Suzuki Ignis

Perbandingan Suzuki Ignis VS Honda Brio

Perbandingan Suzuki Ignis VS Honda Brio |  Di tahun 2017 ini industri otomotif roda empat Indonesia seakan mengalami pergeseran selera pasar. Setelah tahun-tahun sebelumnya konsumen seakan dihadapi oleh pilihan mobil-mobil bergenre MPV yang sangat banyak, hal tersebut tak berlaku lagi ketika memasuki tahun Ayam Api.

Baru empat bulan 2017 berjalan, para produsen sudah tancap gas menampilkan beberapa model unggulan baru yang digadang-gadang mampu memperoleh keuntungan untuk perusahaan. Menariknya, rata-rata jagoan baru yang diperkenalkan sejak awal tahun adalah mobil-mobil perkotaan berkapasitas 5 penumpang.

Setelah tanggal 7 April yang lalu Toyota dan Daihatsu menampilkan model terbaru Agya dan Ayla yang telah naik kelas, karena memiliki porsi mesin 1.200 cc. Tepat Senin lalu (18/4), Suzuki juga meluncurkan sebuah hatchback yang diberi nama Ignis. Yang berbeda, mobil ini disebut sebagai urban SUV, karena bentuknya yang lebih terlihat maskulin ketimbang para rivalnya.

Dimensi

Dengan kapasitas penumpang yang sama, ketiganya memiliki dimensi yang nyaris serupa. Suzuki Ignis dihadirkan dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.595 mm. Sementara panjang wheelbasenya mencapai 2.435 mm. Sedangkan rivalnya seperti Agya 1.2-L TRD dilengkapi PxLxT 3.660 mm, 1.600 mm dan 1.520 mm. Kemudian, mobil ini dirakit dengan jarak sumbu roda mencapai 2.450 mm. Dibanding keduanya, Brio Satya E CVT hadir dengan dimensi yang lebih compact, yaitu PxLxT 3.640 mm X 1.680 mm X 1.485 mm dan wheelbase 2.345 mm.

Fitur

Ignis sebagai yang paling bungsu telah dilengkapi dengan struktur body Total Effective Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel memungkinkan IGNIS tetap andal digunakan di jalanan offroad. Sementara Agya TRD juga tampil dengan fitur keselamatan yang cukup mumpuni. Jika keduanya dibandingkan dengan Brio Satya E CVT, maka Agya TRD dan Ignis memiliki keunggulan fitur, seperti iSOFIX dan seatbelt tiga titik di bangku tengah belakang di mana Satya hanya memiliki dua titik di bagian tersebut. Meski begitu, ketiga mobil telah dilengkapi dengan SRS Airbags dan Seatbelt reminder sebagai fitur keselamatan standar.

Spesifikasi

Sebagai pendatang baru dikelas hatchback 1.200 cc, Ignis cukup menjanjikan dengan mesin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc yang didukung Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC. Hasilnya, Ignis mampu mencetak tenaga 83 dk/6.000 rpm dan memiliki torsi 113 Nm/4.200 rpm. Sedangkan untuk Agya TRD yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.197 cc 4 silinder dengan 3NR-FE Dual VVT-i yang kini ada pada Agya TRD sanggup mengais daya 86,7 dk/6.000 rpm dan torsi 108 Nm/4.200 rpm.

Hasilnya cukup bersaing dengan mesin SOHC 1.198 cc 4 silinder i-VTEC milik Brio Satya E yang mampu menggelontorkan tenaga 88 dk/6.000 rpm serta 110 Nm/4.800 rpm. Jika berbicara soal performa, Brio Satya E CVT masih yang paling baik dalam hal tenaga dibanding kompetitornya. Hanya saja, Brio Satya masih kalah dengan Ignis dalam urusan torsi. Suzuki memasarkan Ignis GX AGS Rp 169,5 juta, sementara Agya TRD A/T dibanderol PT Toyota Astra Motor Rp 151,9 juta dan Brio Satya E CVT dipasarkan PT Honda Prospect Motor seharga Rp 151,5 juta.

Honda Brio

Honda Brio Satya juga Honda Brio RS memiliki dimensi yang sama, yakni dengan panjang 3.64 m, lebar 1.68 m dan tinggi 1.485 mm. Kemudian dari sisi mesin yang digunakan pun tak banyak perbedaan. Namun meski sama, Honda menyematkan suspensi yang lebih kaku di Honda Brio RS dibandingkan Brio Satya. Hal ini menjadikan Brio RS lebih berkarakter sporty.

Jika dilihat dari sisi eksterior depan, Honda Brio RS menggunakan lampu depan proyektor dengan LED, sedangkan Honda Brio Satya menggunakan lampu depan Halogen Headlight. Lalu, di sisi spion, warna senada antara bodi dan spion dimiliki Honda Brio Satya. Sementara Honda Brio RS memiliki warna spion senada dengan warna bodi namun ditambah LED Turning Signal.

(Baca: Promo diskon Honda Brio Bandung)

Masuk ke bagian kabin, sensasi mewah lebih terlihat dari kabin Honda Brio RS. Untuk membedakan antara Honda Brio Satya juga Brio RS pun dapat dilihat dari warna jok. Hitam untuk Brio RS dan Ivory untuk Honda Brio Satya. Selain itu Honda Brio RS sudah dilengkapi dengan sistim audio touchscreen 6.2 inci. Sementara Honda Brio Satya masih menggunakan 2DIN Audio sistem.

Perbedaan lain terdapat pada ban yang digunakan keduanya. Brio Satya menggunakan ban yang lebih kecil yakni 175/65 ring 14, sedangkan Brio RS menggunakan 185/55 ring 15.

Honda Brio RS dipercantik dengan dominasi warna hitam. Bagian dashboard mengadopsi desain hatchback Honda Jazz. Juga terdapat jok semi bucket seat yang cukup menarik. Tak lupa Honda menyertakan sistem hiburan layar sentuh berukuran 6,2 inci. Sistem hiburan ini dapat memutar konten audio dalam format, CD, DVD, USB dan juga mendukung konektivitas iPod dan iPhone.

Brio mengandalkan dapur pacu i-VTEC dengan kapasitas 1.2 liter. Tenaga yang dapat dikeluarkan mencapai 89 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. Mesin ini ditemani dengan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis CVT 5-percepatan.

Harga Honda Brio Bandung

Tipe Harga
Brio Satya S MT 134.000.000
Brio Satya E MT 139.000.000
Brio Satya E CVT 154.000.000
Brio RS MT 166.500.000
Brio RS CVT 181.500.000

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis dirancang dengan platform baru yang diberi nama HEARTECT. Mobil berbodi kompak ini juga mengusung struktur bodi bernama total effective control technology. Perpaduan kedua hal ini diklaim membuat Suzuki Ignis Indonesia dapat diunggulkan saat melintas di jalan beraspal maupun offroad (non-aspal).

Mobil berlogo ā€˜Sā€™ ini mempunyai ukuran panjang 3.700 mm, dengan lebar 1.690 mm dan tinggi 1.690 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya mencapai 2.435 mm, dengan ground clearance mencapai 180 mm. Dimensinya sedikit lebih besar dari Honda Brio RS terbaru yang memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.

(Baca: Perbedaan Suzuki Ignis Tipe GL dan GX)

Di bagian luar, mobil Suzuki Ignis ini dilengkapi headlamp LED proyektor dengan DRL, fog lamps, lampu belakang kombinasi dan roof rails. Sementara sektor roda mengandalkan velg trapezoid 15 inci. Lalu untuk New Brio RS dibekali projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, side under spoiler, rear glass garnish dan side sill garnish.

interior Suzuki Ignis menawarkan keunikan tersendiri. Kesan lapang juga terlihat di kabin mobil ini. Sebagai pemanis Suzuki memberikan kesan modern melalui penyematan panel instrumen yang futuristik. Tak hanya itu, cover jok juga didesain stylish sehingga menambah nilai plus interior Ignis.

Memasuki interiornya, kesan modern, unik dan futuristik tertangkap mata. Untuk Suzuki Ignis GLX AMT telah mengadopsi jok berbalut bahan fabric, terintegrasi CD, USB MP3, WMA dan bluletooth. Suzuki menyediakan banyak cup holder tersebar di doortrim depan dan belakang.

(Baca: Promo kredit suzuki Ignis Bandung)

Menariknya, desain dashboard dengan two tone colour (hitam dan beige) didesain bertingkat dan cukup detail dalam pengerjaannya. Warna beige sendiri berhasil menciptakan kesan lega ketika berada dalam interior mobil ini.

Keunikan lain adanya headunit layar-sentuh 7ā€³ yang didesain menyembul dari dashboard-nya. Insiyur Suzuki sepertinya berhasil membuat calon konsumen potensial terkejut untuk segera meminang Suzuki Ignis, karena desain ini tidak dimiliki para kompetitor Suzuki Ignis di Indonesia. Kami pun sempat memanfaatkan fitur bluletooth untuk pairing dengan smartphone Xiamo dan hasilnya bisa menikmati koleksi lagu-lagu.

Dua kursi depan dapat digeser maju-mundur secara manual untuk memperluas legroom. Dengan tinggi badan 168 cm dan duduk di samping pengemudi, Otospirit.com rasanya tidak seperti berada dalam low SUV. Begitu pun rekan kami dengan tinggi badan 170 cm yang duduk di kursi belakang. Anda salah menilai jika ukuran body-nya akan menciptakan ruang sempit di interior.

Interior dari spesifikasi Suzuki Ignis ini tetap akan memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya. Mobil ini dapat menampung total 4 penumpang dan cukup lega.Pada dashboard sudah dilengkapi beberapa panel mulai dari pengaturan wiper, sistem audio, ac dll. Untuk memudahkan sopir, pada lingkar kemudi juga dilengkapi switch audio control. Pada sistem audio juga dilengkapi dengan LCD monitor 7 inci yang tentunya merupakan pusat hiburan dimana selain bisa mengontrol kinerja mobil pada fitur ini juga sobat bisa menggabungkan smartphone dengan koneksi bluetooth dan kabel USB, di mana dengan fitur ini sobat akan dimudahkan saat melakukan panggilan telepon dan menghindari kecelakaan.

Suzuki Ignis memiliki sederet fitur yang cukup menggoda. Mobil ini sudah dilengkapi dengan auto climate control dan heater yang sedikit langka untuk mobil sekelasnya. Untuk menunjang keselamatan pengguna, Suzuki menyematkan dual SRS airbag, sabuk keselamatan yang sudah dilengkapi pretensioner dan force limiter. Sistem pengereman ABS dan BA juga turut hadir pada mobil ini.

Suzuki Ignis dibekali dengan mesin berbahan bakar empat silinder K12M yang memiliki kapasitas sebesar 1.197 cc, SOHC, variable vale timing. Mesin ini dapat mengeluarkan daya sebesar 81,8 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm. Suzuki menawarkan mobil baru ini dalam dua pilihan transmisi. Yakni manual 5-percepatan dan AGS.

Harga Suzuki Ignis Bandung

Tipe Harga
 IGNIS GL MT 142,500,000
 IGNIS GL AT 152,500,000
 IGNIS GX MT 162,500,000
 IGNIS GX AT 172,500,000

 

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Jika anda menggunakan Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Mobil, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
Form Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
Harga Wuling confero S Bandung
Posted in Komparasi and tagged , .