avanza dan xenia

Perbedaan Grand New Toyota Avanza dan Great New Daihatsu Xenia

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Perbedaan Grand New Toyota Avanza dan Great New Daihatsu Xenia | Sebagai kendaraan favorit para konsumen otomotif di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia selalu nampak dimanapun kita berjalan. Bahkan ada saja julukan bagi mereka berdua ‘kalau mau ngajak balapan jangan Avanza Xenia, diselip susah men! Muncul lagi muncul lagi’.

Namun tidak sedikit dari beberapa konsumen yang masih menimbang-nimbang lebih bagus Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia ya? Lebih value mana ya? Perbedaannya sebenarnya dimana aja sih? Nah, rasanya tidak lengkap jika kami tidak memberikan apa saja yang membedakan Avanza Xenia. Khususnya di varian terbaru ini, Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia selengkapnya di Serba 7 AutonetMagz!

1. Penerapan ABS – EBD

avanza xenia1

Tentu pembaca sudah tahu betul bahwa Toyota Grand New Avanza sudah mengaplikasi sistem pengereman kekinian ini, ABS dan EBD telah dipasang pada seluruh varian Grand New Avanza. Alasannya jelas karena faktor keamanan yang makin dibutuhkan sehingga berujung pada value dari mobil ini. Namun bagaimana dengan Daihatsu Great New Xenia? Sayangnya sih Great New Xenia tidak dilengkapi ABS dan EBD. Namun di bagian lain seperti dual airbag, side impact beam, dan window jam protection masih ada di Xenia.

2. Headrest Tambahan dan Seatbelt Tambahan di Baris Dua

avanza xenia 2

Salah satu yang bisa dianggap menjadi innovasi di Toyota Grand New Avanza adalah penerapan headrest tambahan yang berada di tengah bangku baris kedua. Memang posisi sering sekali ditempati anak kecil sehingga mungkin ada perlunya juga diberi headrest dan seatbelt. Namun untuk Great New Xenia tidak ada headrest dan seatbelt tersebut, sehingga konfigurasi joknya masih seperti yang lama. Toh tidak masalah juga, karena nyatanya tidak sering juga kita berpergian membawa penumpang banyak.

3. Bumper Depan

avanza dan xenia

Bumper Grand New Veloz dibanding Grand New Avanza tentu sangat jelas perbedaannya, namun apakah ada perbedaan bentuk bumper pada Grand New Avanza dan Great New Xenia? Oh rupanya ada kok, di tipe M Deluxe dan X Deluxe ada sedikit detailing tampilan bumper depan Great New Xenia. Sehingga tampilan Great New Xenia ‘Deluxe’ series tampil berbobot dibanding Grand New Avanza. Ah belum lagi Great New Xenia tipe R Sporty dimana adanya detailing hitam layaknya crossover plus tambahan LED DRL di samping foglamp.

4. Paket Eksterior

avanza xenia 4

Berbeda dengan Grand New Avanza yang tampil polos dan ringan tanpa paket eksterior, Great New Xenia dilengkapi dengan beberapa paket seperti ‘Deluxe’ dan ‘Sporty’. Paket ‘Deluxe’ dapat ditemui di varian M dan X dimana diberikan aksesori bodykit lengkap seperti bumper depan – bumper belakang, grille chrome, side skirt, chrome window, garnish chrome plate dan reflektor horizontal dan spoiler. Untuk ‘Sporty’ maka anda akan diberikan paket bodykit ala crossover dengan beberapa detail seperti handle chrome dan fender ornament.

5. Velg

avanza xenia 5

Untuk velg Toyota Grand New Avanza ada 2 pilihan tipe dan bentuk namun apakah sama dengan Great New Xenia? Ternyata tidak masbro! Toyota memberi pilihan 2 tipe velg pada Grand New Avanza : alloy wheel 8-spoke 14 inchi desain ‘kelopak bunga’ untuk tipe terendah dan alloy wheel 8-spoke 14 inchi desain ‘pisau blender’ untuk tipe tertinggi. Sedangkan pada Great New Xenia ada 3 tampilan : steel wheel dengan 2 jenis dop, alloy wheel 8-spoke 14 inchi seperti velg Xenia lawas dan alloy wheel 8-spoke two tone 14 inchi dengan desain ‘pisau blender’ (R Sporty).

6. Mesin

avanza xenia 6

Perihal mesin seperti yang kita ketahui, Toyota membekali Grand New Avanza dengan 2 jenis mesin terbaru : 1NR-VE 1.3 liter 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 96 hp dan torsi 120 Nm dan2NR-VE 1.5 liter 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 104 hp dan torsi 140 Nm. Bagaimana dengan Great New Xenia? untuk tipe terendah Daihatsu masih mempercayakan mesin EJ-VE 1.0 liter 3-silinder VVT-i bertenaga 63 hp dan torsi 93 Nm sedangkan tipe X dan R dibekali 1NR-VE 1.3 literbaru yang serupa dengan Grand New Avanza 1.3.

7. Paket Harga

Nah memasuki paket harga tentu saja untuk penawaran paket dan harga yang murah masih dipegang oleh Daihatsu Great New Xenia yang dibanderol Rp.150.3 juta hingga Rp.204.35 juta. Sedangkan pada Toyota Grand New Avanza memiliki harga yang lebih tinggi sekitar Rp.178.1 juta hingga Rp.211 juta, namun melihat fitur yang tersemat di Avanza pun nampaknya tetap ada value for money.

avanza xenia 7 avanza xenia 8

Nah berikut ulasan perbedaan Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia dari kami, bila anda cukup tertarik monggo cermati harga dan kelengkapan serta jangan lupa cek DP dan angsuran (bila anda ingin kredit) dan jangan lupa tanya diskon dan bonusnya ya. So bagi yang kepengen, tantang cicilanmu!

Sumber

Posted in Komparasi and tagged , , , , .