honda jazz

Kenali Tipe Mobil Dari Jenis Bodinya

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Kenali Tipe Mobil Dari Jenis Bodinya | Berbagai macam jenis mobil mungkin sudah sering Anda jumpai. Namun, apakan Anda sudah mengenal dan mengetahui jenis dari mobil tersebut? Berikut tips mengenal tiipe mobil dari jenis bodi.

Mobil sebagai sarana transportasi terdiri dari berbagai macam merek dan bentuk bodi tergantung dari tujuan dan fungsi kendaraan. Banyak macam jenis mobil yang sudah ada saat ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai bentuk mobil untuk pengetahuan Anda. Berapa banyak macam jenis bodi mobil yang ada kali ini kami ingin memberikan pengenalan terhadap bodi mobil yang ada.

MPV

Atau Multi Purpose Vehicle adalah mobil yang difungsikan untuk mengangkut keluarga dengan dimensi dan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan. Mobil jenis MPV di Indonesia saat ini banyak ditemui di jalanan mulai dari kelas Mini MPV, Big MPV sampai dengan Extra Big MPV, karena ketiga kategori MPV tersebut memang diminati oleh konsumen Indonesia.

COUPE

Merupakan mobil dengan dua pintu, dengan atap yang biasanya cenderung lebih rendah. Desain unik dari sebuah coupe yang relatif sempit dengan jarak antara kursi depan dan belakang berkurang drastis, membuatnya tampak dan terasa seperti versi singkat dari jenis sedan. Contoh coupe adalah BMW Seri-3 Coupe, Mercedes Benz E-Class Coupe, Audi A5, Nissan Silvia, dan Peugeot 406 Coupe.

hondalio pajero sport terbaru 3 HONDA CITY
Multi Purpose Vehicle (MPV) sangat populer di Indonesia Bodi jenis Sport Utility Vehicle (SUV) Bodi jenis sedan yang ada di Indonesia

CONVERTIBLE

Ini adalah mobil coupe yang atapnya dapat dibuka dengan cara dilipat atau dilepas. Convertible Coupe juga disebut Cabriolet. Ada yang memiliki 4 tempat duduk, dan ada pula yang hanya 2 tempat duduk yaitu Roadster

STATION WAGON

Bentuk mobil berbasis sedan yang atap bagian belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi. Hal ini membuat ruang bagasi Station Wagon menyatu dengan ruang penumpang. Dengan demikian Station Wagon memiliki pilar D pada ujung belakangnya. Station Wagon pada umumnya memiliki pintu bagasi yang membuka ke atas seperti layaknya hatchback, namun ada juga yang memiliki pintu membuka ke bawah dan jendela yang dapat dibuka terpisah.

HATCHBACK

Adalah bentuk mobil penumpang berbasis sedan, dimana bagian belakangnya lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Pintu bagasi ini membuka ke atas dan ruang bagasi menyatu dengan ruang penumpang. Mobil dengan bentuk Hatchback biasanya termasuk kategori City car atau mobil mini, mobil kecil, atau mobil kompak

honda jazz
Honda Jazz contoh compact hatchback saat ini Mazda MX-5 salah satu contoh cabriolet 2 penumpang atau roadster  Station Wagon

SEDAN

Jenis mobil penumpang dengan 3 macam konfigurasi dengan Pilar A, B, dan C. Bagian untuk penumpang terdiri dari 2 baris tempat duduk dengan kapasitas 4 sampai dengan 5 orang. Untuk barang biasanya diletakkan di bagasi.

SPORT UTILITY VEHICLE

Atau disingkat SUV adalah jenis kendaraan penumpang yang digabungkan dengan kemampuan membawa penumpang dan juga barang dengan kelincahan Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda agar bisa digunakan offroad. Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda.

Sumber

Posted in News and tagged , , .