Deteksi_Kerusakan_kaki-kaki-08

Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada Umur Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada Umur Mobil | Pecinta otomotif yang memiliki mobil dari baru harus mengetahui hal agar mobil bisa awet, makin baik antisipasi kerusakan maka umur mobil lebih panjang dan performa mobil tetap terjaga baik… Pengetahun tentang berbagai kerusakan yang akan dialami mobil pada usia tertentu menjadi penting untuk menentukan bagaimana merawatnya (pedoman dalam perawatan).
Pecinta otomotif yang ingin membeli mobil bekas juga bisa menggunakan patokan usia untuk menentukan kondisi mobil, apakah kerusakan yang biasa terjadi diatasi dengan baik oleh pemilik lama? berikut adalah daftar kerusakan yang terjadi pada umur mobil:
Mobil usia 1-2 tahun
Pada usia ini mobil masih diproteksi dengan garansi, biasanya mobil pada usia ini masih belum mengalami kerusakan dengan catatan service dilakukan rutin sesuai dengan garansi dan tidak terjadi kecelakaan (acident).

 Masalah yang terjadi biasanya pada aki dan ban. Aki mobil bisa bertahan hingga 1-2 tahun dalam kondisi baik setelah itu akan mengalami penurunan performa meskipun masih bisa dipakai hingga 3 tahun, nah pecinta otomotif perlu memperhatikan kondisi aki apakah listrik yang dihasilkan masih baik.
Ban, ban mobil biasanya bisa bertahan sampai 3-4 tahun setelah itu ban harus diganti meskipun tapak ban masih tebal, hal ini terkait dengan material ban dari karet yang akan getas seiring waktu, terlebih jika ban diperlakukan kurang baik akan mempercepat ban getas misalnya tekanan angin yang tidak sesuai (terlalu tinggi atau rendah), biasa digunakan di jalan makadam, ban terkena minyak tanah, ban jarang dibersihkan, dimuati beban berlebih, dll. Pada usia 1-2 tahun maka keausan ban biasanya berkisar antara 40% hingga 50%.
Pada usia ini kampas rem juga menjadi perhatian karena biasanya kampas rem bisa bertahan hingga 20 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun pemakaian normal, jika 20 ribu kilometer dicapai dalam waktu 1 tahun maka masalah kampas terjadi pada tahun pertama. Karet wiper juga pastinya harus diganti karena usia maksimum karet wiper yang direkomendasikan adalah 1 tahun, diatas itu karet wiper akan mengeras (kehilanganj elastisitasnya) yang berakibat turunnya performa menyeka air hujan dan beresiko membaret kaca mobil
Mobil usia 3-4 tahun
Mobil usia 3-4 ini biasanya sudah mengalami masalah pada mesin, penurunan performa mesin sudah mulai terasa…hal ini kebanyakan disebabkan oleh penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik, banyak sekali pecinta otomotif yang mengisi mobil keluaran baru dengan premium padahal mesin meminta pertamax akibatnya mesin terlalu lama melakukan pembakaran dengan timing yang kurang tepat sehingga presisi mesin menjadi berkurang. Kerak juga sering muncul pada usia ini terlebih penggunaan premium yang memang tidak memiliki zat pembersih ruang bakar. Nah penurunan performa adalah kerusakan yang banyak dialami saat moibl menyentuh usia 3-4 tahun.
Pada usia ini adalah waktu yang tepat mengganti ban mobil karena usia ban mobil ideal berkisar antara 3-4 tahun
Mobil usia 5-6 tahun
Pada usia ini kebanyakan mobil mengalami masalah pada karat yang mulai menyerang, banyak sedikitnya karat yang terjadi memang bergantung pada perawatan mobil selama tahun-tahun sebelumnya. Jika mobil jarang dicuci dan sering digunakan ke daerah pantai maka tingkat karat juga tinggi bahkan usia 1 tahunpun sudah berkarat, berbeda dengan mobil yang selalu dijaga dari sentuhan air asin dan guyuran air hujan yang meskipun 6 tahun maka karat yang terjadi hanya sebatas bibit karat saja dan mudah dihilangkan, jika karat sudah menggerogoti sampai 50 persen material besi maka akan sulit membenahinya
Selain besi yang berkarat pecinta otomotif harus melihat karet-karet pada mobil yang biasanya mulai getas seperti karet suspensi, karet jendela mobil, belt, dan lain sebagainya… pada usia ini hampir semua karet harus diganti agar performa mobil tidak turun terlalu jauh. Sebagai gambaran karet belt yang terlalu kendor/ getas akan mempengaruhi pendinginan mesin, power steering, AC, dll.
Karet pada pintu mobil yang kehilangan elastisitasnya (mengeras) akan mempersulit kaca jendela dibuka-tutup dan juga sangat beresiko membaret kaca mobil.

Pelemahan shock arbsorber juga sering terjadi pada usia 5-6 tahun, hal ini menyebabkan ayunan mobil menjadi lebih mental karena tidak terserap oleh shock dengan baik, akibatnya ban akan lebih cepat aus dan sedikit limbung saat mobil menikung. Bunyi-bunyi asing pada kaki-kaki mobil juga mulai terjadi yang biasanya disebabkan oleh keausan shockbreker/ kaki-kaki mobil ini.
Cat juga mulai terlihat buram pada usia 5-6 tahun (tidak secerah awal-awal beli) apalagi jika perawatan cat tidak benar maka pudarnya semakin parah, sering memarkir mobil pada terik matahari menjadi penyebab utama cat kusam/ buram, baret-baret ringan akibat mengelap/ membersihkan mobil dengan tidak benar juga menjadi penyebab utama masalah cat ini.

 Interior juga sudah mulai pudar, misalnya warna dashboard sudah tidak ngedof seperti awal, kain-kain juga mengalami perubahan warna.
Sistem AC juga sudah mulai kurang bagus selain kurang dingin udara yang dihasilkan juga kurang bersih, perbaikan misalnya harus isi ulang freon, perbaikan kipas, pembersihan filter dan lain sebagainya.

 

Posted in News and tagged , .