perlintasan kereta api

Tips Hindari Mobil Mogok di Rel Perlintasan Kereta Api

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Tips Hindari Mobil Mogok di Rel Perlintasan Kereta Api | Mobil mogok di atas rel/ perlintasan kereta api semakin banyak, hal ini mendorong www.mobilku.org untuk mengulas dan menyebarkan pada pembaca tentang fenomena ini sehingga pembaca bisa mengatasi saat terjadi pada moil yang kita kemudikan.
Penyebab utama mobil mogok/ berhenti di rel perlintasan kereta api adalah pengemudi menjalankan mobil terlalu pelan nyaris berhenti sehingga ketika ban benar-benar diatas rel tidak mempunyai laju untuk keluar dari gundukan rel tersebut (ibaratnya terlalu pelan melewati lobang hingga terjerembab di lobang tersebut). Nah solusinya saat melintasi rel jangan terlalu pelan sehingga masih ada momentum mobil melintasi rel meskipun tiba-tiba mesin mati/ mogok.Penyebab utama lain adalah pengemudi panik ketika melewati rel sehingga kurang bisa mengontrol klestabilan mesin (kopling, gas dan rem) sehingga mobil malah mogok… Sangat kecil kemungkinan mogok disebabkan oleh medan magnet/ listrik pada rel saat mesin hidup, lain halnya jika mesin sudah mati di atas rel maka mobil akan sulit di starter/ dinyalakan akibat daya magnet rel tersebut.
 Untuk menghidupkan mesin mobil diperlukan kerja dari dinamo starter dimana bagian utama dinamo starter adalah magnet, saat mobil diatas rel kemungkinan magnet rel mempengaruhi medan magnet dinamo cukup besar sehingga ini bisa jadi bersifat gangguan medan magnet yang berujung mobil tidak bisa dinyalakan, jika hal ini terjadi maka segera netralkan gigi dan dorong menjauh dari rel.
Rel kereta api adalah salah satu logam terbaik penghantar listrik dan magnet, nah saat kereta berjalan terdapat gesekan antara roda kereta dengan rel yang sama-sama logam dan membentuk listrik dan magnet. Listrik dan magnet pada rel bisa merambat mendahului kereta dengan jarak 1 kilometer didepan dan belakang kereta api, oleh sebab itu jika mobil mogok dan sulit dinyalakan maka segeralah keluar dan dorong karena adanya magnet adalah indikasi adanya kereta dalam radius yang cukup dekat, jika tak mungkin di dorong yang terpenting adalah kita dan anggota keluarga sudah keluar dari mobil dan mengutamakan keselamatan kita terlebih dahulu.
Beberapa tips yang bisa dilakukan jika mobil mogok:
1. Segera keluar dari mobil dan dorong keluar dari rel (jika ada banya orang mintalah bantuan mereka secepatnya)
2. Cara alternatif untuk mobil transmisi manual adalah memasukkan gigi ke posisi gigi 1 kemudian menstarter mobil tanpa menginjak kopling, diharapkan dinamo starter dapat menggeser/ menggerakkan mobil (lakukan saat darurat dan kondisi memungkinkan/ ada waktu)
3. Coba nyalakan klakson sambil menstarter mobil, banyak yang mengatakan jika nyala klakso dapat memberikan efek kejut terhadap komponen listrik yang “beku”
Cara ke 2 dan ke 3 diatas hanya dilakukan saat kondisi darurat, pastikan anggota keluarga sudah keluar dari mobil…sebisa mungkin lakukan cara ke 1 dengan mendorongnya
Posted in Tips Trik and tagged , , .