keselmatan di mobil

Tips Keselamatan di dalam Mobil Untuk Ibu dan Anak

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tips Keselamatan di dalam Mobil Untuk Ibu dan Anak | Menjadi seorang ibu adalah salah satu pekerjaan paling sibuk terutama saat diharuskan untuk mengemudi mengantar anak ke sekolah, penitipan anak, bekerja dan belanja. Padatnya kegiatan seorang ibu juga menuntut konsentrasi lebih pada rutinitas sibuknya.

Chevrolet mengajak para ibu dan calon ibu untuk memerhatikan keselamatannya serta anak-anak mereka dengan memberi beberapa tips aman berkendara untuk para wanita, di antaranya:

  1. Lindungi Bayi di dalam kandungan: Saat masih dalam kandungan, wanita juga perlu memerhatikan keselamatan bayi dengan menggunakan sabuk keselamatan secara benar setiap saat. Walau mobil dilengkapi airbag, saat terjadi kecelakaan tanpa sabuk keselamatan dia akan menghantam airbag dengan keras. Usahakan posisi duduk tidak terlalu dekat dengan kemudi.
  1. Gunakan kursi khusus bayi:Bayi di dalam mobil sebaiknya duduk di kursi khusus bayi dengan posisi disesuaikan umurnya. Posisikan kursi bayi menghadap ke belakang untuk bayi usia sampai 1 tahun. Bayi usia 1-4 tahun duduk di kursi bayi menghadap ke depan. Sementara anak usia 4 tahun ke atas dianjurkan memakai bantalan kursi tambahan (booster seat).
  1. Aktifkan kunci pengaman anak: Saat anak telah duduk dengan benar di dalam mobil, aktifkan kunci keselamatan anak (child safety lock) untuk mencegah anak-anak membuka pintu mobil dari dalam.
  1. Simpan benda-benda berserakan: Simpan jauh-jauh benda-benda seperti mainan plastik atau peralatan rumah tangga dari jangkauan anak-anak karena dapat berpotensi menyebabkan cedera atau luka saat terjadi kecelakaan. Simpanlah di kompartemen dan tempat-tempat penyimpanan di dalam mobil.
  1. Mobil bukan arena bermain anak: Simpanlah kunci dan remote jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak menarik perhatian. Jangan tinggalkan mereka sendirian di dalam mobil sedetik pun, dan periksa dua kali kursi belakang saat parkir untuk memastikan anak-anak tidak tertinggal.
  1. Buat anak-anak sibuk: Beri mereka sesuatu yang akan membuatnya sibuk selama perjalanan seperti dengan mainan, buku bacaan, lagu dan video anak-anak agar tidak mengganggu pengemudi selama perjalanan. Pastikan mereka mendapat yang diinginkan/disukai sebelum memulai perjalanan, dengan begitu pengemudi akan lebih fokus saat mengemudi.
  1. Hindari gunakan handphone: Usahakan untuk tidak melakukan/menerima panggilan telepon dan mengetik pesan dengan Ponsel saat mengemudi. Jika mendesak, lakukan dengan berhenti di lokasi aman atau saat tiba di tujuan. Menggunakan hands-free atau fitur konektifitas pada mobil bisa menjadi pilihan.
  1. Perhatikan sekitar: Selalu waspada pada pejalan kaki, terutama di lingkungan sekolah atau area parkir pusat perbelanjaan di mana anak-anak bisa secara tiba-tiba berlari ke tengah jalan.

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , .