gardan

Kenali Gejala Awal Kerusakan Gardan Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Kenali Gejala Awal Kerusakan Gardan Mobil | Untuk mencegah kerusakan lebih parah pada gardan mobil, perlu untuk mengetahui gejalanya sejak awal. Peka akan tanda-tanda tersebut juga akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman.

Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor mengatakan, harga untuk mengganti gardan yang sudah rusak parah, cukup mahal. Maka dari itu, ketika sudah dirasa ada yang tidak normal pada gardan, segera periksa ke bengkel resmi atau yang dipercaya.

“Ada tiga hal yang bisa jadi pertimbangan untuk melakukan pemeriksaan pada gardan mobil. Pemilik kendaraan juga harus peka terhadap ketiga ciri-ciri tersebut, sehingga bisa langsung memeriksakan mobilnya,” ujar Ichsan.

Ichsan melanjutkan, pertama kalau gardan mengalami gangguan, akan timbul suara gemuruh atau mendengung. Ini kerap terjadi pada saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

“Ini terjadi biasanya terjadi karena penyetelan pada celah gigi-gigi yang di luar standar bawaan pabrik,” ujar Ichsan.

Kedua, terdengar suara kasar yang bersumber dari gardan, ketika mobil berjalan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh roda gigi gardan yang rusak.

Ketiga, lanjut Ichsan, ini merupakan tanda kalau komponen gardan mengalami kerusakan parah, yaitu mobil tidak bisa berjalan. “Penyebab kondisi ini terjadi karena roda gigi mengalami macet, yang diakibatkan oleh  gigi gardan yang rontok,” tutur Ichsan.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , , .