Innova VS Serena

Perbandingan All New Kijang Innova VS Nissan Serena

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan All New Kijang Innova VS Nissan Serena | All new Toyota Kijang Innova sudah diluncurkan November lalu. Kami pun sudah mengujinya di Bali dan Jakarta. Keputusan PT Toyota Astra Motor meningkatkan kadar kemewahan serta fitur-fitur di all new Kijang Innova yang dijual di Indonesia, membuat harga jualnya meningkat.

Harga termurah all new Kijang Innova adalah Rp 282 juta (OTR Jakarta). Sementara tipe tertingginya mencapai Rp 423.800.000. Strategi harga ini membuat all new Kijang Innova tipe termahal (Q Diesel A/T) harus head to head dengan Nissan Serena 2.0 HWS CVT MC, sebuah MPV berkualitas tinggi lansiran PT Nissan Motor Indonesia, dengan harga mulai Rp 416.000.000.

Desain dan Dimensi All New Kijang Innova VS Nissan Serena

Kita mulai pertarungan keduanya dari desain. Dari desainnya, Nissan Serena mengusung desain high MPV dengan kabin yang lapang, kompartemen penyimpanan barang berlimpah, dan SMART multifunction center seat yang menjadikan pengaturan bangku tengah fleksibel. Fitur keselamatan dan kenyamanan bagi penumpangnya juga tetap berlimpah, sebut saja dual airbags, cruise control, eco-drive feature, dan roof monitor sebagai fitur penghibur penumpang belakang.

Desain grille-nya menarik, begitu pula dengan lampu depan yang telah mengadopsi teknologi LED dengan fitur Daytime Running Light (DRL). Pada bagian lampu kabut, kini dipadukan dengan aksen krom. Untuk bagian side skirt pada body samping kendaraan kini hadir dengan model desain baru, termasuk velg dengan desain baru yang tampil lebih sporty.

Di sisi lain, all new Kijang Innova memiliki bentuk MPV cenderung crossover dengan grille heksagonal yang dibelah dua bilah krom yang mengalir hingga lampu utama. Grille juga diapit oleh Daytime Running Light LED. Uniknya, lampu sein dipindahkan dari sisi lampu utama ke sisi lampu kabut yang berada di bagian bawah grille.

Jika Anda melihat dari arah depan, desain All new Kijang Innova lebih mirip sebuah crossover. Apalagi tipe Q yang memakai velg berukuran 17 inci. Jika dilihat dari samping, maka bentuk mengotak masih mendominasi. Di bagian belakang, juga tidak sedramatis tampilan depannya.

All new Kijang Innova memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Ini artinya All new Kijang Innova lebih panjang 180 mm, lebih lebar 60 mm dan lebih tinggi 45 mm dari model sebelumnya. Sumbu rodanya tetap sama, yakni 2.750 mm. Sementara Nissan Serena memiliki panjang 4.770 mm. Lebarnya 1.735 mm dan tinggi 1.865 mm. Sumbu rodanya 2.860 mm

Dari dimensi, Innova lebih panjang, lebih lebar, namun lebih pendek dari Serena. Jarak sumbu rodanya pun lebih pendek dari Serena.

Dimensi All New Kijang Innova VS Nissan Serena

Perbandingan Dimensi All new Kijang Innova Tipe Q Nissan Serena HWS
Panjang 4.735 4.770
Lebar 1.830 1.735
Tinggi 1.795 1.865
Sumbu roda 2.750 2.860

 

Interior All New Kijang Innova VS Nissan Serena

Di bagian interior Nissan Serena HWS mewah. Jok baris kedua captain seat (individual). Lingkar kemudi memiliki penambahan remote audio. Panel instrumennya hadir dengan warna baru, joknya pun berbahan fabric. Kemudinya sudah dilengkapi penyesuai sudut dan jarak. Hadir juga cruise control.

Serena dilengkapi dengan tombol start-stop, Eco mode,dan  AC dengan layar digital, serta AC untuk penumpang belakang.  Head unit DVD 2Din dengan layar sentuh berukuran 6 inci dilengkapi Bluetooth. Bagi penumpang belakang dapat menikmati fasilitas roof mounted monitor berukuran 10 inci.

All new Innova lebih luas dari pendahulunya. Juga lebih lebar. Sehingga penumpang akan lebih santai. Interior all new Kijang innova juga lebih mewah. Mengadopsi warna dual tone, diberi aksen alumunium dan panel kayu, jok kulit dan captain seat, jelas All new Kijang Innova lebih mewah dari sebelumnya.

AC yang dipakainya sudah dual-zone climate control, kabin di beri LED mood light, cooled glove box, dan power window. Sistem hiburannya canggih berlayar sentuh berukuran 8 inci. Head unit ini mampu terhubug dengan internet, berfitur air gesture, mira cast, HDMI, Bluetooth, Toyota Move, konektivitas smartphone, perintah suara, dan digital living network alliance

Soal kelengkapan interior, Nissan Serena memanjakan penumpang dengan roof monitor. Suatu langkah cerdas untuk memikat konsumen. Fitur-fitur lainnya cukup seimbang, meskipun setelah mencoba duduk di baris penumpang, kami merasa lebih nyaman bersama Nissan Serena. Head room yang tinggi pun meningkatkan rasa nyaman.

Mesin All New Kijang Innova VS Nissan Serena

Di balik kap mesinnya, tetap mengandalkan mesin 4-silinder 2.0 liter yang dipadukan transmisi CVT XTronic. Tenaganya 147 PS pada 5.600 rpm. Torsi maksimalnya 206 Nm pada 4.400 rpm. Perpaduan mesin dan transmisi tersebut memberikan karakter putaran menengah hingga atas yang cukup memuaskan, meskipun di putaran mesin rendah, terasa kurang responsif.

Di sisi lain, all new Kijang Innova tipe Q bertransmisi otomatis berbahan bakar diesel lebih responsive pada putaran rendahnya. Tenaganya 149 hp pada 3.400 rpm dengan torsi 359 Nm pada 1.200-2.600 rpm. Tenaga Innova lebih besar dari Serena, begitu pula soal torsi. Ini adalah kontribusi VNT

Perbandingan Mesin All new Kijang Innova tipe Q Nissan Serena HWS
Tenaga 149 hp @ 3.400 rpm 147 hp @ 5.600 rpm
Torsi 359 Nm @ 1.200-2.600 rpm 206 Nm @ 4.400 rpm

 

Keamanan dan Keselamatan All New Kijang Innova VS Nissan Serena

All new Kijang Innova sudah sudah dilengkapi dengan sistem anti maling mulai dari Alarm pada tipe terendah hingga Alarm + Immobilizer untuk tipe tertinggi. Isofix, ABS & ABD, SRS Airbag, kontrol stabilitas (VSC + HAC) hingga Hill-start assist juga dibenamkan di mobil ini.

Perangkat keselamatan. All new Kijang Innova dilengkapi dengan kantung udara keselamatan bagi pengemudi, penumpang depan, lutut, sisi dan tirai. Ini jelas ompatan fasilitas bagi sebuah MPV keluaran Toyota. Sebelumnya, Kijang tidak pernah dibekali kantung udara keselamatan sebanyak itu.

Nissan Serena HWS dilengapi dengan intelligent key dilengkapi remote dan pembuka pintu samping otomatis. Alarmnya dilengkapi dengan sensor guncangan. MPV ini juga dilengkapi dengan sensor parkir, kamera mundur. Serena pun dilengkapi dengan ABS+EBD dan BA

Kesimpulan All New Kijang Innova VS Nissan Serena

Semua fitur-fitur terbaru membuat All new Kijang Innova menjadi tawaran yang mungkin terlalu menarik untuk ditolak. Keberadaan fitur-fitur tersebut di atas itu pula yang membuat Toyota meningkatkan harga jualnya.

Apakah sepadan? Tentu tergantung pada kebutuhan Anda dan apakah Anda suka mobil berbahan bakar diesel atau tidak, yang pasti kami suka mesin dieselnya. Begitu bertenaga dan bertorsi. Enak di rute menanjak tak kalah menarik di jalan rata dan bebas hambatan.Ground clearance all new Innova pun lebih tinggi dari Serena. Ini membuatnya sangat fleksibel. Saran kami, jangan mengisi tangka BBM-nya dengan solar bersubsidi. Meskipun bisa, namun performa mesinnya tidak akan maksimal.

Sementara itu, Nissan Serena adalah tawaran yang tak kalah menarik. Ruang kabinnya luas, fitur-fiturnya menawan, begitu pula dengan perangkat keselamatannya. Citranya pun lebih mewah dari Innova. Harga Serena pun lebih murah. Setelah mempertimbangkan, mobil melawan mobil, kami memilih Nissan Serena HWS sebagai pemenangnya.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , .