torque converter

Kerusakan Sistem Torque Converter di Mobil Matic

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Kerusakan Sistem Torque Converter di Mobil Matic | Mobil matic Anda tiba-tiba overheating saat sedang dalam kondisi berhenti? Ada kemungkinan hal tersebut disebabkan torque converter yang bermasalah.

Torque converter sendiri merupakan komponen yang membatasi antara mesin dengan transmisi. Dimana mengizinkan mobil matic dapat berhenti sementara tanpa menyebabkan transmisi menerima dorongan terus menerus dari mesin.

Torque converter yang rusak tak hanya menyebabkan mesin berisiko cepat panas, tetapi juga selip atau bahkan kerusakan transmisi. Lantas apa saja kerusakan yang sering terjadi pada torque converter?

Bearing rusak

Permasalahan ini merupakan yang paling umum terjadi. Komponen seperti stator, impeller, turbin dan rumah konversi yang seharusnya bekerja terpisah, berisiko saling bergesekan secara langsung karena bearing yang rusak. Tak hanya akan merusak torque converter, pecahan metal yang terbawa ke dalam pelumas bisa merambat ke komponen lainnya.

 Gasket yang rusak atau bocor

Pelumasan merupakan salah satu komponen yang membuat torque converter bekerja. Adanya kebocoran menyebabkan kerja perangkat ini tak maksimal. Masalah tersebut tak hanya menyebabkan mesin menjadi panas, tetapi juga transmisi selip atau terlambat.

Kopling torque converter rusak

Kegagalan kopling torque converter cukup sulit untuk dideteksi. Biasanya hal ini menyebabkan mobil terus berjalan meski diposisikan dalam keadaan berhenti total. Biasanya penyebab kegagalan tersebut diakibatkan distorsi atau getaran yang membuat komponen di dalamnya saling mengunci.

Solenoid kopling torque converter bermasalah

Perangkat ini merupakan komponen elektronik yang mengontrol jumlah pelumas yang masuk ke dalam torque converter. Kerusakan pada komponen ini menyebabkan pelumas masuk terlalu banyak atau sedikit, sehingga risiko mesin mati dapat terjadi atau bahkan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Sumber

Posted in News and tagged , , , .