Komparasi Lengkap Honda City VS Toyota Vios Terbaru

Komparasi Lengkap Honda City VS Toyota Vios Terbaru | Persaingan untuk memperebutkan tahta sedan kelas menengah semakin ketat di Indonesia. Di segmen ini, ada Honda City dan Toyota Vios. Keduanya, sama-sama canggih, berteknologi dan dilengkapi fitur-fitur kenyamanan terkini.

Baru-baru ini, Toyota memperbarui Toyota Vios dengan mesin dan aksen desain. Nah, mampukah Toyota Vios facelift mengalahkan Honda City? autocarindonesia.com akan membandingkan spesifikasi teknis kedua mobil tersebut. Mobil apa yang akan menang? Mari kita bahas.

Desain

Dari segi desain, Toyota Vios terbaru tidak memiliki perbedaan signifikan dari pendahulunya. Lihatlah tampilan fascia depan dengan lampu proyektor terbaru. Bumpernya bertipe Trapezoidal Shape yang dikombinasikan dengan radiator grille diapit oleh lampu depan.

Di sisi lain, Honda juga telah melakukan pembaruan yang membuat City semakin sporty. Grille-nya lebar dan dilapisi krom. Honda City terbaru juga dilengkapi dengan lampu depan Halogen Projector yang bisa menghasilkan pencahayaan yang sangat terang. Terdapat juga fog lamp yang dapat memberi pencahayaan lebih baik saat cuaca berkabut.

Toyota Vios terbaru dan Honda City, menawarkan fitur kenyamanan dan kabin yang lega untuk para penggunannya. Honda City mempunyai panjang 4.410 mm, lebar 1.715 mm, tinggi 1.470 mm dan jarak sumbu roda mencapai 2.550 mm.

Sedangkan Toyota Vios mempunyai panjang 4.410 mm, lebar 1.700 mm, tingginya 1.475 mm dan jarak sumbu roda mencapai 2.550 mm. Seperti yang terlihat pada tabel, dimensi panjang kedua mobil tersebut mempunyai angka yang sama yakni 4.410mm. Perbedaannya adalah Honda City lebih lebar 15mm, Toyota Vios lebih tinggi 5 mm, serta jarak sumbu roda Toyota Vios dan Honda City yang sama yakni 2.550 mm.

Terlihat sekali, Toyota Vios terbaru mengimbangi dimensi Honda City. Ini akan berdampak pada seimbangnya, ruang bahu, ruang kaki, dan ruang kepala.

Perbandingan Dimensi Toyota Vios Honda City
Panjang 4.410 mm 4.410 mm
Lebar 1.700 mm 1.715 mm
Tinggi 1.475 mm 1.470 mm
Sumbu roda 2.550 mm 2.550 mm

Beralih ke faktor mesin. Dahulu, Honda City bisa menelan bulat-bulat Toyota Vios dalam hal performa. Bagaimana sekarang? Ini coba diantisipasi oleh Toyota dengan menggunakan mesin baru bertipe 2NR-FE Dual VVT-i. Kapasitas mesinnya 1.497 cc dengan tenaga maksimal 107 PS dan torsinya 14,4 Nm.

Honda City menggunakan mesin berkapasitas 1.497 cc SOHC i-VTEC, yang memproduksi tenaga sebesar 120 PS, dengan torsi 145 Nm. Selisih tenaga antara kedua mesin tersebut mencapai 13 PS yang membuat Honda City lebih unggul dari seterunya tersebut. Rupanya, perubahan mesin, tidak membuat Toyota Vios mampu menandingi limpahan tenaga dan torsi milik City.

Komparasi di sektor ini dimenangkan oleh Honda City.

Mesin Toyota Vios

2NR-FE Dual VVTi

Honda City

SOHC i-VTEC

Kapasitas 1.497  cc 1.497 cc
Tenaga 107 PS/ 6.000 rpm   120 PS/6.600 rpm
Torsi 141 Nm/4.200 rpm 145 Nm/4.600 rpm
Trasmisi CVT

MT 5 Speed

CVT

MT 5 Speed

 

Honda City menggunakan fitur audio dengan layar sentuh 6,1 inci, AM/FM Radio, Single Disc Mp3/WM, CD/DVD Player, YSB Port, AUX Input dan terintegrasi dengan Iphone atau Ipod. Bagaimana denga Toyota Vios? Untuk tipe G dan G TRD dilengkapi dengan sistem hiburan terbaru dengan infotainment online. Hadir juga fitur Miracast yang cuma tersedia di tipe G dan G TRD. Fungsinya mirroring dengan ponsel pintar Anda. Terdapat pula fungsi Voide CommandTM (hanya tersedia di tipe G dan tipe G TRD).

Toyota Vios dan Honda City memiliki fitur AC yang cukup lengkap yakni terdiri dari Auto AC dengan indikator digital hingga pengatur aliran udara AC Dual Zone Autoclimate. Toyota Vios terbaru dilengkapi dengan MID (Multi Information Display) yang dapat memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi dan fitur ETCS-I (Electronic Throttle Control System with Intelligence) yang memberikan konsumsi bahan bakar lebih baik, respons lebih cepat dan menghasilkan performa akselerasi yang lebih halus.

Pada fitur keamanan, Kedua mobil tersebut juga telah dilengkapi dengan Dual SRS Air Bag yang akan menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang dari terjadinya benturan keras pada bagian depan. Kemudian, Honda City dan Toyota Vios juga dibekali dengan fitur pengereman kelas wahid yakni ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution) dan BA (Brake Assist).

Fitur Keselamatan Toyota Vios Honda City
  SRS Airbag Depan / Front SRS Airbag      SRS Airbag Depan / Front SRS Airbag     
  Seat Belt Baris pertama / 1st Row Seat belt     

Emergency Stop Signal (ESS)

Seat Belt Baris pertama / 1st Row Seat belt     

Emergency Stop Signal (ESS)

  ABS + EBD + BA ABS + EBD + BA
  ISOFIX & Tether ISOFIX & Tether
  G-CON ACE

 

G-CON ACE

 

 

Sumber

Harga Mitsubishi Expander
______________________________________________________________________________
Dapatkan Penawaran Harga dan Diskon Terbaik di Dealer Kami (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
_____________________________________________________________________________

Telp/Whatsapp: 085277956145

_____________________________________________________________________________
Atau kirim whatsapp/sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Mitsubishi Pajero sport Dakkar 4x4#120 juta#4 Tahun#Andi#Jalan Soekarno Hatta no 1000 Bandung) kirim ke
085277956145
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun. _____________________________________________________________________________
Posted in Komparasi and tagged , .