rem-cakram-mobil

Mengenal Evolusi Teknologi Rem Cakram Kendaraan

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Mengenal Evolusi Teknologi Rem Cakram Kendaraan | Sebagai mobil dengan predikat mewah dan berkelas, Porsche terus berinovasi dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen. Salah satunya dalam hal penghalau laju alias rem.

Komponen mobil yang satu ini memiliki peran penting untuk menjamin keamanan pengendara.

Ten-piston brake calipers, Anti-lock brakes (ABS), Annular disc brakes, 2015, 1983, 1962, Porsche AG

Dan seperti halnya teknologi lain di kendaraan, rem juga selalu berevolusi. Lalu seperti apa perubahan rem cakram yang digunakan pada Porsche dari masa ke masa? Berikut penjelasan dari Porsche:

1962

Annular Disc Brake

Annular disc brakes, 1962, Porsche AG

Porsche mulai menggunakan rem cakram pada model 356 B Carrera 2. Kaliper rem ini mencengkeram cakram pada bagian dalam sehingga ukuran cakramnya bisa besar.

1966

Internally Vented Brake Disc
Internally vented brake disc, 1966, Porsche AG
Rem cakram jenis ini menjadi standar bagi Porsche tipe 911 S baik untuk bagian roda depan dan belakang. Panas akibat proses pengereman dihilangkan dengan adanya bagian terbuka pada bagian rem cakram yang beradu.

1974
Cross-Drilled Brake Discs

Cross-drilled brake disc, 1974, Porsche AG

Rem cakram ini adalah peralatan yang spesifik pada tipe 911 Carrera 3.0. Lubang-lubang pada cakram memastikan rem bekerja dengan optimal. Rem ini biasa digunakan untuk kondisi cuaca basah.

1977

Rem Kaliper 4 Piston

Four-piston brake caliper, 1977, Porsche AG

Kaliper 4 piston ini memastikan performa rem pada Porsche tipe 911 Turbo 3.3 tetap berjalan dengan meningkatnya tenaga mesin. Teknologi rem berasal dari mobil balap 917/30.

1983

Anti-Lock Brakes (ABS)

Anti-lock brakes (ABS), 1983, Porsche AG

Jenis rem ini muncul pertama kali pada tipe 928 S. Rem dengan jenis ABS ini mencegah terkuncinya roda pada saat pengereman penuh sehingga mobil masih bisa dikendalikan.

1996
Monobloc Alumunium Brake Calipers

Monobloc aluminum brake caliper, 1996, Porsche AG

Rem ini menjadi standar pada mobil Porsche Boxster generasi pertama. Kaliper monobloc kali digunakan pada generasi pertama Boxster. Kaliper diproduksi dari satu bagian untuk memperbaiki proses penyebaran panas.

2001
Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB)

The PCCB (Porsche Ceramic Composite Brake), 2001, Porsche AG

Rem mulai debut pada tipe 911 Turbo dan 911 GT2. Rem ini 50% lebih ringan dibandingkan dengan cakram besi. Jenis rem ini meningkatkan kenyamanan dalam berkendara dan performa rem.

2015

Ten Piston Brake Calipers

Ten-piston brake caliper, 2015, Porsche AG

Pertama kali jenis rem ini digunakan pada Porcshe Cayenne Turbo S. Kaliper jenis ini terhubung dengan rem cakram keramik dengan diameter 420 mm. Ten Piston Brake Calipers luar biasa responsif bahkan pada kecepatan tinggi.(ddn/ddn)

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .