ac mobil3

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Servis AC Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Servis AC Mobil | Servis AC mobil atau pendingin kabin harus dilakukan secara berkala oleh pemilik mobil. Hal ini wajib dilakukan agar kondisi AC tetap baik dan terjaga sehingga mobil akan terasa nyaman saat dikendarai atau saat digunakan untuk perjalanan jauh.

Melakukan perawatan atau servis AC biasanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Waktu servis berkala pada AC itu sendiri disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat tinggal, apakah pemilik mobil tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, atau tinggal di pedesaan maupun wilayah lainnya.

Kami mematok standar 1 tahun atau 10 ribu km untuk servis reguler AC. Itu standar pengguna mobil di kota besar seperti Jakarta,” ujar pemilik bengkel AC Rotary Bintaro, Ferry Jensen kepada Liputan6.com.

Sementara itu, bagi pemilik mobil AC yang tinggal di kawasan pedesaan, ia mengatakan bahwa servis AC bisa dilakukan per 20 ribu kilo meter. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya udara di kawasan pedesaan lebih alami dan bersih jika dibandingkan dengan udara di wilayah perkotaan.

Tapi ada juga yang di daerah, wilayah tambang, yang servis AC-nya relatif cepat, hanya 3.000 km. Mereka anggap udara di tempatnya lebih kotor,” ujarnya.

Pada mobil, ada dua jenis servis AC yang biasa dilakukan secara berkala. Untuk yang tahunan, jenis servis yang dilakukan adalah serviv ringan atau servis kecil. Pada jenis servis AC mobil semacam ini biasanya hanya melakukan pembersihan Evaporator dan filternya agar kotoran-kotoran yang masuk dapat disaring dengan maksimal.

Sementara untuk servis berat atau besar biasanya dilakukan pembersihan dengan cara menyeluruh. Misalnya, mencuci Evaporator serta mengisi ulang Freon. Untuk melakukan servis besar ini waktu yang disarankan adalah dua tahun sekali.

Ferry juga mengatakan, untuk kisaran harga servis AC mobil ini tergantung pada jenis mobilnya. Untuk harga servis AC mobil produksi Jepang seperti Honda, Toyota, Daihatsu, dan lain-lainnya biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil-mobil Eropa. Sebab, mobil-mobil produksi Eropa lebih sulit untuk dilepas komponennya jika dibandingkan dengan mobil-mobil buatan Jepang.

Servis besar mobil Jepang maksimal Rp 575 ribu. Kalau mobil Eropa bisa sampai Rp 2 juta. Tergantung tingkat kesulitan,” jelas Ferry.

Itulah sedikit ulasan tentang waktu yang tepat untuk melakukan servis AC mobil. Bagi Anda pemilik mobil mewah tentunya hal ini jangan sampai diabaikan karena akan berpengaruh sekali pada kenyamanan mobil saat dikendarai.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .