mobilio avanza

Komparasi Honda Mobilio Dengan Toyota New Avanza Veloz

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Komparasi Honda Mobilio Dengan Toyota New Avanza Veloz | Persaingan segmen low MPV di tanah air yang masih sangat ramai dimanfaatkan oleh beberapa pabrikan untuk menghadirkan mobil andalannya, seperti Honda dengan Mobilio dan Toyota dengan New Avanza Veloz. Kedua mobil tersebut memang telah berhasil memikat hati sebagian besar masyarakat dalam negeri, sehingga tidak heran bila populasi keduanya sangat banyak ditemui di jalan raya. Banyaknya populasi keduanya juga semakin ditunjang dengan harga Mobilio dan harga Avanza yang terbilang kompetitif, sehingga banyak masyarakat yang mampu membelinya.

Baik Mobilio maupun New Avanza Veloz sama-sama mempunyai keunggulan maupun juga kekurangan di segala sisi. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk membandingkan dua mobil tersebut.

– Desain

Apabila dilihat dari segi desain, Honda Mobilio memang mengusung desain yang cenderung sporty. Untuk sektor depannya, Mobilio terlihat mengadopsi desain kepunyaan Honda Brio, hanya saja terdapat perbedaan pada sisi grill dan bumper. Sedangkan untuk sektor belakang mengusung desain yang terlihat modern.

Untuk Toyota New Avanza Veloz, mobil ini merupakan generasi penerus dari Avanza keluaran pertama. Bila dibandingkan, New Avanza Veloz memang terlihat lebih sporty daripada Avanza generasi pertama. Secara keseluruhan, desain New Avanza Veloz memang berubah total dari generasi sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari desain headlamp, bumper, bahkan pada bagian belakang juga berubah.

Akan tetapi, walaupun New Avanza Veloz hadir dengan desain yang lebih sporty bila dibandingkan dengan Avanza generasi pertama, tapi toh desainnya masih tetap kalah sporty apabila dibandingkan dengan Honda Mobilio.

Beralih ke bagian interior, baik Mobilio maupun New Avanza Veloz sama-sama mempunyai kapasitas 7 orang penumpang. Keduanya juga sama-sama mengusung material plastik yang terlihat biasa saja. Sedang untuk kabinnya masih lebih lega Mobilio bila dibandingkan dengan New Avanza Veloz. Namun sayang, untuk kursi pada Mobilio cenderung lebih keras, sehingga jika digunakan untuk perjalanan jauh akan membuat badan menjadi cepat lelah.

veloz interiror mobilio interior

– Mesin

Honda Mobilio mengusung mesin 4-silinder berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS dan torsi 145 Nm, selain itu mobil ini juga mengusung penggerak roda depan. Sedangkan untuk New Avanza Veloz dibekali dengan dua pilihan mesin, mesin berkapasitas 1.300 cc dan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan penggerak roda belakang. Walaupun Toyota juga menawarkan kapasitas mesin yang sama dengan Mobilio, tapi tenaga yang dihasilkan oleh New Avanza Veloz masih kalah besar, dimana tenaga mobil ini hanya sebesar 104 PS dan torsi 13.9 kgm.

Namun, mengingat New Avanza Veloz mengusung penggerak roda belakang, mobil ini lebih unggul bila digunakan pada jalan yang menanjak. Sedangkan untuk Mobilio lebih bertenaga bila digunakan di jalan datar.

– Dimensi

Honda Mobilio mempunyai dimensi (panjang x lebar x tinggi) 4.386 x 1.683 x 1.603 mm, serta mempunyai ground clearance 189 mm. Sedang untuk New Avanza Veloz mempunyai dimensi (panjang x lebar x tinggi) 4.150 x 1.660 x 1.695 mm serta memiliki ground clearance 200 mm. Berdasarkan data tersebut, Honda Mobilio jelas memiliki dimensi yang lebih besar sehingga akan berdampak pada ruang kabin yang lebih lega. Namun New Avanza Veloz mempunyai ground clearance yang lebih tinggi sehingga mobil ini lebih aman bila digunakan untuk melintasi jalan yang mempunyai banyak gundukan.

– Fitur Keselamatan

Honda Mobilio dibekali dengan beberapa fitur penunjang keselamatan, seperti Dual SRS Airbag, Side Impact Beam, seatbelt pada semua baris kursi, Pretension With Load Limiter Seatbelt, serta Pedestrian Protection.

Untuk Toyota New Avanza Veloz juga dibekali dengan beberapa fitur keamanan, diantaranya Dual SRS Airbag, Drive Seatbelt Warning, seatbelt pada semua baris kursi, Pretension and Front Force Limiter Seatbelt, Knee Booster, dan Sliding Brake Pedal.

– Konsumsi Bahan Bakar

Apabila dilihat dari tingkat konsumsi bahan bakarnya, Honda Mobilio ternyata lebih irit bila dibandingkan dengan New Avanza Veloz, dimana untuk tingkat konsumsi bahan bakar Mobilio berada pada angka 14.8 km/liter dan untuk New Avanza Veloz berada pada angka 12.1 km/liter.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , , .