honda BR-V

Perbandingan Honda BR-V VS Terios

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Honda BR-V VS Terios | Honda BR-V adalah SUV terbaru Honda yang menggunakan mesin 1.500 cc dengan format 7 penumpang. Meski baru untuk ukuran SUV 1.500 cc Honda di Indonesia, namun BR-V tidak sendirian di kelasnya. Ada Daihatsu Terios yang sama-sama menganut jenis SUV dengan mesin 1.500 cc dan berkapasitas 7 penumpang. Kami adu performa Honda BR-V dengan Daihatsu Terios berdasarkan data spesifikasinya. Untuk feeling berkendara, kami menguji Honda BR-V langsung di Jepang (27/10) lalu.

Pertama adalah posisi duduk. Di BR-V, posisi duduknya lebih rendah ke lantai kabin. Ini memberi keuntungan untuk menghasilkan posisi mengemudi yang lebih rileks. Lalu untuk bermanuver kencang pun lebih enak karena gaya dorong ke samping (lateral-G) lebih rendah dibanding posisi duduk yang tinggi. Namun kekurangannya, rasa tenang untuk memantau ke daerah sekitar tidak sebesar pada Daihatsu Terios yang posisi duduknya lebih tinggi. Bagi mobil di segmen jip atau SUV, posisi duduk tinggi ini penting untuk memantau keadaan kala melaju di medan sulit atau off-road ringan.

Soal handling jelas Honda BR-V lebih tajam dari Terios. Set suspensinya dibuat lebih keras agar karakternya lebih rigid. Ini khas mobil-mobil Honda meski pihak Honda bilang suspensi BR-V sudah diset lebih empuk. Tapi dibanding Terios, konsekuensi handling yang tajam itu rasanya akan membuat bantingan BR-V lebih keras. Sementara Terios cenderung lebih limbung namun lebih lembut.

Kemudian soal kecekatan. Tenaga mesin yang lebih besar dari Terios membuat BR-V lebih berdaya untuk berakselerasi (120 dk vs 109 dk). Kami memang belum sempat melakukan pengetesan lengkap yang terukur, tapi dari gerak mobilnya terasa bahwa BR-V lebih sigap dibanding Terios saat berakselerasi.

Terakhir adalah kelegaan. Dengan sistem penggerak roda depan membuat lantai BR-V bisa direndahkan untuk memaksimalkan ruang. Ini membuat ruang kaki dan kepala di kabin Honda BR-V terasa lebih lega dari Terios. Namun ini masih impresi singkat, pengujian lengkap dengan alat ukur tentu akan kami lakukan nanti di Indonesia.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , .