airbag mobil

Mengenal Teknologi Airbag Keselamatan Pada Mobil

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Otosentrum.comMengenal Teknologi Airbag Keselamatan Pada Mobil. Airbag pada umumnya memakai sistem pyrotechnic untuk mengembangkan balonnya. Ia memakai pelatuk kecil untuk membakar sodium azide yang kemudian menghasilkan gas nitrogen. Gas ini cuma perlu sepersekian detik untuk mengembangkan balon menjadi besar. Kala mengembang akan disertai serbuk putih yang berfungsi sebagai pelumas.

Selain pyrotechnic, ada juga yang memakai teknik silinder kompresi gas. Benturan yang keras akan memaksa silinder terbuka sehingga gas mengalir ke dalam airbag. Energi panas dari benturan akan membantu gas mengembangkan airbag lebih cepat.

Airbag modern umumnya memakai model dual-stage di area pengemudi. Di sini airbag tidak langsung mengembang penuh saat terjadi benturan, tapi bertahap. Tujuannya agar energi airbag tidak langsung menghantam pengemudi. Saat ini pengembangan teknologi airbag lebih fokus kepada sistem deteksi benturanyang bisa memicu airbag mengembang. Sensor-sensor di mobil dibuat makin cerdas untuk menterjemahkan benturan yang terjadi.

Sumber

Posted in News and tagged .