grand avanza dan veloz

Komparasi Grand New Veloz Melawan Honda Mobilio RS CVT

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Komparasi Grand New Veloz Melawan Honda Mobilio RS CVT | Toyota Avanza Veloz pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2011. Saat itu, gebrakannya sangat terasa bagi keberhasilan penjualan Avanza di Indonesia. Pada tahun 2014, 20 persen dari total penjualan Avanza di Indonesia, merupakan sumbangsih dari Toyota Avanza Veloz.

Kini, keinginan PT Toyota Astra Motor (TAM) mengulang kesuksesan itu, sekaligus menggairahkan kembali pasar otomotif domestik yang kurang ‘greget’, dan menumbuhkan kembali penjualan Toyota Avanza dan Veloz di Indonesia, diwujudkan dengan meluncurkan Grand New Veloz, 12 Agustus 2015 di Jakarta.

Berbeda dengan wajah pasar LMPV tahun 2011, sejak Januari 2014 terjadi perubahan signifikan. Seperti kita ketahui bersama, kehadiran Avanza dan Veloz di Indonesia, mengundang datangnya rival-rival terbaru. Semua berlomba meneguk manisnya madu kesuksesan di pasar LMPV.

Sontak, Veloz pun berhadapan dengan rival seperti Honda Mobilio RS CVT dan Suzuki Ertiga Sporty AT. Rival-rival tersebut bukanlah “pepesan kosong”, keduanya punya “senjata pamungkas” guna menjegal laju Grand new Veloz. Terlebih Honda Mobilo RS CVT. LMPV andalan Honda tersebut merupakan tipe tertinggi di jajaran Honda Mobilio di Indonesia. Sintesa keindahan teknis dan desain melebur di tubuhnya. Tak heran Honda Mobilio RS Meskipun belum mengalami facelift, namun Honda Mobilio RS CVT tentu bukanlah lawan mudah bagi  Grand new Veloz yang telah diberikan beragam penyempurnaan di eksterior dan interior.

Inilah yang kemudian menggelitik kami mempertemukan keduanya, membandingkan spesifikasinya, guna memberi gambaran yang jelas dan jernih sebelum Anda memutuskan untuk meminang satu di antara keduanya. Mobil melawan mobil, siapa yang akan menang?

Sedikit mengingatkan pembaca, eksterior Honda Mobilio mengadopsi desain dual motion, yakni perpaduan garis bodi dinamis dengan glassy cabin agar memberi kesan luas. Honda Mobilio RS kini mengalami revisi pada bagian ekterior, interior dan penambahan fitur. Desain lampu depan sekarang menggunakan projector highlight dengan LED light layaknya mobil premium. Ubahan crome grille dengan rancangan baru menegaskan keindahan Honda Mobilio RS.

Fokus utama ubahan pada Mobilio adalah eksteriornya. Untuk itu, mereka mengubah aero kit yang yang berupa sporty front dan rear bumper, sporty sideunder spoiler, serta sporty tailgate spoiler. Tak lupa mereka menyematkan roof moulding garnish dan exhaust pipe finisher. Untuk mempermanis kaki-kakinya, disematkan velg alloy 15 inci dengan model anyar.

Di sisi lain, Grand new Veloz juga tampil semakin memikat dengan fascia depan terbaru, grille radiator dan bumper depan seolah menyatu. Grand new Veloz 1,5 liter memakai lampu utama proyektor. Di bagian belakang, panel bodi lebih halus. Tampak pula desain lampu belakang baru dan reflektor belakang,  guna menambah daya tariknya. Hadir juga spoiler belakang dengan lampu stop.

Dimensi Grand new Veloz (panjang x lebar x tinggi) 4.200 mm x 1.660 mm x 1.695 mm. Jarak poros rodanya 2.655 mm, dengan jarak pijak depan 1.425 mm. Sementara jarak pijak belakangnya mencapai 1.435 mm. Jika dibandingkan dengan Honda Mobilio, panjang LMPV Honda ini mencapai 4.398mm. Lebarnya mencapai 1.683mm dengan tinggi bodi 1.603mm. Dari dimensinya, jika dibandingkan, maka Honda Mobilio RS CVT lebih panjang 198 mm, lebih lebar 23 mm, dan lebih rendah 92 mm.  Jarak Sumbu Roda Honda mobilio 2.650mm atau lebih kecil dari milik Grand new Veloz. Jarak Pijak depan/belakang Honda Mobilio RS CVT 1.472mm / 1.475mm, lebih besar dari Grand new Veloz.

Grand New Veloz Honda Mobilo RS CVT
Dimensi (pxlxt) 4.200 mm x 1.660 mm x 1.695 mm 4.398mm x 1.683mm x 1.603mm
Jarak Sumbu Roda 2.655 mm 2.650mm
Jarak Pijak Depan/ Belakang 1.425 mm/1.435 mm 1.472mm / 1.475mm
Ground Clearance 200 mm 189mm

Interior

Interior Grand new Veloz memakai corak gelap (abu-abu). Ini diharapkan mampu memberi kesan sporty yang lebih kuat.

Interior dilengkapi, spido-meter lebih besar, mudah dibaca serta menampilkan eco driving indicator. Untuk memberikan kenyaman yang lebih kepada penumpang, bangku ketiga kini terpisah 50:50 agar lebih fleksibel untuk memberi ruang gerak lebih luas.

Peningkatan aspek kenyamanan dan keamanan antara lain memperbaiki kualitas suspensi dalam menahan getaran dan memperkuat rangka lantai agar tingkat kebisingan, handling dan stablitas Grand New Veloz menjadi lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Salah satu titik lemah Honda Mobilio adalah finishing interior. Kerapatan panel menjadi pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh Honda. Jok semi bucket tersedia bagi pengemudi dan penumpang. Akses untuk bangku baris ketiga dimudahkan dengan adanya mekanisme One Touch Tumble -Anda dapat melipat kursi baris kedua dengan satu sentuhan. Fitur semacam ini juga telah diaplikasi oleh kompetitornya di segmen low MPV.

Jok baris kedua dapat digeser ke depan dan belakang lebih jauh untuk memberi ruang lebih pada penumpang baris kedua dan ketiga. Fitur ini bertujuan untuk memberi ruang kaki lebih baik bagi penumpang. Saat kami mengujinya (tester betinggi 170 cm), posisi duduk di jok baris ketiga cukup terasa pas-pasan (artinya tidak terlalu sempit dan tidak pula terlalu luas).

Jok baris ketiga dapat diatur derajat kemiringannya (reclining). Tujuannya memberikan rasa nyaman bagi penumpang. Honda menyediakan AC double blower. Sistem audio yang dapat memutar (MP3, WMA), AM/FM CD, USB port, dan AUX input. Multi information LCD tersedia di semua model Mobilio. Fungsinya untuk memberikan informasi real time mengenai konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh perjalanan.

Performa

Grand new Veloz 1,5 liter memakai mesin empat silinder, 16 V, DOHC Dual VVT-i terbaru. Kapasitas mesin EFI ini 1.496 cc. Tenaga puncaknya 104 Ps pada 6.000 rpm, torsinya 136,3 Nm pada 4.200 rpm. Pesaingnya, memakai mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Sistem suplai bahan bakar Honda Mobilio RS adalah PGM-FI.

Honda Mobilio RS CVT memiliki isi silinder mesin yang sama dengan Veloz, yakni 1.496 cc. Meskipun kapasitas silindernya sama, tenaga puncaknya mencapai 118 PS pada 6.600 rpm, atau lebih besar dari Grand new Veloz. Torsi puncaknya? Ternyata juga lebih besar, yakni 145 Nm pada 4.800 rpm. Dari angka ini bisa dilihat keunggulan dari mesin i-VTEC Honda.

Perbedaan mendasar juga bisa dilihat dari pilihan transmisi. Toyota Grand new Veloz memakai sistem transmisi non CVT empat percepatan. Sementara Honda Mobilio RS memilih CVT. Perbedaan juga bisa dilihat dari sistem gerak yang dipilih kedua mobil ini. Veloz terbaru memakai sistem gerak roda belakang, sementara Honda Mobilio RS CVT memakai gerak roda depan. Suspensi Grand new Veloz memakai Macpherson Strut with coil (depan) dan 4 link lateral rod with coil. Honda Mobilio RS CVT memilih suspensi depan MacPherson Strut, dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam. Dari spesifikasi teknisnya, kedua mobil ini memberikan kenyamanan standar.

Grand New Veloz Honda Mobilio RS CVT
Mesin IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC
Isi Silinder 1.496 cc 1.496 cc
Tenaga Puncak 104 PS @6.000 118 PS 6.600 rpm
Torsi Puncak 136,3 Nm @ 4.200 rpm 145 Nm pada 4.800 rpm
Transmisi 4-speed AT CVT
Suspensi Depan Macpherson strut with coil Macpherson strut
Suspensi Belakang 4 link lateral rod with coil H-Shape Torsion Beam

Perangkat Keselamatan

Di sektor perangkat keselamatan, keduanya cukup berimbang dengan menawarkan yang terbaik di kelasnya. Grand new Veloz dilengkapi dengan double airbag dan dimaksimalkan dengan seatbelt pretensioner dan force limited. Veloz terbaru pun sudah dilengkapi dengan side impact beam, dan ISOFIX. Hal serupa teraplikasi pula di Honda Mobilio RS CVT.

Rem depan Honda Mobilio RS CVT memakai cakram berventilasi, rem belakangnya masih drum. Tetapi, Grand new Veloz pun demikian. Di depan memakai cakram, di belakang drum. Perbedaan keduanya berada pada sistem rem tambahan. Grand new Veloz memakai ABS, Honda Mobilio RS CVT, memakai ABS+EBD.

Grand new Veloz Honda Mobilio RS CVT
Airbag depan + penumpang Ya Ya
Rem Depan Cakram Cakram
Rem Belakang Drum Drum
Sistem tambahan ABS ABS+EBD
Ban 185/65 R 15 185/65 R15
Auto door Iya
Immobilizer Iya Iya
Alarm System Iya
Side Impact Beam Iya Iya
Struktur Rangka G-Cone + ACE
Isofix Iya

Kesimpulan

Dari membandingkan spesifikasi keduanya, bisa dilihat Honda Mobilio RS CVT memberikan mesin lebih bertenaga ketimbang Grand new Veloz. Meski demikian, Grand new Veloz melawan dengan sumbu roda lebih panjang dan ground clearance lebih tinggi sehingga lebih ramah dengan kondisi jalanan rusak.

Tidak hanya itu, Grand New Veloz juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih baik dari pendahulunya diantaranya 3 point seatbelt, headrest yang terpisah untuk penumpang tengah di baris kedua, warning seatbelt untuk penumpang, power window dengan jam protection, ABS di semua grade, side impact beam, ISOFIX dan top tether anchor, serta wireless key dengan immobilizer. Hal serupa juga ditawarkan oleh Honda Mobilio RS CVT meski tak selengkap Veloz.

Dari faktor harga, keduanya pun tidak terpaut jauh, yakni hanya sekitar Rp 1 jutaan saja (harga OTR Jakarta). Kondisi berimbang dan berbasis spesifikasi inilah yang membuat kami lebih memilih Honda Mobilio RS CVT. Mengapa, karena Grand new Veloz yang lebih baru tidak menawarkan sesuatu yang lebih istimewa ketimbang Honda Mobilio RS CVT, melainkan lebih pada proses penyempurnaan sebuah produk. Tujuannya, bukan mengalahkan rivalnya, namun lebih pada mengambil hati para pecintanya.

http://www.autocarindonesia.com/auto-news/perbandingan-grand-new-veloz-melawan-honda-mobilio-rs-cvt-400877.aspx/0

Posted in Komparasi and tagged , , .