head unit modern

Memilih Head Unit Multimedia Untuk Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Memilih Head Unit Multimedia Untuk Mobil | Era digital tidak hanya milik dunia komunikasi. Dengan metode interaktif, tidak sekadar sebagai media hiburan tapi juga memantau kondisi mobil. Inilah pilihan head unit multimedia di mobil modern.

Head unit digital memang sudah lama digunakan di mobil. Bahkan kini hampir seluruh mobil baru sudah menggunakan jenis digital. Hanya saja fitur yang disajikan terbatas hanya untuk multimedia. Seperti pemutar musik, radio atau koneksi Bluetooth ke gadget.

Dengan berbagai pengembangan teknologi, kini head unit tidak lagi hanya berfungsi sebagai multimedia saja melainkan infotainment. Banyak informasi seputar mobil seperti konsumsi BBM real time, internet, juga peta navigasi satelit turut dihadirkan dalam satu kemasan.

Namun berbagai kemasan diterapkan oleh tiap pabrikan, baik metode pengoperasian, menu serta fitur yang ada di sistem infotainment mobil. Tujuannya sederhana, memudahkan pengguna mobil. Namun apakah semua sistem infotainment mobil itu memudahkan untuk digunakan?

Kami memilih 12 mobil yang menggunakan head unit infotainment yang terintegrasi dengan mobil. Artinya melalui layar monitor di kabin, penumpang bisa mengoperasikan dan memantau banyak fungsi. Seperti sistem hiburan, pemandu arah, konektivitas, dan lainnya. Begitu pula beragam informasi mobil seperti konsumsi BBM, waktu servis, tekanan ban dan sebagainya.

Ada 5 hal yang kami ingin cari tahu. Mulai dari penggunaan, fitur, konektivitas, biaya dan performa. Dari sisi penggunaan kami ingin melihat apakah tampilan atau perpindahan menu sistem infotainment cukup mudah bagi orang awam atau perlu membaca buku manual dan bertanya ke dealer.

Sementara untuk fitur, kami melihat apa saja yang ada pada head unit setiap mobil. Semakin banyak fitur dan semakin canggih menjadi nilai tambah. Untuk konektivitas juga kami menilai seberapa banyak jalur untuk koneksi seperti USB, Bluetooth, CD/DVD, AUX-IN dan lainnya.

Soal biaya para agen pemegang merek (APM) yang menyediakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen. Misal untuk memperbarui peta atau sistem operasi dari sistem komputer head unit tersebut. Semakin mahal tentu semakin buruk nilainya.

Sedangkan performa, kami mencari tahu seberapa cepat dari sistem operasi dari tiap sistem infotainment. Kami mengetesnya melalui perpindahan dari satu menu ke menu yang lain secara cepat. Bagaimana hasilnya?

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , , .