312441_mesin-mobil-_663_382

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar | Sejatinya, suara mesin berbahan bakar bensin pada mobil baru pasti akan lebih lembut. Hal itu tentu berbeda dengan suara mesin mobil yang sudah dipakai satu atau dua tahun. Sedikit berisik dan kasar.

Gejala ini biasanya muncul dari ruang mesin. Lebih parahnya, suara kasar tersebut akan mirip dengan suara diesel. Kebanyakan pemilik mobil akan membiarkan saja masalah ini, karena kadang suara mesin akan kembali normal. Padahal, jika tak segera ditangani, akan berpotensi merusak komponen mesin lain di dalam kap mobil.

Seperti dilansir dari situs resmi Toyota, Jumat, 8 Mei 2015, sebenarnya banyak kemungkinan mengapa gangguan ini bisa terjadi. Berikut langkah pengecekan guna mengetahui penyebabnya.

Gangguan suara mesin ini bisa saja diakibatkan oleh kurangnya oli mesin. Ketika mesin dinyalakan pada pagi hari, oli tak mampu melumasi semua komponen di dalam mesin. Akibatnya, Hydraulic Lash Adjuster tak mendapatkan asupan oli yang cukup. Mesin pun terganggu dan mengeluarkan suara bising.

Periksalah komponen di dalam kap seperti water pump, bearing AC dan bearing-bearing alternator. Masalah pada komponen-komponen ini sudah pasti akan menyebabkan bunyi kasar pada mesin. Di samping itu, terkadang tekanan tensioner ke timing belt tidak kencang. Bagian ini berpotensi menyebabkan masalah pada mesin jika dalam kondisi kendor.

Fan belt juga bisa mengganggu suara mesin, terlebih lagi yang dalam kondisi getas dan pecah-pecah. Komponen yang biasanya terdiri dari dua hingga tiga sabuk ini harus segera diperiksa dan diganti jika dalam kondisi tersebut.

Mobil yang kekurangan oli juga berpotensi menyebabkan gesekan metal pada mesin dan menyebabkan suara keras. Misalnya komponen seperti rod, piston, atau bahkan setang piston.

Langkah termudah yang bisa dilakukan untuk merawat dan menghindari suara keras pada mesin adalah melakukan pengecekan secara berkala agar kondisinya selalu bisa dipantau.

Oli juga harus diganti secara rutin guna meminimalisir dampak suara mesin keras. Cobalah lakukan kedua hal ini untuk mencegah masalah suara mesin. (mus)

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .