matik3

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja O/D Transmisi Otomatis

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

 

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja O/D Transmisi Otomatis |O/D merupakan singkatan dari Over Drive. Secara kasar O/D dapat diartikan sebagai gigi tertinggi. O/D sangat berguna dalam mobil yang bertransmisi otomatis bila sedang melaju di jalan bebas hambatan(TOL) karena teknologi ini sama hal-nya seperti kita menggunakan gigi tertinggi pada transmisi manual sehingga dapat menurunkan putaran mesin(rpm), dengan begitu konsumsi BBM dapat lebih kecil. Tetapi yang perlu diperhatikan

O/D jangan diaktifkan bila sedang berkendara di dalam kota yang kecepatannya cenderung pelan dan stop&go karena ECU dalam mobil akan terus berusaha mencapai posisi gigi tertinggi tersebut sehingga tenaga mobil menjadi cenderung loyo / tidak bertenaga karena rpm yang terlalu kecil membuat torsi yang dihasilkan juga cenderung kecil. Petunjuk aktif atau nonaktifnya terdapat pada bagian dashboard, hampir seluruh mobil bertransmisi otomatis bila perangkat O/D tidak aktif maka akan menyala tulisan O/D off.Bila ingin anda aktifkan cukup tekan tombol O/D yang berada di sekitar tuas transmisi dan bila ingin mengnonaktifkan cukup tekan kembali tombol O/D tersebut. Memang kebanyakan mobil bertransmisi otomatis memiliki perangkat O/D tetapi ada beberapa mobil yang tidak memiliki perangkat tersebut, itu artinya sistem O/D sudah dapat diatur dalam komputerisasi.

matik2

 

Selain berfungsi sebagai gigi tertinggi, O/D juga bisa berfungsi membantu pengemudi saat melakukan pengereman. Karena bila O/D yang sedang aktif lalu tiba-tiba kita non-aktif-kan maka bisa dibayangkan seperti saat sedang berkendara dengan gigi 5 tiba-tiba diturunkan kegigi 4. Maka akan terjadi efek engine brake. Hal ini sangat membantu pengemudi bila harus melakukan pengereman mendadak dalam kondisi darurat.

matik

 

sumber foto: google.com

 

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .