mobilio berhasil menahan laju penjualan Daihatsu Xenia. Bagaimana cerita Daihatsu Xenia pada tahun 2015? Tahun ini kami proyeksi akan ada penyegaran di sektor eksterior dan interior guna meningkatkan daya tarik pionir LMPV di Indonesia.

Suzuki Ertiga Tetap Memikat
Pada awal kehadirannya, Suzuki Ertiga memberikan perlawanan sengit kepada Toyota Avanza. Bahkan sempat menjadi LMPV terlaris kedua di Indonesia dengan mengalahkan Daihatsu Xenia. Namun, periode Januari-November 2014, Suzuki Ertiga menempati posisi tiga dalam liga LMPV terlaris di Indonesia. Ertiga bahkan harus rela disalip oleh Honda Mobilio yang melesat ke posisi kedua dalam tangga MPV terlaris di negara kita.

Sebenarnya Suzuki Ertiga menyimpan potensi terbesar guna menandingi Avanza dan Honda Mobilio. Mesinnya dapat diandalkan dan cukup irit. Selain itu, perangkat keselamatan Suzuki Ertiga juga memadai.

Suzuki APV Masih Bertahan
Di posisi kelima ada Suzuki APV. Veteran di kelas LMPV, Suzuki APV tetap bertahan dari gempuran model-model terbaru. Pada periode Januari-November 2014, APV terjual sebanyak 10.162 unit. Suzuki tetap berjuang untuk memperbaharui tampilan APV agar terus menarik. Tak heran jika Suzuki APV menjadi LMPV dengan pilihan model yang terbanyak.

Berikut daftar mobil MPV terlaris di Indonesia  2014 :

Low MPV (341.840 unit)

1. Toyota Avanza 149.662 unit

2. Honda Mobilio 65.716 unit

3. Daihatsu Xenia 44.548 unit

4. Suzuki Ertiga 44.524 unit

5. Suzuki APV 10.162 unit

6. Chevrolet Spin 7.100 unit

7. Daihatsu Luxio 3.990 unit

8. Nissan Evalia 2.929 unit

9. Mazda VX-1 771 unit

Sumber

 

Posted in News and tagged .