All New Fortuner VS All New Pajero Sport

Perbandingan All New Fortuner VS All New Pajero

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan All New Fortuner VS All New Pajero | Toyota Fortuner terbaru sudah diperkenalkan di Thailand dan Australia hari ini, Kamis (16/7). Di Thailand harga Toyota Fortuner dijual 1,199 juta hingga 1,599 juta Baht atau berkisar Rp 468 hingga Rp 625 juta. Di sisi lain, All new Mitsubishi Pajero Sport pun sudah diluncurkan di Thailand, Agustus 2015. Kedua produk ini akan bertarung di pasar SUV bertubuh besar di Indonesia. Menariknya, kedua produk ini pun segera diluncurkan dalam waktu berdekatan tahun 2016.

Fakta tersebut di atas membuat kami mengkomparasi keduanya. Tujuannya untuk memberi gambaran awal apa saja yang ditawarkan kedua SUV itu kepada konsumen di Indonesia. Nah, mampukah all new Toyota Fortuner mempertahankan reputasinya saat digempur oleh all new Mitsubishi Pajero Sport?

Eksterior All New Fortuner VS All New Pajero

Kami mulai dari eksterior. Di sektor eksterior, All new Toyota Fortuner memiliki bentuk fascia depan yang benar-benar berbeda dari pendahulunya. Dari segi pemilihan desain, kami lebih menyukai bentuk baru Fortuner. Tidak hanya terlihat lebih menarik.

All new Toyota Fortuner versi Indonesia akan memakai jejeran lampu baru, desain grille atas dan bawah baru. Fortuner terbaru juga sudah memakai LED daytime dan Bi-Beam LED untuk varian tertingginya. Tipe terendah memakai Bi-proyektor.

Dari desain samping, all new Toyota Fortuner memiliki garis pinggang tinggi tepat di belakang pilar C. Floating roof design pun dipilih sebagai pelengkap aksen estetikanya. Terdapat pula pijakan kaki guna memudahkan akses masuk dan keluar penumpang.

Di bagian belakang. All new Toyota Fortuner punya roof spoiler dilengkapi LED stop lamp. Garis krom tebal diapit lampu belakang serta logo Toyota berada di tengah. Tampilan buritan ini masih terlihat jejak Toyota Fortuner generasi sebelumnya. Overall, kami juga menyukainya.

Di sektor kaki-kaki, Toyota Fortuner terbaru memakai velg alloy diamond-cut berukuran 18 inci dengan ban 265/60. Di gambar yang kami lampirkan, bisa Anda lihat pula tombol pembuka pintu bagasi (bagian belakang mobil). Artinya, SUV menawan ini memiliki electric tailgate layaknya mobil-mobil mewah masa kini. Namun, jangan bergembira dahulu, fitur ini hanya tersedia pada varian tertinggi saja.

SUV besar generasi terbaru milik Toyota ini, akan dijual dalam enam pilihan warna, yakni White Pearl, Silver, Gray, Atitude Black, Nebula Blue dan Phantom Brown.

All new Mitsubishi Pajero memakai fascia depan terbaru yang disebut ‘Dynamic Shield’. Tampilan dramatis grille tersebut dipermanis dengan lapisan-lapisan krom di front bumper, radiator grille xeganonal, dan lampu depan menyipit disertai lampu siang hari LED.

Tampilan samping tampil unik dengan kehadiran garis pinggang “menggelembung” tepat setelah pilar C. Di bagian belakang, terlihat lampu belakang dengan desain vertikal. Deretan lampu ini terinspirasi dari GR-HEV concept yang pertama kali muncil di Geneva motor Show 2013.

Dari samping, All new Mitsubishi Pajero Sport memiliki fender besar, garis pinggang tinggi dan semacam coakan di bodi untuk keperluan aerodinamika. Sama seperti Fortuner, Pajero Sport terbru memakai side step.

Interior All New Fortuner VS All New Pajero

DI dalam kabin, nuansa interior milik L200 kental terasa. Jok berlapis kulit memberi kesan mewah, begitu pula aksen trim perak dan sistem infotainment. Bagian tengah dashboard dibalur hitam glossyAll new Mitsubishi Pajero Sport.

Beralih pada Fortuner. Di bagian tengah dashboard, tepatnya di bawah kisi-kisi AC, terdapat head unit berlayar sentuh +/- delapan inci diapit oleh bingkai tebal berlapis kulit di sisi kanan dan kiri. Ruang tuas transmisi dikelilingi oleh frame kayu sintetis (plastik) senada dengan warna trim.

Lingkar kemudinya diberikan beragam pengontrol. Bisa dilihat pula kehadiran paddle shift di balik kemudi, lalu ada pula pengatur audio, MID, hingga telepon. Dari segi fitur standar, mobil ini dibekali dengan VSC, traction control dan hill-start assist, dan power tailgate.  Tampak pula digital climate control, dan kluster panel instrumen serupa dengan milik Toyota Camry dilengkapi layar multi-info besar.

Komparasi Dimensi All New Fortuner VS All New Pajero

Beralih ke dimensi. All new Toyota Fortuner memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Sementara All new Mitsubishi Pajero Sport memiliki panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.805 mm. Dari dimensi, terbukti All new Toyota Fortuner lebih panjang, lebar, dan tinggi dari Pajero Sport terbaru. Pajero Sport terbaru memiliki sumbu roda lebih panjang, dan ground clearance lebih tinggi pula.

All new Toyota Fortuner All new  Mitsubishi Pajero Sport
Panjang: 4,795 mm 4.785 mm
Lebar: 1,855 mm 1.815 mm
Tinggi: 1,835 mm 1.805 mm
Sumbu roda: 2,750 mm 2.800 mm
Ground Clearance: 193 mm 218 mm

 

Komparasi Mesin All New Fortuner VS All New Pajero

All new Toyota Fortuner akan dijual dalam pilihan mesin diesel 2,4 tipe GD 4×2 bertransmisi manual 6 percepatan. Lalu 2,4 V berpenggerak 4×2 dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan. Pilihan selanjutnya adalah 2,8 V 4×2 6AT, 2,8 V 4×4 6AT, dan mesin bensin 2,7 V 4×2 bertransmisi otomatis 6 percepatan.

Mesin diesel: 2GD-FTV empat silinder, 2,4 liter, 16 valve, bertenaga puncak 150 PS @ 3.400 rpm dengan torsi 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm. Mesin diesel 1GD-FTV, 16 valve, 2,8 liter bertenaga maksimal 177 hp pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 450 Nm mulai 1.600-2.400 rpm. Pilihan mesin ketiga adalah 2,7 liter bensin bertenaga maksimal 166 PS pada 5.200 rpm dengan torsi 245 Nm pada 4.000 rpm.

Mitsubishi Pajero Sport terbru memakai mesin 2,4 liter MIVEC turbodiesel disandingkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan khusus dicipatakan untuk Pajero Sport terbaru. Tenaga sebesar 154 PS dengan torsi 380 Nm, dan tersedia pula pilihan mesin bertenaga 181 PS dengan torsi 430 Nm. Urusan tenaga mesin diesel, All new Pajero Sport unggul dari Fortuner. All new Pajero Sport tidak dijual dalam pilihan mesin bensin.

Komparasi Mesin dan Girboks All New Fortuner VS All New Pajero

All new Toyota Fortuner Mesin All new Pajero Sport
Tenaga: 150 PS @ 3.400 rpm dan

177 PS @ 3.400 rpm

Tenaga: 154 PS dan

181 PS @ 3.500 rpm

Torsi: 400 Nm @ 1.600 – 2.000 rpm

460 Nm @ 1.600-2.400 rpm

Torsi: 380 Nm dan

430 Nm @ 2.500 rpm

Transmisi: 6- Speed 8-Speed

 

Fitur-Fitur All New Fortuner VS All New Pajero

Kedua SUV ini mengusung fitur-fitur menarik. Sebut saja jok kulit, paddle shift, lingkar kemudi multi fungsi, AC digital dengan climate zone. Fortuner memiliki penyesuai jok delapan arah dan glovebox berpendingin, ventilasi AC bagi penumpang belakang, Electrically adjustable door mirrors with power folding function, cruise control dan tombol start stop.

Mitsubishi Pajero Sport terbaru pun memakai Dual zone auto climate control Powered driver seat dan  4-spoke steering wheel that is 4-way adjustable.

All new Toyota Fortuner All new Mitsubishi Pajero Sport
Rem: Cakram (depan dan belakang) Cakram (depan dan belakang)
Ban 265.60 R18, velg alloy R 18, velg alloy
Perangkat keselamatan Perangkat Keselamatan
Dual front airbags 7 airbag
Side and Curtain airbags with a driver knee airbag
ABS with EBD and Brake Assist ABS + EBD
ESC and TCS Forward collision mitigation;
TSC (Tractor Sway Control) Multi-around mirror with feeds from 4 cameras;
Hill Start Assist Blind Spot Warning;
DAC (Downhill Assist Control) Hill start Assist
Reverse camera with parking sensors Ultra sonic misacceleration mitigation system

 

Kesimpulan

All new Mitsubishi Pajero Sport unggul dalam hal tenaga dan torsi, All new Toyota Fortuner lebih unggul dalam hal dimensi, dan memiliki fitur-fitur lengkap. Tentu pertarungan selanjutnya beralih ke ranah harga jual. SUV dengan harga lebih murah dengan fitur bersaing, sudah pasti akan dapat menyita perhatian konsumen.

Nah, sanggupkah Toyota menempatkan Harga all new Toyota Fortuner lebih murah dari all new Mitsubishi Pajero Sport, atau sebaliknya? Mari kita tunggu jawabannya tahun 2016, ketika kedua SUV ini benar-benar diluncurkan di pasar domestik.

Sumber

promo toyota fortuner promo mitsubishi pajero sport

Posted in Komparasi and tagged , , , .