velg mobil 2

Perhatikan Hal Ini Jika Membeli Velg Aftermarket Bekas

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

 Perhatikan Hal Ini Jika Membeli Velg Aftermarket Bekas | Velg aftermarket adalah velg yang bukan keluaran pabrikan mobil (bukan orisinal bawaan mobil), velg aftermarket biasanya dijual di toko velg atau variasi mobil. Mengganti dengan velg aftermarket biasanya bisa menambah keren penampilan mobil karena biasanya velg aftermarket ini memiliki model yang lebih banyak, lebih unik dan mencerminkan jiwa pemilik mobil. Akan tetapi kesalahan memilih velg menjadikan mobil bergetar, mobil oleng, goyang.

Velg yang berkualitas untuk aftermarket bisa dibilang mahal (lebih mahal dari velg bawaan mobil), sementara disamping harus memilih velg yang baik kita juga dihadapkan pada biaya (harga velg)… Nah untuk meminimalisisr biaya pecinta otomotif bisa melirik velg bekas, meskipun bekas asalkan dipilih dengan baik juga recomended.

Jangan abaikan Kualitas Velg
Yang harus diperhatikan bahwa velg adalah bagian vital bagi mobil, konstruksi velg, material sampai kualitas pengecoran logam juga harus dipertimbangkan dalam memilih velg terutama yang aftermarket, karena biasanya velg aftermarket memiliki rentang kualitas dari yang sangat buruk sampai sangat baik (rentang kualitas lebih lebar dari velg orisinal bawaan mobil). Kesalahan proses produksi misalnya pengecoran yang tidak sempurna ataupun pendinginan yang kurang baik akan menyebabkan keretakan serabut dan ini berbahaya untuk dikendarai…untuk cara memilih velg yang bagus bisa dilakukan dengan cara menggantungnya kemudian memukul/ mengetuknya dengan obeng jika suaranya halus dan lama berarti velg tersebut bagus.

Dimensi Velg dan Model yang sesuai
Dimensi ini terkait dengan ukuran velg baik lebar velg ataupun diameter, lebih baik jika ukurannya sesuai dengan velg bawaan mobil termasuk kesesuaian lubang baut… jangan tergiur dengan modelnya saja lalu tiba-tiba dibeli saja, ingat sesuaikan dulu ukuran (dimensi) velg dengan mobil anda… baru setelah cocok bisa melihat model yang dikehendaki (warna, desain pilar, dan lain-lain)

Cek fisik velg
Nah langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melihat dengan teliti kondisi velg, dan juga diraba setiap detailnya…hal ini untuk mengetahui apakah ada benjolan atau penyok atau cacad lain yang ada pada velg. Cek pada bibir velg yang posisi ini paling sering bermasalah seperti penyok, cara menggantung dan memukul dengan obeng seperti anjuran diatas juga bisa dilakukan untuk memastikan kualitas material dan proses pembuatan velg. Periksa juga apakah ada pembubutan pada velg tersebut, ciri velg bekas dibubut adalah adanya garis-garis memutar di lingkar velg, periksa juga apakah ada bekas pengecatan ulang karena pengecatan juga salah satu cara untuk menyamarkan kerusakan.
Meminta garansi
Mintalah garansi pada penjual bahwa velg tidak cacad/ rusak, tidak bergetar saat dipakai pada kecepatan tinggi, tidak goyang saat dikendarai… dalam hal ini velg terjamin dipakai normal tanpa keluhanLakukan Spooring dan Balancing
Nah terakhir jika velg sudah dibeli/ dipasang bawa ke bengkel spesialis Spooring and Balancing untuk di setel, dan jika ada yang tidak beres dapat cepat diketahui…. oh iya dalam membeli velg akan lebih baik jika membeli 5 velg daripada 4, meskipun kebanyakan penjual velg berjumlah 4.

Posted in Tips Trik and tagged , , , .