cakram rusak

Mengetahui Kampas Rem Mobil Akan Habis

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Mengetahui Kampas Rem Mobil Akan Habis | Rem merupakan salah satu komponen yang sangat vital bagi kendaraan, hal itu karena rem mempunyai fungsi untuk memperlambat laju kendaraan. Rem sendiri terdiri dari beberapa komponen, dan salah satunya adalah kampas rem.

Berbicara mengenai kampas rem, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi kampas rem masih bagus apa tidak. Cara pertama adalah dengan melihat kondisi velg. Apabila padavelg mobil terdapat kotoran berupa serbuk halus berwarna hitam, berarti kampas rem masih dalam kondisi bagus. Kotoran berwarna hitam tersebut adalah serbuk kampas rem. Sedangkan bila tidak ada kotoran, itu berarti kampas rem sudah mulai tipis.

Cara yang kedua adalah dengan merasakan langsung. Cara ini lebih kepada perasaan saat berkendara. Bila biasanya menekan pedal rem di jarak tertentu mobil sudah berhenti tetapi kali ini mobil belum berhenti, itu berarti kampas rem sudah mulai habis.

Sedangkan untuk mengetahui kondisi kampas rem pada jenis rem tromol adalah dengan mendengarkan apakah timbul suara mendecit apa tidak saat pedal rem diinjak. Bila timbul suara mendecit, itu berarti kampas rem sudah mulai habis.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kampas rem apakah masih bagus apa tidak. Akan tetapi untuk lebih memastikan kondisi kampas rem, ada baiknya bila anda membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan secara langsung.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .