lampu mobil

Penyebab Mika Lampu Mobil Menjadi Buram

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Penyebab Mika Lampu Mobil Menjadi Buram | Sebagai perangkat penerangan di jalan waktu malam hari, headlamp atau lampu utama pada mobil sangat perlu diperhatikan. Bila tidak, akan sangat fatal dampaknya bagi keselamatan.

Salah satu yang tidak boleh diabaikan mengenai hal ini adalah kualitas sinar yang dipancarkan headlamp. Gangguan pada headlamp seperti tidak terangnya sinar bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya adalah cover lampu yang tidak bening yang membuat cahaya yang dipancarkan lampu LED jadi terhambat.

Menurunnya kualitas cahaya pada lampu kendaraan biasanya diakibatkan karena cover lampu yang sudah buram akibat lamanya pemakaian atau kurangnya perawatan,” ungkap Arjuna, teknisi bengkel Fadila Modifikasi, DOC, Depok, Jawa Barat.

Dia juga menjabarkan beberapa penyebab cover headlamp atau lampu utama mobil menjadi buram atau tidak bening.

1. Suhu terlalu panas

Bola lampu atau LED akan menjadi makin panas disebabkan karena penggunaan voltase terlalu tinggi. Efeknya, suhu pada headlamp ikut jadi panas. Bila keadaan ini terlalu sering dapat menurunkan kualitas cover headlamp atau tidak lagi bening.

2. Sering terkena sinar matahari dalam waktu lama.

Itulah mengapa dianjurkan untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh atau di tempat parkir yang memiliki pelindung dari sinar matahari, karena mobil yang terlalu sering terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kualitas cover headlamp menurun. Efeknya sinar yang dihasilkan dari lampu LED jadi kurang terang.

3. Sering kena air hujan dan tidak langsung dibersihkan dengan air.

Posisinya yang berada pada bagian depan menyebabkan headlamp langsung berhadapan dengan air hujan saat hujan turun. Seperti diketahui, saat mobil melewati hujan, yang terpercik ke mobil bukan hanya air hujan, tapi juga debu, pasir dan kotoran jalanan. Semua bagian luar mobil termasuk headlamp akan menjadi kotor. Bila dibiarkan kotoran ini mengering dan tidak segera dibersihkan, dapat membuat cover headlamp menjadi buram. Sekalipun nanti dibersihkan, biasanya tingkat kecerahannya pun jadi berkurang.

Antisipasinya, segera bersihkan dengan air bersih setelah terkena hujan.

4. Membiarkan debu halus menempel dalam waktu lama.

Debu halus bisa menempel di semua bagian mobil setiap saat, termasuk pada cover headlamp. Bila tak rajin dilap, lama – lama debu – debu ini bisa membuat cover headlamp menjadi buram. Akibatnya sinar yang dihasilkan headlamp kurang terang karena terhambat oleh debu.

5. Usia pakai yang sudah melebih lima tahun.

Penyebab lain headlamp atau lampu utama mobil buram adalah faktor usia. Idealnya, headlamp dan covernya memang harus diperbaharui bila sudah berumur lima tahun. Bila sudah melebihi masa tersebut, kualitasnya pasti menurun dan itu adalah hal yang wajar.

Itulah beberapa penyebab headlamp atau lampu utama mobil buram. Sebaiknya Anda perhatikan hal tersebut di atas karena kualitas sinar lampu utama atau headlamp sangat berpengaruh pada tingkat keselamatan Anda saat berkendara. Lebih baik berinvestasi untuk keselamatan dari pada berhemat tapi mengabaikan keselamatan.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .