TOYOTA ETIOS VALCO

Inilah Mobil Irit Untuk Pemakaian Dalam Kota

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Inilah Mobil Irit Untuk Pemakaian Dalam Kota | Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan calon konsumen saat membeli kendaraan adalah efisiensi bahan bakar. Hal ini menjadi lumrah mengingat harga bahan bakar minyak (BBM) yang sudah mahal. Pekan ini, publik sempat dikagetkan dengan rencana kenaikan harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamina Dex. Namun, dini hari tadi PT Pertamina mengklarifikasi bahwa harga BBM yang disebutkan di atas tidak jadi naik.

Apapun keputusannya, masyarakat saat ini harus sudah siap dengan harga BBM yang sewaktu-waktu bisa saja naik. Pasalnya, revisi harga menyesuaikan indeks pasar internasional dan nilai tukar rupiah dengan dollar AS. Lalu, model apa saja yang bisa menjadi acuan konsumen dalam memilih mobil dengan keunggulan efisiensi bahan bakar. Auto Bild Indonesia pernah menggelar kontes liga irit akhir tahun lalu, untuk mencari mobil-mobil dengan pemakaian bahan bakar minim, khususnya saat dipakai sebagai kendaraan harian dalam kota.

Ada 12 mobil yang disertakan dalam liga irit ini, dan diambil dari beragam segmen mulai dari mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC), mobil kota, sedan, hatchback sampai sedan. Hasilnya cukup mengejutkan. Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R yang berstatus sebagai LCGC, ternyata tidak menjadi pemegang posisi pertama. Ini menunjukan bahwa mesin mungil tidak serta merta bisa menjadi yang paling irit BBM.

Pengetesan dilakukan di dalam kota dengan jarak tempuh 102,73 kilometer. Setiap model yang dites dipacu dengan kecepatan rata-rata 14,5 kpj. Berikut hasil pemakaian bahan bakar 12 kontestan liga irit tersebut.

1. Toyota Etios Valco: 11,9 kpl
2. Suzuki Karimun Wagon R: 11,4 kpl
3. Honda Brio Satya: 11,3 kpl
4. Daihatsu Ayla (MT): 9,94 kpl
5. VW Golf MK7: 9,03 kpl
6. Datsun GO Panca: 8,9 kpl
7. Hyundai Grand i10 A/T: 8,63 kpl
8. Kia Picanto SE M/T: 7,91 kpl
9. Mercedes-Benz A200: 7,87 kpl
10 Honda Jazz RS A/T: 7,78 kpl
11. Toyota Altis 1.8 A/T: 7,47 kpl
12. Peugeot 408 2.0: 5,36 kpl

Sumber

Posted in News and tagged .