peredam

Mengurangi Suara Bising Di Kabin Mobil LCGC

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Mengurangi Suara Bising Di Kabin Mobil LCGC | Saat ini, mobil-mobil LCGC sudah menjamur di jalanan. Dengan harga terjangkau, hemat bahan bakar serta kelincahannya membuat banyak konsumen memilih mobil jenis ini. Tapi memang ada harga ada rupa. Walau mobil ini akan sangat menyenangkan dompet, faktor kenyamanan agak kurang, salah satunya kebisingan. Ini dikarenakan mobil LCGC memiliki peranti peredaman suara cukup minim untuk memangkas biaya. Toh, tidak semua konsumen peduli hal ini.

Tetapi bila Anda termasuk orang yang menyenangi kesenyapan kabin, kebisingan ini cukup menganggu. Tentu menjengkelkan bukan jika kita sedang mendengarkan tembang kesukaan kita, tetapi terganggu dengan gemuruhnya suara kendaraan lain, suara ban, atau tumpahan air hujan.

4577885287_e3e9b63a24

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memasang peredam tambahan pada bagian-bagian yang perlu dilapisi. Endang dari Soundmate dari Pusat Onderdil Dutamas Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, “Biasanya untuk membuat mobil lebih kedap, kita bisa menambahkan peredam di bagian pintu, lantai, firewallserta atap. Tergantung pada bagian mana yang ingin diredam,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pintu atau bagian dinding mobil merupakan pilihan pertama untuk diredam, karena bagian itu ‘tameng’ awal dari kebisingan suara dari luar mobi.

Setelah itu bagian lantai atau dek mobil, peredaman bagian ini untuk meminimalkan dengungan ban atau gardan. Bagian firewall juga turut diredam karena suara bising yang dihasilkan mesin juga mengganggu.

Lantas yang terakhir ialah bagian atap, karena pada mobil-mobil ‘murah’ ini biasanya menggunakan plat yang tipis. Sehingga saat turun hujan, jangankan mendengarkan lagu, mengobrol aja sulit.

Bahan peredam yang umum digunakan terdapat bahan aspal serta aluminium Tetapi yang sering digunakan adalah bahan aspal karena mempunyai peredaman yang bagus serta harga yang terjangkau.

Pria ini menjelaskan yang umum digunakan ialah tipe aspal, serta aluminium. Untuk tipe aspal ada dua ukuran ketebalan, yaitu 2 dan 3 mm. tebal 2 mm biasa digunakan untuk pintu serta untuk yang 3 mm pada lantai, firewall. “Karena kalau yang 3 mm dipakai di pintu, nanti pintunya jadi berat,” ujar lelaki  asal Sumatra Barat ini.

Sedangkan untuk tipe Aluminium umumnya digunakan untuk kap mesin serta plafon. “Untuk bahan ini selain bisa meredam suara, juga ampuh untuk meredam panas,” tuturnya. Ia juga mengatakan untuk pengerjaan menyeluruh akan memakan waktu 1-2 hari. Sedangkan harga untuk LCGC mulai dari Rp 1 jutaan,” tutupnya.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .