HR-V VS Outlander

Perbandingan Honda HR-V VS Mitsubishi Outlander

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Honda HR-V VS Mitsubishi Outlander | Terhitung semenjak awal dirilis, di saat Mitsubishi Outlander berusaha menguasai kelas compact SUV, setidaknya belum ada persaingan ketat. Sampai pada akhirnya Honda resmi meluncurkan HR-V. Modelnya yang tidak terlalu besar sebagai SUV, tapi juga tidak bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan hatchback membuat kedua mobil ini kemudian menyasar kepada konsumen yang menyenangi mobil keluarga dengan tema sport yang kental.

Terlihat bagaimana masing-masing dari diri Honda HR-V dan Outlander berusaha memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Dan bagi para calon konsumen, mungkin beberapa komparasi bagian antara HR-V dan Outlander di bawah ini bisa jadi pertimbangan.

Desain Honda HR-V VS Outlander Sport

Resmi dipasarkan di Indonesia lebih lambat membuat HR-V memiliki kans untuk memberikan kesan baru dan fresh dibandingkan Mitsubishi Outlander Sport. Tema yang futuristik dan lebih kejam jelas terlihat dari headlight yang dipersenjatakan Honda kepada diri Honda HR-V yang satu ini.

Di sisi lain Outlander yang notabene lebih ‘tua’ daripada HR-V bukannya tidak ada keunggulan. Model dari Outlander merupakan model yang lebih condong ke arah elegan. Terutama bagian gril khas Outlander dan bodyworks yang ciamik. Hanya saja, bagian bokong Outlander terkesan agak monoton dibandingkan dengan HR-V.

interior hrv

INTERIOR HONDA HR-V

interior outlander sport

INTERIOR OUTLANDER

Kenyamanan Honda HR-V VS Outlander Sport

Kenyamanan dari kedua mobil ini dibagi menjadi dua bagian utama. Kenyamanan di dalam kabin dalam sisi penumpang, serta kenyamanan dari cara berkendara sang pengemudi. Selama dalam koridor cara menyetir yang normal, Honda HR-V dan Outlander punya beberapa sisi yang bisa dibandingkan.

Outlander sebagai pesaing yang lebih tua, memiliki keunggulan dari bagaimana suspensi Outlander menghandle penumpang. Mitsubishi Outlander punya redaman getaran yang lebih baik dari HR-V, salah satunya karena wheelbase Outlander lebih panjang.

Hanya saja, Outlander harus angkat topi pada HR-V dikarenakan Honda mampu dengan sangat baik menutupi kekurangan kenyamanan di sisi redaman getaran, kepada legroom dan headroom yang lebih lega.

Tidak ada yang terlalu signifikan dari sisi kenyamanan dalam perbandingan antara Outlander dan HR-V, point seimbang rasanya cukup adil diberikan kepada kedua mobil compact SUV ini.

Fitur Honda HR-V VS Outlander Sport

Di saat sisi kenyamanan Outlander dan HR-V memiliki level yang relatif sama dan nyaris berimbang, sisi fitur juga tidak bisa dilupakan begitu saja. Karena salah satu yang membuat konsumen mau ‘buang duit’ bagi salah satu atau kedua mobil ini adalah kayanya fitur mereka.

Outlander sebagai pendahulu Honda HR-V dibekali dengan panoramic roof, serta pada electronic parts di bagian dashboard juga menampilkan monitor untuk menayangkan sisi belakang mobil yang dibekali dengan kamera parkir.

Tak mau kalah, Honda HR-V memberikan fitur yang bisa dikatakan lebih bikin ‘ngiler’. Tak hanya panoramic roof, atap mobilnya juga bisa dibuka. Handle pintu belakang berada di dekat kaca, sehingga memberikan kesan bersih.

Pun juga Honda HR-V diberikan fitur-fitur yang cukup spesial seperti cruise control dan Hill Start Assist. Sehingga, kenyamanan dalam berkendara ditambah dengan eksistensi fitur berkendaranya. Sementara itu, AC climate control sudah ada dalam masing-masing individu.

Performa Honda HR-V VS Outlander Sport

Dalam segi performa, masing-masing dari HR-V dan Outlander memiliki purpose yang cukup jelas, sebagai mobil yang punya secondary needs sebagai mobil sport. Yang otomatis membuat keduanya ‘ditanami’ mesin yang powerful.

Honda HR-V memiliki mesin berukuran 1.800cc yang sejatinya sama persis dengan milik Honda Civic. Alhasil jika ingin merasakan performanya tanpa merasakannya secara langsung, naik Honda Civic sudah cukup merepresentasikannya. Dengan 139 hp, akselerasi sampai dengan 100km/jam mampu ditempuh dalam waktu 10,5 detik.

Sementara Outlander yang menggunakan mesin 2.000cc jelas memiliki tenaga lebih besar karena tenaganya sampai dengan 150hp. Mobil ini akan lebih unggul pada medan yang berat dan berliku karena tenaga yang besar akan membantunya pada akselerasi awal.

Tapi sayangnya, Outlander hanya mampu mencetak angka 11,7 detik untuk akselerasi sampai dengan 100km/jam. Dan konsumsi bahan bakar yang 15,6km/Liter jelas kalah dengan Honda HR-V yang bisa mencapai 16,3km/Liter.

Harga Honda HR-V VS Outlander Sport

Honda HR-V memiliki ‘upperhand’ pada sisi model dan mesin. Sementara Outlander memiliki keunggulan dari sisi tenaga dan kenyamanan dalam berkendara. Sementara pada sisi fitur, keduanya nyaris berimbang, meskipun Honda HR-V punya sedikit kelebihan pada atap yang bisa dibuka dan keberadaan Cruise Control.

Di pasaran, Honda HR-V 1.8 Prestige CVT pada situs resminya dihargai sampai dengan Rp 358 juta, sementara Mitsubishi Outlander Sport PX pada situs resminya dibanderol pada angka Rp Rp 347 juta.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , .