all new pajero sport off road

Membandingkan Tenaga Toyota Fortuner VRZ Vs Pajero Sport Dakar 4×4

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Membandingkan Tenaga Toyota Fortuner VRZ Vs Pajero Sport Dakar 4×4 | Tahun 2016 ini dua produsen otomotif mengeluarkan produk terbaru mereka yakni Mitsubishi dengan keluarnya varian terbaru Pajero Sport Dakar, sedangkan satu lagi adalah Toyota yang mengeluarkan Fortuner Vrz. Mobil2 ini bersaing dalam segmen yang sama yakni mobil SUV Diesel 2400 cc, sama-sama berjenis SUV, sama-sama bermesin diesel, sama-sama berkapasitas 2400 cc, berpenggerak 4×2 dan 4×4 dan harganyapun sama yakni sekitar 400 jutaan meskipun pada varian tertinggi dengan harga 600 jutaan.

All New Toyota Fortuner Vrz
All New Toyota Fortuner Vrz

Uniknya kedua mobil ini saling mengalami penyegaran dan dikeluarkan pada bulan yang sama yakni Januari 2016, kalau tidak salah hanya selisih hari saja launchingnya, mungkin sama-sama tidak ingin keduluan pesaingnya. Meskipun dari bentuk (desain mobil) sampai kapasitas mesin hampir sama akan tetapi ternyata kemampuan mobil ini berbeda, misalnya pada bagian mesin Mitsubishi Pajero Sport Dakar mampu melesakkan tenaga sampai 181 Hp sedangkan Toyota Fortuner hanya 150 Hp? jauh bukan, tenaga ini berdampak pada tarikan mobil dimana akselerasi Pajero Sport untuk mencapai kecepatan 100 Km/jam dari kondisi diam adalah 10,7 detik sedangkan Toyota fortuner lebih lambat yakni 12,9 (menurut tes autobild indonesia).
Nah konsumen harus jeli jika membandingkan kedua produk baru ini, berikut ni www.mobilku.org akan mengulas komparasi Fortuner 2016 Vs Pajero Sport Dakar 2016, yang kami bandingkan adalah yang memakai mesin diesel 2400 cc dengan penggerak 4×2 yakni antara Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×2 AT vs Toyota All New Fortuner 2.4 Vrz AT 4×2 … Karena ini adalah yang paling banyak dicari dan menurut kami paling pas dengan harganya sekitar 490 jutaan, sedangkan yang berpenggerak 4 roda terlalu mahal yakni 620 jutaan.

 Desain Eksterior atau bagian luar mobil
Secara umum penampakan keduanya hampir sama yakni mengedepankan tampilan mobil futuristik (modern) akan tetapi sedikit perbedaan bahwa wajah fortuner terlihat lebih sopan sedangkan wajah pajero terkesan lebih mengintimidasi orang-orang yang melihatnya, akan tetapi mobilku.org dari tampilan depan lebih menyukai tampilan Fortuner dengan lampu kabut yang cukup unik dan deesain headlamp yang tidak terlalu sipit, sementara menurut kami desain pajero sport terlihat futuristik memang akan tetapi kurang nyaman dilihat.
Pada bagian kaki keduanya sama-sama dibekali dengan velg alloy 18 inch, akan tetapi dari sisi desain Pajero Sport lebih tampak segar dengan desain velg dual tone (silver hitam) dengan kombinasi pilar tebal dan tipis. Sementara Fortuner desain velgnya terbilang standar sehingga untuk bagian ini kami rasa Pajero lebih unggul
Untuk bagian samping kami rasa keduanya relatif sama yakni tetap polos dengan lekuk-lekuk untuk aliran udara dari depan kedelakang, keduanya juga dibekali dengan pijakan kaki untuk penumpang naik ke dalam mobil, sementara lampu sein juga dibenamkan pada spion elektrik mereka.
Pada bagian belakang/ buritan mobil ada perbedaan dimana untuk Fortuner lampu rem ada yang menjorok ke pintu (horizintal) sedangkan pada Pajero Lampu belakang cenderung vertikal dengan sedikit kombinasi warna putih. Ban serep keduanya ditempatkan di bagian luar (belakang bawah) sehingga menghemat tempat
Spesifikasi teknis 
Eksterior Toyota Fortuner Vrz
Panjang : 4.795
Lebar: 1.855
Tinggi: 1.835
Wheelbase : 2.745
Jarak Pijak Depan: 1.545
Jarak Pijak Belakang : 1.550
Head Lamp: LED Bi Beam
Dibekali Spoiler di bagian belakang
DRL
Fog lamp dengan desain yang bagus
High mount stop lamp pada spoiler
Eksterior Pajero Sport Dakar 4×2
Panjang 4785
Lebar 1815
Tinggi 1805
jarak sumbu roda 2800
ground clearance 218
berat kosong 1935
Headlamp: LED dengan auto leveling
Lampu belakang: LED dengan reflektor
Dilengkapi DRL
Washer Headlamp
Sliding Sunroof
Power Tilt
High mount stop lamp
Fog lamp
Nah dari spesifikasi teknis dapat disimpulkan bahwa All New Fortuner memiliki desain yang lebih bongsor/ lebih besar dibanding Pajero Sport Dakar, Fortuner lebih panjang 10 mm (1 cm), lebih lebar 40 mm (4 cm) dan lebih tinggi 30 mm (3 cm). Akan tetapi sayangnya jarak sumbu roda Fotuner hanya 2745 mm padahal Mitsubishi Pajero dengan body yang lebih pendek memiliki whellbase jauh lebih panjang yakni 2800 mm atau selisih 55 mm (5,5 cm).
Body yang besar tentunya memiliki kelebihan bisa memuat penumpang/ barang lebih banyak. Sedangkan wheelbase/ jarak sumbu roda sangat berperan penting dalam kestabilan mobil pada saat melaju, semakin panjang mobil seharusnya wheelbase/ jarak sumbu roda juga harus panjang sehingga roda berada di ujung depan/ belakang mobil (tidak ditengah mobil). Makin panjang jarak sumbu roda maka mobil makin stabil dan makin seimbang, juga makin mudah handling dan lebih aman tentunya.
Untuk yang lain seperti ground clearance, berat kosong, dll Toyota belum memberi pengumuman resminya pada websitenya sehingga sulit dikomparasikan.
Interior/ kabin/ bagian dalam mobil

Berikut ini adalah Interior/ fitur-fitur yang dibenamkan di dalam Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT
– Immobilizer dan keyless entry: sistem keamanan mobil dari pencurian dengan kunci unik yang tak bisa diduplikasi
– Start stop engine: menghidupkan mobil dengan tombol start (tanpa kunci)
– MID: monitor layar sentuh yang bisa berfungsi sebagai GPS Navigasi dan bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui bluetooth, bisa juga dikoneksikan dengan perangkat lain lewat slot usb
– Auto up power window
– Auto lock power window: jadi setelah mobil berjalan pada kecepatan tertentu maka pintu akan lock otomatis
– Audio switch steering
– AC digital: menyesuaikan suhu dengan akurat
– Paddle shift
– Power seat adjuster
– GPS navigasi
Sementara pada Fortuner fiturnya:
– Smart Entry mirip dengan keyles entry pada pajero
– Start stop engine
– audio switch steering
– Power seat
– dibekali dual mode (eco dan power)
– Paddle shift:
– AC auto
– GPS nafigasi
Untuk interior mitsubishi Pajero Sport lebih modern/ futuristik/ canggih, akan tetapi Toyota Fortuner Vrz lebih elegan serta ruangan kabinnya lebih lapang….
pajero sport terbaru 2
Mesin/ Performa mobil
Mesin Toyota Fortuner 2016
Toyota Fortuner dibekali dengan mesin Diesel berkapasitas 2400 cc atau 2.4 L, mesin ini dilengkapi dengan VNT yakni teknologi Turbo pada Toyota sehingga tenaganya bisa melesat ketika mesin menyentuh RPM tertentu. Menurut Toyota tenaga maksimum Fortuner VNT ini bisa mencapai 150 Dk (Daya Kuda) pada putaran mesin 3400 Rpm, torsi Fortuner Vrz ini mencapai 40,8 Kgm pada putaran mesin 1600 sampai 2000 Rpm. Sedangkan untuk Gear ratio final Fortuner Vrz adalah 4.100
All New Fortuner 2.4L Vrz ini memakai sistem pasokan bahan bakar Common Rail dengan bahan bakar berjenis Solar/ pertamina dex, sedangkan kapasitas tangki mobil ini 80 liter solar.
Sistem transmisi All New Toyota Fortuner 2.4 Vrz ini memakai transmisi otomatis dengan 6 percepatan sedangkan untuk sistem penggerak memakai roda belakang (2 roda saja) akan tetapi varian teratas tersedia penggerak 4×4, sedangkan sistem rem Fortuner untuk roda depan memakai cakram berventilasi 17 inch sedangkan roda belakang memakai tromol.
Dari beberapa tes yang sudah dilakukan, Konsumsi BBM All New Fortuner Vrz ini mencapai 1:12,5 untuk rute kombinasi, untuk jalan perkotaan 1:10 sedangkan untuk jalan bebas hambatan 1:15 cukup irit untuk mobil diesel bermesin 2400 cc. sedangkan akselerasi mobil untuk mencapai kecepatan 100 KPJ dari kecepatan 0 KPJ adalah 12,9 detik
Mesin Mitsubishi Pajero Sport 4×2 Dakar
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 ini menggunakan mesin baru yang berbeda dari generasi sebelumnya/ tahun sebelumnya, mesin baru ini berkode 4N15, berteknologi MIVEC – Turbo Charged – Intercooler dan berstandar EURO II.
Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga sagat besar yakni sampai 181 Dk (daya kuda) pada putaran mesin 3500 Rpm, sementara torsi Pajero Sport adalah 43,8 Kgm pada putaran mesin 2500 Rpm. Gear ratio final mesin pajero adalah 3692.
Sistem transmisi All New Pajero Sport Dakar 2016 ini paling canggih yakni memakai 8 tingkat percepatan otomatis, transmisi ini dikatakan paling canggih untuk SUV kelas medium dan pertama kali diterapkan di SUV medium. Sistem penggerak memakai penggerak roda belakang (2 roda) akan tetapi untuk varian teratas tersedia penggerak 4×4. Untuk rem sudah memakai cakram pada semua rodanya serta berteknologi ABS dan EBD, beda dengan fortuner yang hanya bagian depannya saja cakram bagian belakang menggunakan tromol.
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 juga memakai mesin diesel Common Rail bahkan dibenami dengan teknologi turbo dan intercooler serta MIVEC. Mesin ini selain tangguh juga memiliki performa yang sangat baik di berbagai keadaan cuaca, kami rasa syarat SUV adalah tahan pada cuaca ekstrim selain memang harus kuat untuk diajak jalan-jalan di medan ekstrim seperti tanjakan, jalan pasir, berbatu dan lain sebagainya sehingga mutlak dibutuhkan mesin dengan tenaga besar dan torsi yang besar pula.

Siapa yang lebih unggul?

Untuk mesin kami rasa Mitsubishi Pajero Sport Dakar lebih unggul dengan selisih tenaga lebih besar 31 Hp daripada Fortuner, Torsi Pajero Sport Dakar juga unggul 3 Kgm dari Fortuner Vrz. Sementara sistem transmisi Pajero juga unggul dengan memakai 8 percepatan sedangkan Fortuner hanya memakai 6 percepatan saja, makin besar tingkat percepatan maka perpindahan gigi juga makin halus sedangkan tenaga dan torsi maksimum juga makin besar

Harga Fortuner VRZ VS Pajero Sport Dakar
Nah yang terakhir kita sampai pada harga jual
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT dijual dengan harga 496 juta rupiah. All New Toyota Fortuner 2.4 Vrz AT 4×2 dijual dengan harga 494 juta rupiah
Jangan lupa test drive sebelum membeli, pastikan sreg pada salah satu mobil baru membelinya
Posted in Komparasi and tagged , , , .