Perbandingan Toyota Agya 1.2 VS Daihatsu Ayla 1.2

Perbandingan Toyota Agya VS Daihatsu Ayla 1200cc | Mobil yang punya tampang lebih rupawan dan jantung pacu yang lebih besar ini baru saja diluncurkan beberapa hari yang lalu. Dalam rangka menyambut kehadiran duo LCGC Agya-Ayla ini, kami akan membahas apa saja perbedaan dari keduanya agar kalian tidak bingung maupun gundah gulana, sebab kedua mobil ini punya harga yang cukup bersaing. 

Desain Eksterior

Secara umum, dari segi desain kedua mobil ini mengambil muka yang berbeda, jika boleh diibaratkan toyota Agya mengambil bahasa desain yang lebih agresif dan Daihatsu Ayla menggunakan desain yang lebih wise. Ya gampangnya Agya memiliki muka seperti senyuman Joker, dan Daihatsu lebih kalem dengan garis grill yang padu dengan headlamp-nya layaknya Terios, atau VW Golf ya? Semua kembali lagi ke selera tapi kedua mobil ini jelas memiliki kesan yang berbeda saat dilihat dari depan.

Untuk bagian samping tampak adanya perbedaan dari desain side skirt dan juga list body yang hanya tersedia pada toyota Agya, selebihnya sama terutama pada bagian belakang. Perbedaan minor ada pada emblem TRD Sportivo untuk varian tertinggi Agya dan pada Daihatsu terdapat penggunaan list chrome di bawah kaca belakang dan desain spoiler kedua mobil ini jugasedikit berbeda. Untuk pelek memiliki desain masing – masing antara Agya dan Ayla, terutama untuk varian TRD Sportivo.

Perubahan desain pada Daihatsu Ayla rupanya tidak serentak terjadi. Apabila gaya desain Joker’s smile pada Agya sudah terjadi di semua tipe, pada Daihatsu Ayla perubahan desain hanya hadir pada varian 1.200 cc saja dan pada varian 1.000 cc semuanya masih menggunakan model lama, hanya berbeda hiasan di garnish lampu belakang dan juga desain bumper yang lebih fresh.

Sementara itu pada sektor mesin, jika Agya sudah kompak memakai mesin 1KR-VE seperti saudaranya Calya dan Sigra, Agya masih menggunakan mesin 1KR-DE yang belum VVT-i dan sama dengan mesin lamanya. Sedangkan untuk varian 1.200 cc-nya sama.

LED DRL

Bukan berarti dengan emblem Toyota semuanya akan lebih lengkap. Untuk sektor LED DRL, Toyota absen dan hanya mengandalkan LED positioning lamp sedangkan pada Ayla disediakan LED DRL meskipun tidak terintegrasi kedalam headlamp dan masih berada di bagian bawah bumper depan.

Toyota Agya 1.2

Head Unit

Untuk sektor hiburan di dalam kabin, selain berbeda bentuk HU, kedua mobil ini juga memiliki fitur yang berbeda. Pada Agya Head Unit yang mereka sebut New Advanced Entertainment dilengkapi dengan support koneksi Bluetooth sementara untuk Ayla sudah lebih canggih, mengapa? Karena tidak hanya support Bluetooth tetapi juga sudah touchscreen dan support DVD sementara pada Agya hanya CD-MP3-WMA-AUX dan USB saja.

Head rest dan Seatbelt

Headrest pada Agya sudah tersedia untuk 3 penumpang belakang dan dapat diatur ketinggiannya, sementara pada Ayla, meskipun sama – sama dapat diatur ketinggiannya namun hanya tersedia pada sisi kiri dan kanan saja. Artinya apabila ada penumpang di baris tengah dan terjadi whiplash injury, patah tulang leher mungkin saja terjadi. Sementara itu pada Agya sudah tersedia seatbelt 3 titik di semua tempat duduk dan pada Ayla jok baris tengah pada penumpang belakang masih mengandalkan seatbelt 2 titik yang tidak rapi.

Daihatsu Ayla 1.2

Kursi ISOFIX

Kelengkapan keselamatan untuk anak bayi ternyata kurang diperhatikan oleh Daihatsu. Pada Toyota Agya, kursi belakang sudah ISOFIX untuk mendukung peletakan baby’s seat di kursi belakang.

ABS

Sektor keselamatan yang satu ini juga luput dari Daihatsu. Meskipun sama – sama mengusung Dual SRS Airbag dan Side Impact Beam yang menurut website masing – masing ATPM tersebut berbeda letaknya, nyatanya sistem keselamatan seperti ABS hanya tersedia di Toyota Agya dengan varian 1.2 TRD saja.

Sumber

 

Harga Mitsubishi Expander
______________________________________________________________________________
Dapatkan Penawaran Harga dan Diskon Terbaik di Dealer Kami (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
_____________________________________________________________________________

Telp/Whatsapp: 085277956145

_____________________________________________________________________________
Atau kirim whatsapp/sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Mitsubishi Pajero sport Dakkar 4x4#120 juta#4 Tahun#Andi#Jalan Soekarno Hatta no 1000 Bandung) kirim ke
085277956145
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun. _____________________________________________________________________________
Posted in Komparasi and tagged , .