Honda HR-V

Perbandingan Honda HR-V VS Chevrolet Trax

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Honda HR-V VS Chevrolet Trax | Chevrolet Trax resmi meramaikan pasar SUV kompak dalam negeri. Di segmen ini, mobil yang dibuat di Korea Selatan bermain bersama Toyota Rush, Daihatsu Terios, Ford EcoSport, dan Honda HR-V. Data Gaikindo, total wholesale kompak SUV hingga Oktober 2015 mencapai 60.837 unit. Di mana Honda HR-V 1,5 menjadi model yang paling dicari konsumen Indonesia.

Buktinya, distribusi Honda HR-V dari pabrik ke dealer mencapai 24.732 unit. Diikuti Toyota Rush (21.254 unit), dan Daihatsu Terios (11.374 unit). Pertanyaannya, seberapa tangguh Chevrolet Trax bisa bersaing. Untuk urusan spesifikasi misalnya, mampukah pendatang baru ini menandingi Honda HR-V bermesin 1,5 liter? Mari kita bandingkan antara Chevrolet Trax LTZ (varian tertinggi) dan Honda HR-V 1,5 E CVT. Keduanya dari sisi harga pun berdekatan.

Aspek yang satu ini menjadi perhatian konsumen saat membeli mobil. Chevrolet Trax punya dual port grill yang mendominasi di bagian depan. Sebagaimana diketahui, ini telah menjadi ciri khas mobil Chevrolet. Sebagai mobil yang menyasar konsumen urban, Trax diperapik dengan integrated roof spoiler yang menambah kesan gagah. Tak luput, Trax pada tipe tertinggi memiliki velg alloy 18 inci dengan desain lima bilah.

Chevrolet Trax

Chevrolet Trax

Sementara Honda HR-V hadir dengan desain SUV kompak dengan kesan mobil coupe. Ini terlihat dengan desain atap belakang yang dibuat rendah. Secara umum tampilannya memang lebih sporty. Lampu utamanya menggunakan LED projector dengan LED daytime running light, desain grille dan lampu depan yang dibuat menyatu menghadirkan kesan maskulin. Untuk urusan ini, Anda pasti punya selera masing-masing, bukan?

Honda HR-V 1,5 liter memiliki dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm. Chevrolet Trax punya dimensi panjang 4.248 mm, lebar 2.035, serta tinggi 1.674 mm.

Kini kita bandingkan ketersediaan fitur di dalam kabin. Chevrolet Trax LTZ mengusung fitur hiburan berbasis layar sentuh 7 inci yang dilengkapi dengan sistem MyLink yang mendukung konektivitas iPod. Tipe ini juga mendapat fitur asisten suara besutan Apple, Siri. Port AUX dan USB pun tersedia.

Interior Chevrolet Trax

Interior Chevrolet Trax

Chevrolet Trax memiliki layout bangku penumpang yang dapat dilipat rata dengan pembagian bangku belakang 60/40. Kemudian mobil ini juga memiliki 15 tempat menyimpanan dengan ruang bahasi 1.370 liter. Sebagai nilai tambah, SUV kompak General Motors ini memiliki socket listrik 230V yang bisa diakses di kursi baris kedua.

Honda HR-V untuk tipe 1,5 L E CVT memiliki layar sentuh 6,1 inci dengan fitur standar seperti radio, dermaga untuk AUX dan USB. Pusat hiburan ini juga mendukung perangkat iPhone. Kursi pada baris kedua pun bisa diratakan untuk mengakomodasi ruang penyimpanan yang lebih lapang.

Perbandingan fitur interior Honda HR-V VS Chevrolet Trax

Fitur Chevrolet Trax Honda HR-V
Sunroof Ada Ada
Auto A/C Tidak Ada
Socket listrik 230V Ada Tidak
Cruise Control Ada Ada
Multi Function Steerng Wheel Ada Ada
Paddle Shift Tidak Ada Ada
Tombol Starter Tidak Ada Ada

 

Menyoal mesin, Chevrolet Trax mengusung mesin 1,4 liter dengan turbocharger. Honda H-V mesinnya 1,5 liter SOHC silinder seharis, 16 katup, i-VTEC + DBW.  Di atas kertas, performa yang ditawarkan Chevrolet Trax lebih besar. Di mana output-nya mencapai 138 Tk pada 4.900-6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada rentang 1.850-4.900 rpm. Sedangkan Honda HR-V powernya 118 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm.

Perbandingan performa mesin Honda HR-V VS Chevrolet Trax

Model Output Torsi
Chevrolet Trax LTZ 138 Tk 200 Nm
Honda HR-V E CVT 118 Tk 145 Nm
Transmisi
Honda HR-V E CVT
Chevrolet Trax LTZ Otomatis

Bahkan bila dibandingkan dengan Honda HR-V dengan mesin 1,8 liter (output 137 Tk dan torsi 169 Nm), performa Chevrolet Trax pun masih lebih besar. Tak heran saat mencoba Chevrolet Trax di Sirkuit Sentul, tenaganya cukup responsif. Saat melaju di trek lurus sekira 400 meter dari kondisi diam, Liputan6.com bisa meraih kecepatan 118 km/jam.

hrv dashbord

Namun, Honda HR-V punya keunggulan dalam hal transmisi, yang telah menggunakan CVT sedangkan Chevrolet Trax hanya menggunakan transmisi otomatis biasa. Sehingga, saat berakselerasi menggunakan HR-V, pengendara tak akan merasakan sentakan seperti menunggangi Chevrolet Trax.  Keunggulan akselerasi yang halus pada CVT membuat mobil dengan jenis transmisi ini lebih baik dalam hal konsumsi bahan bakar.

Fitur keselamatan  Honda HR-V VS Chevrolet Trax

Baik Chevrolet Trax LTZ maupun HR-V 1,5 E CVT yang menjadi fitur teratas menyuguhkan fitur keselamatan melimpah.  Untuk Honda HR-V punya rangka G-Con + Ace, Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual Front SRS Airbag, dan Motion Adaptive EPS. Mobil turut dikemas dengan electic parking brake dan auto brake hold, juga brake override system.

Tak mau kalah, Chevrolet Trax LTZ punya 6 airbags, electonic stability package, hill descent control serta hill start assist, juga electro chromatic rear view mirror.

Perbandingan fitur keselamatan Honda HR-V VS Chevrolet Trax

Fitur Chevrolet Trax Honda HR-V
Airbags 6 Airbags Dual Airbags
ABS Ada Ada
Kontrol Traksi Ada Tidak Ada
Hill Descent Control, Hill Start Assist Ada Ada
Seatbelt dengan pretensioner Ada Ada
Seatbelt reminder Ada Ada
Kamera parkir mundur + Sonar Ada Ada
ISOFIX + Top Tether Ada Ada

Perbandingan fitur keamanan Honda HR-V VS Chevrolet Trax

Fitur Chevrolet Trax Honda HR-V
Immobilizer Ada Ada
Auto lock with speed Ada Ada

Perbandingan Harga Honda HR-V VS Chevrolet Trax

Chevrolet Trax LTZ Rp 291.000.000
Honda HRV 1,4 Liter E CVT Rp 294.000.000

Nah, berdasarkan data yang diuraikan di atas, manakah yang menurut Anda lebih layak untuk mengisi garasi rumah? Silahkan dicermati.

Kedua mobil ini memberikan pilihan yang menarik. Ya, dari sisi harga keduanya bisa dibilang nyaris setara, namun Chevrolet Trax menjanjikan fitur keselamatan yang lebih melimpah. Penumpang di mobil terlindungi dengan 6 airbags sementara HR-V cuma punya dual airbags.

Ingat, pastikan segala fitur yang ada pada mobil benar-benar sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya memenuhi aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Berbicara layanan purna jual, kedua merek itu pasti menjami layanan servis dan suku cadangnya. So, mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , .