diesel comon reil2

Seperti Ini Cara Kerja Mesin Common Rail Diesel

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Seperti Ini Cara Kerja Mesin Common Rail Diesel | Commonrail pada kendaraan bermesin diesel semakin banyak kita temui beberapa tahun belakangan ini.

SUV dan kendaraan 4×4 terbaru di Indonesia saat ini rata-rata tersedia dalam versi diesel dengan menerapkan teknologi Common Rail,

Teknologi Common Rail adalah sistem injeksi bahan bakar langsung pada berbagai mesin diesel modern yang setara dengan sistem injeksi bahan bakar langsung pada mesin bensin.

Pada mesin diesel biasa, sebuah pompa injeksi, akan diatur oleh mesin, yang mennyalurkan solar ke injektor, kemudian akan disemprotkan ke dalam ruang bakar mesin.

 Dibandingkan dengan common rail, tekanan solar tersebut dianggap “belum tinggi/masih rendah”, sehingga pengabutannya pun kurang halus, maka pembakaran yang dihasilkan pun relatif menjadi kurang sempurna.

Pada engine dengan common rail systems, pompa injeksi tidak akan dipakai lagi, sebagai gantinya adalah sebuah pompa yang menghasilkan solar yang bertekanan tinggi hingga mencapai 1.800 kg/cm2, yang akan disimpan dalam sebuah reservoir yang bercabang dan akan berujung pada tiap-tiap nozzle, hingga solar pun siap untuk disemprotkan.

Pada nozzle ada sebuah solenoid yang siap menunggu perintah dari ECU untuk menyemprotkan sejumlah solar ke dalam ruang pembakaran.

Dan dalam hal ini, ECU akan mengalirkan sejumlah arus listrik ke solenoid pada nozzle.

Lama atau tidaknya listrik yang dialirkan, juga akan berpengaruh terhadap jumlah solar yang akan disemprotkan. Sehingga pengabutan dan suara menjadi halus, emisi rendah, pembakaran bersih, dan efisiensi solar pun meningkat.

Sumber

Posted in News and tagged , , .