NISSAN JUKE

Perbandingan Honda HRV vs Nissan Juke

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Otosentrum.comPerbandingan Honda HRV vs Nissan Juke. Setelah sebelumnya membahas tentang perbandingan All New Jazz vs All New Yaris, maka kali ini kami akan membahas perbandingan Honda HRV vs Nissan Juke, yang diambil dari autocarindonesia.com

Berdasarkan pertimbangan itu pula maka kami mengulas perbandingan atau komparasi antara Nissan Juke dengan Honda HR-V. Keduanya adalah crossover dengan peminat yang melimpah. Persaingan di atas kertas ini tentu hasilnya akan sangat ketat. Mobil apa yang akan keluar sebagai pemenang? Simak perbandingannya Perbandingan Honda HRV vs Nissan Juke di bawah ini.

HONDA HR-V

Desain

Desain eksterior Honda HR-V dikembangkan dari konsep yang disebut sebagai “Dynamic Cross Solid.” Pada konsep ini, karakter garis tajam dan kurva berpadu pada bodi mobil – bagian bawah bodi yang serupa SUV memberikan stabilitas, sementara tubuh bagian atas yang menyerupai coupe memberikan aerodinamika terbaik.

Desain yang stylish tersebut diciptakan untuk memberi rasa bangga bagi pengemudinya. Ekspresi elegan dan tajam tercermin dari adopsi lampu utama yang menggunakan LED di setiap sisinya. Pembuka pintu belakang terintegrasi dengan bingkai pintu memberikan citra coupe.

Sama seperti HR-V, Nissan juke memakai tema desain crossover antara SUV dan Coupe. Desainnya dibuat oleh Nissan Design Europe yang berkantor di London, Inggris, yang kemudian dimatangkan oleh Nissan Design Center di Jepang. Penampilannya mencerminkan Nissan Qazana yang diperlihatkan di Jenewa Motor Show 2009. Desain Juke bisa membuat orang sangat berhasrat untuk memilikinya, atau justru benar-benar menolaknya.

Juke mengedepankan garis pinggang yang tinggi dengan lingkar fender yang besar. Kombinasi ini kontras dengan jendela samping yang kecil. Garis atapnya (di atas pilar C) tampil merendah di bagian belakang, plus posisi tuas pembuka pintu belakang diletakkan di pilar C, memberi kesan bagai coupe yang kuat.

Dimensi

Honda HR-V memiliki panjang 4.295 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.605 mm, dengan sumbu roda 2.610 mm. Jika dibandingkan dengan Nissan Juke, panjang tubuh crossover Nissan ini 4.135 mm,  atau lebih pendek 160 mm. Soal lebar, Nissan Juke lebih kecil 5 mm (1770 berbanding 1765 mm).  Artinya tidak terlalu signifikan. Honda HR-V juga lebih tinggi dari Nissan Juke, yakni 1.605 mm dengan 1.565 mm untuk Nissan Juke. Sementara soal titik terendah, Nissan Juke berukuran 170 mm , Honda HR-V 185 mm. Soal dimensi, Honda HR-V unggul dari Nissan Juke

 

Dimensi Honda HR-V Nissan Juke
Overall Panjang / Length 4295 mm 4135 mm
Overall Lebar / Width 1770 mm 1765 mm
Overall Tinggi / Height 1625 mm 1565 mm
Jarak Poros Roda / Wheelbase 2610 mm 2.530 mm
Jarak Terendah / Ground Clearance 185 mm 170 mm
Radius Putar / Turning Radius 5.3 m 5.5 m
Berat Kosong / Curb Weight 1180 kg 1210 kg

 

Performa 

Honda HR-V tipe terendah memakai mesin 1,5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Tenaga ini dialirkan ke roda depan melalui transmisi manual.

Tipe 1,5 liter S/MT dan CVT telah memiliki semua fitur tipe 1,5 liter A dengan tambahan lampu sein di spion, pelipat spion otomatis, dan lampu kabut. Transmisi CVT berteknologi Earth Dreams. Tipe E CVT memiliki semua fitur tipe S ditambah dengan Smart Entry.

Bagaimana dengan Nissan Juke? Di balik bonnet-nya, tersimpan jantung pacu dari keluarga mesin HR, serupa dengan yang digunakan Nissan Livina. Depot daya yang mengusung kode HR15DE berkonfigrasi 4-silinder segaris dan berkapasitas 1,5 liter (1.498 cc).

Tipe tertinggi Honda HR-V, yakni tipe Prestige memiliki fitur terlengkap, dan didukung mesin 1,8 liter SOHC 4 silinder, i-VTEC, bertenaga maksimal 139 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 169 Nm pada 4.300 rpm.

Radius Putar

Seiring pejalanan waktu, penyempurnaan sistem kemudi hingga suspensi memasuki ranah SUV dan berlanjut kepada crossover. Hasilnya crossover semakin enak dikemudikan. Honda HR-V memiliki jarak putar minimum 5,3 m. Jarak ini diklaim Honda akan memudahkan pengguna HR-V untuk melakukan manuver di jalan yang kecil, padat (perkotaan), atau ketika hendak memarkir kendaraan.

Bagaimana jika dibandingkan dengan Nissan Juke dan Mitsubishi Outlander. Dari data yang kami miliki, Nissan Juke memiliki radius putar 5,5 meter. Sementara Mitsubishi Outlander memiliki radius putar yang sama dengan Honda HR-V (5,3 meter).

Kesimpulan

Sebagai pendatang baru, Honda HR-V memiliki “gudang peluru” untuk dipergunakan melawan Nissan Juke. Berbekal sisi kebaruan, teknologi transmisi, dan beragam fitur-fitur terkini, Honda HR-V tentu memiliki potensi kuat untuk berjaya di kelasnya. Bagaimana dengan Nissan Juke? Nissan Juke masih menjadi kompetitor yang kuat meskipun usianya tak lagi muda. Fitur-fiturnya pun masih sangat memikat.

Mana yang akan lebih diminati? Ini pertanyaan yang tentu ada di benak pembaca. Menurut kami, Honda HR-V akan lebih diminati berkat kesegaran dari segi desain, performa dan fitur-fitur yang dimilikinya. Apalagi Honda HR-V juga diproduksi di Indonesia hasilnya harganya pun memikat yakni Rp 240 juta hingga 350 juta, serta memiliki kandungan lokal hingga 80 persen.

Sumber

Posted in Komparasi.