dinamo mobil

Tanda Dinamo Mobil Mulai Rusak

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tanda Dinamo Mobil Mulai Rusak | Dinamo ampere atau altenator masuk ke dalam perangkat elektronik pada kendaraan. Komponen ini berfungsi sebagai pembangkit listrik saat kendaraan bekerja. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat banyak pengguna jarang memperhatikan.

Hengky, mekanik Asen Dinamo Pasar Palmerah, saat ditemuiOtomania, Senin (14/3/2016) mengatakan, dinamo amperememang jarang bermasalah kecuali akibat usia penggunaan. Namun pemilik kendaraan dapat mengetahui ciri-ciri alternator ini mengalami kerusakan.

“Alternator sebenarnya jarang rusak. Kemungkinan barang elektronik rusak adalah kena air. Ini bisa terjadi saat mobil di steamdan tidak hati-hati. Selain itu alternator biasanya rusak karena pemakaian,” ujar Hengky.

Ciri pertama yang mudah terlihat saat ada masalah pada alternator adalah indikator bergambar aki menyala saat mesin dihidupkan. Kondisi ini karena alternator yang rusak tidak menghasilkan daya dan kerja suplai listrik digantikan sepenuhnya oleh aki.

Ciri kedua, alternator akan mengeluarkan bunyi mendesing yang cukup keras. Suara ini akibat perangkat dioda pada alternator mengalami kerusakan. Bunyi ini akan terjadi pada saat putaran mesin cukup tinggi.

Kemudian ciri yang ketiga adalah aki kendaraan yang selalu tekor. Masalah ini akibat alternator yang rusak dan tidak memberikan tegangan yang cukup pada alternator.

Alternator yang berfungsi dengan baik akan menghasilkan tegangan antara 13,6 volt hingga 14,0 volt untuk mensupply aki dengan tegangan 12 volt. Jika tegangan yang dihasilkan kurang dari 13,6 volt akan membuat aki tekor dan susah untuk menstarter kendaraan.

Kebalikan dengan ciri yang ketiga, ciri keempat adalah aki yang kelebihan beban karena produksi tegangan dari alternator melebihi 14,0 volt. Hal ini terlihat dari lampu kendaraan yang tiba-tiba terang dan berkedip saat berada di putaran tinggi. Pada aki, terjadi kelebihan panas yang membuat air aki dan sel mendidih.

Jika mendapati ciri-ciri seperti ini pada kendaraan segera menuju bengkel atau layangn perbaikan dinamo terdekat agar segera ditangani oleh mekanik berpengalaman.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , , .