toyota dan pajero

Komparasi Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Hyundai Santa Fe

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Komparasi Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe CRDi Toyota Fortuner VNT TRD A/T Mitsubishi Pajero Sport Dakar A/T
hyundai toyota_fortuner_facelift Mitsubishi Pajero Sport
Harga: Rp 390 juta
Tahun: 2013
Mesin: 2.199 cc 4 silinder turbodiesel, 197 dk+: Desain, akselerasi, pengendalian
-: Kualitas interior, legroom, citra merek
Harga: Rp 370-380 juta
Tahun: 2013-2014
Mesin: 2.499 cc 4 silinder turbodiesel, 144 dk+: Aftersales, efisiensi dalam kota, legroom
-: Handling, fitur, akselerasi
Harga: Rp 330-350 juta
Tahun: 2011-2013
Mesin: 2.477 cc 4 silinder turbodiesel, 176 dk+: Handling, paddle-shift, jok kulit
-: Grafik tenaga, konsumsi BBM, bantingan suspensi
Konsumsi tol/dalam kota: 17,9/10,8 km/l
Kapasitas tangki: 64 liter
Konsumsi tol/dalam kota: 14,6/11,8 km/l
Kapasitas tangki: 65 liter
Konsumsi tol/dalam kota: 13,2/9,8 km/l
Kapasitas tangki: 70 liter

Meski mesinnya hanya berkapasitas 2.199 cc, tapi soal output mesin Santa Fe tidak kalah. Ia merilis 197 dk dan torsi 445 Nm yang justru mengungguli kedua rivalnya itu.

Berbekal output mesin itu, Santa Fe berakselerasi lebih cepat dengan 0-100 km/jam tuntas dalam 9,4 detik. Mengalahkan Fortuner dengan 12,4 detik dan Pajero Sport 10,9 detik di parameter yang sama.

Soal desain pun Santa Fe terlihat lebih dinamis. Hyundai yang cukup popular di Eropa memiliki tampilan lebih sporti tapi tetap elegan. Setidaknya dibanding Pajero Sport atau bahkan Fortuner yang cende­rung datar.

Tapi soal interior, kendati terlihat atraktif tapi kualitasnya tak sebaik dari Fortuner dan Pajero Sport. Material dasbor dan doortrim misalnya, terkesan lebih murah dan kurang presisi. Sama-sama berformat 7 tempat duduk, tapi bangku baris ketiga Santa Fe lebih sempit dari rivalnya.

Nama besar Toyota adalah keunggulan pertama yang dimiliki Fortuner. Jaringan aftersales sangat luas hingga pelosok Tanah Air.

Dari hasil tes kami di rute dalam kota, konsumsi BBM Fortuner VNT yang terhemat karena Santa Fe 10,8 km/l dan Pajero Sport 9,8 km/l. Tapi di rute tol ia hanya 14,6 km/l. Sementara Santa Fe mampu mencapai 17,9 km/l dan Pajero Sport tak lebih baik karena hanya 13,2 km/l.

Kepraktisan adalah keunggulan Fortuner VNT berikutnya. Ada banyak tempat pe­nyimpanan di interior. Kabin Fortuner VNT juga terasa lega. Terutama legroom untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Desain Fortuner VNT memang tidak seatraktif Santa Fe dan Pajero Sport, baik eksterior maupun interior, tapi hal itu membuat tampilannya lebih macho. Untungnya body kit TRD cukup menolong untuk membuat impresinya sedikit lebih sporti.

Sama-sama berpenggerak roda belakang (RWD) dengan Fortuner VNT, kesan berkendara Pajero Sport lebih tajam dibanding rival asak Toyota itu. Ini berkat set suspensi yang lebih rigid kendati bantingan tetap dalam taraf sedang. Tapi dibanding Santa Fe yang berpenggerak roda depan (FWD) dan sasis monokok, handling Pajero Sport tetap kalah presisi.

Namun fitur Pajero Sport Dakar terhitung istimewa. Ia sudah dilengkapi paddle-shift dan sunroof. Meski soal atap tembus pandang ini bahkan Santa Fe sudah dilengkapi moonroof yang lebih lebar.

Jok juga sudah dibalut kulit sehingga terasa mewah dan nyaman. Bentuk jok nan ergonomis menjadikan perjalanan jauh lebih nyaman untuk menyangga tubuh seluruh penumpang.

Tenaga besar Pajero Sport memang harus diraih di putaran mesin lebih tinggi – tidak seperti Fortuner yang dari kecepatan rendah seperti sudah bertenaga, tapi ketika telah mencapai peak-nya, maka aspek fun dari Pajero Sport sangat kuat. Tak lain berkat tenaga lebih besar dan handling lebih tajam yang menghadirkan keasyikan mengemudi.

Our Opinion
Kami merekomendasikan Fortuner VNT. Begitu kuatnya merek Toyota menjadikan Fortuner VNT bekas sebagai mobil dengan nilai investasi tinggi. Harganya bertahan sehingga cocok jika Anda termasuk yang rutin berganti mobil. Sementara Pajero Sport cukup terkenal di kalangan penggemar SUV di Indonesia. Pun dengan aspek fun to drive lebih baik dari Fortuner.

Lalu Santa Fe, adalah untuk Anda yang suka tampil beda karena populasinya lebih sedikit dari SUV besar lainnya. Model pun lebih atraktif dan mesin lebih berperforma dari kedua rivalnya itu.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , .