honda-jazz-vs-nissan-march-2017

Perbandingan Honda Jazz VS Nissan March 2017

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbandingan Honda Jazz VS Nissan March 2017 | Nissan March/Micra 2017 diperkenalkan di Paris motor show 2016. Kini Nissan March 2017 naik kelas ke segmen small hatchback atau supermini dan tidak lagi berada di segmen city car. Perpindahan kelas membuatnya bertarung dengan para raksasa di segmen small hatchback, seperti Honda Jazz. Mampukah Nissan March menyamai performa Honda Jazz? Atau apakah Nissan akan tertinggal jauh dari dari Honda Jazz?

Panjang Nissan March 2017 kini bertambah 170 mm menjadi 3.995 mm, lebarnya naik 77 mm menjadi 1.742 mm, dan tingginya menjadi 1.452 mm (berkurang 69 mm). Jarak sumbu roda Nissan March 2017 pun bertambah 75 mm menjadi 2.525 mm. Bertambahnya jarak sumbu roda akan meningkatkan volume ruang bagasi.

Di sisi lain, Honda Jazz memiliki panjang 3.955 mm dengan lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Jarak sumbu rodanya 2.530 mm. Jika kita bandingkan keduanya, maka Nissan March 2017 lebih panjang dan lebih lebar. Sementara Honda Jazz lebih tinggi ruang kepalanya dan jarak sumbu rodanya panjang.

Pujian kami berikan kepada Nissan yang melakukan introspeksi diri dan meningkatkan kemampuan Nissan March. Hasilnya nyata. Dimensinya membengkak dan mampu unggul dalam beberapa hal di sektor dimensi. Panjang Nissan March yang bertambah bakal berkontribusi pada ruang kaki, sementara lebar yang bertambah akan meningkatkan rasa nyaman saat berkendara. Ruang lebih luas akan menepis rasa claustrophobia di dalam kabin.

Sementara Honda Jazz, tetaplah salah satu hatchback paling sempurna di segmennya. Fleksibilitas dan kemampuannya sudah teruji. Utamanya di Indonesia. Pada pertarungan di teritori dimensi ini, kami lebih melihat upaya Nissan yang ingin maju, dan bukan melihat kemunduran Honda Jazz. Good job Nissan.

Dimensi Nissan March 2017 Honda Jazz
Panjang 3.995 mm 3.955 mm
Lebar 1.742 mm 1.694 mm
Tinggi 1.452 mm 1.524 mm
Jarak sumbu roda 2.525 mm 2.530mm

Mesin

Di sektor mesin, Honda Jazz adalah salah satu small hatchback dengan mesin paling bertenaga di Indonesia. Nissan tentu mengetahuinya, dan mereka keluar dengan solusi mengecilkan kapasitas mesin, dan membubuhinya dengan turbocharger. Langkah ini disebut downsizing. Tujuan lainnya agar konsumsi bahan bakar lebih ekonomis dan mesin lebih ramah lingkungan.

Apakah langkah ini akan berhasil? Tentu belum bisa dibuktikan sekarang, karena data yang kami terima masih sangat dini. Termasuk data tenaga dan torsi maksimal Nissan March. Dari data sementara bisa kami sampaikan bahwa tenaga mesin Nissan March bisa mengimbangi tenaga milik Honda Jazz, meskipun angka torsinya belum diungkap Nissan.

Mesin Nissan March 2017 Honda Jazz
Tipe mesin 0,9 liter Turbo 3 silinder segaris. 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

 

Tenaga 120 hp 120 ps pada 6.600 rpm
Torsi NA (dijelaskan saat launching) 145 Nm pada 4.800 rpm
Transmisi CVT CVT

Sumber kami di Nissan mengakui ada kedekatan antara Nissan March dan Clio generasi baru, namun saat ini keduanya masih dibagun di atas platform berbeda. Nissan march 2017 menggunakan suspensi depan Macpherson Struts dengan twist beam di belakang. Langkah serupa juga ditempuh oleh kebanyakan small hatchback. Di sisi lain, Honda Jazz menggunakan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam, dan MacPherson di depan.

Para ahli teknik Nissan sudah menguji March 2017 di seluruh Eropa untuk mendapatkan pengaturan rem, kemudi dan suspensi, hingga ban dan ukurannya. Mereka juga menguji sistem elektronika yang mengatur dinamika seperti Active Trace Control, serta Active Ride Control.

Kami memuji langkah Nissan memperbaiki kekurangan di Nissan March terdahulu. Mereka kini berhasil mempersembahkan sebuah small hatchback yang benar-benar pantas untuk dibeli. Mesinnya mampu bersaing dengan Jazz, kabinnya luas, begitu pula desainnya.

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , , , , , , .