INTERIOR HONDA HR-V

Kelebihan & Kekurangan Mobil Transmisi CVT

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Kelebihan & Kekurangan Mobil Transmisi CVT | Continously Variable Transmission (CVT) adalah transmisi otomatis yang dikontrol secara elektronik dengan drive pulley dan driven pulley serta steel belt. Sesuai dengan namanya, sistem ini tidak beroperasi menggunakan rasio Gear, melainkan bekerja dari kecepatan rendah ke kecepatan maksimum dengan responsif dan tak terputus.

 
Penerapan teknologi CVT menghasilkan akselerasi yang konstan sesuai dengan kecepatan mesin serta mendukung konsumsi bahan bakar yang lebih efisien karena hilangnya gejala shift shock yang terjadi pada sistem transmisi otomatis konvensional. 
 
Cara kerja transmisi CVT ini sendiri sangat lembut lantaran pergerakan transmisinya menggunakan belt dan tidak lagi mengalami hentakan akibat proses perpindahan gigi. Namun untuk akselerasinya, mobil bertransmisi CVT mempunyai kelemahan karena tidak sebaik mobil bertransmisi otomatis konvensional dan manual.
 
 
Kelebihan Transmisi CVT 
 
 
1. Mudah untuk digunakan karena tinggal menginjak gas dan rem saja.
 
2. Akselerasi mobi menjadi lebih halus karena tak ada lagi hentakan akibat perpindahan gigi perseneling.
 
3. CVT juga mempunyai engine brake yang cukup kuat sehingga kerja rem tidak terlalu berat ketimbang transmisi AT maupun manual.
 
4. Transmisi tersebut mempunyai penggunaan rpm mesin yang stabil sehingga lebih irit bahan bakar dibanding transmisi lain.
 
 
Kekurangan Transmisi CVT 
 
 
1. Transmisi CVT tidak bisa digunakan secara kasar karena mesin akan mudah rusak.
 
2. Akibat sistemnya yang rumit, transmisi CVT lebih susah untuk diperbaiki apabila rusak, berbeda dengan transmisi lainnya yang lebih mudah diperbaiki.
 
3. Pengantian oli transmisi CVT tidak boleh sembarangan, anda harus mengikuti standar oli rekomendasi dari dealer resmi.
 
4. Akselerasi transmisi CVT cendrung kurang responsif  bila dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis AT.
Posted in News.