rack roof

Tips Memasang Roof Box/ Roof Rack di Mobil LCGC

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN
Tips Memasang Roof Box/ Roof Rack di Mobil LCGC | Memasang roof box pada mobil-mobil MPV atau SUV pada umumnya memang sudah lazim akan tetapi bagaimana jika memasang roof box pada mobil-mobil LCGC seperti Ayla, brio satya, agya, datsun go, wagon R…bisakah?
Sebagian mobil LCGC seperti Ayla ataupun brio satya memang tidak dibekali tempat untuk memasang roof box/ tempat roof rail… roof box biasanya dipasangkan pada roof rail yang mana biasanya pada atap mobil seperti avanza/ ertiga sudah memiliki roof rail atau tempat roof rail.
Nah repotnya untuk mobil LCGC tidak memiliki tempat untuk memasang roof rail, lantas apakah bisa dipasang roof rail? untuk mobil yang tidak memiliki roof rail biasanya alternatifnya adalah dengan memasang cross bar (sebagai pengganti roof rail yang universal) akan tetapi pemasangan cross bar ini dengan cara mengebor atap mobil dan memasangnya secara permanen (sudah banyak bengkel yang bisa melakukannya) dan jika melepasnya tentunya ada lubang pada atap mobil.
Pengeboran dan pemasangan cross bar (sebagai tempat Roof Box) ini juga harus dilakukan dengan hati-hati dan presisi/ bisa dibilang dilakukan bengkel yang berpengalaman, karena dalam melubangi atap mobil yang paling riskan adalah air hujan bisa merembes melalui lubang ke dalam mobil apabila dilakukan tidak profesional, permasalahan karat juga kerap menyapa lubang cross bar ini karena air hujan cepat sekali mengikis besi.
Yang perlu dipertimbangkan saat akan memasang cross bar selain bengkel yang mengerjakan adalah ukuran cross bar dalam hal ini bobot, gunakan cross bar yang cukup ringan karena mobil LCGC memiliki pilar yang relatif kecil dan tips sehingga beban benar-benar harus diperhitungkan pada bagian atap mobil.
Nah jika mobil sudah dipasangai cross bar maka cross bar ini bisa dipasangi roof rack atau roof box atau juga bisa hanya cross bar saja dan barang-barang diikat pada cross bar ini, memasangkan roof box pada cross bar untuk mobil LCGC memang harus memperhitungkan lagi efek limbung akibat bobot mobil yang terlalu ringan sehingga ukuran Roof Box juga perlu menjadi pertimbangan yang hati-hati
Mobil LCGC seperti Ayla, Agya dan Brio satya kebanyakan hanya berbobot 1000 kg sehingga relatif lebih rentan bergoyang baik itu karena beban berlebih pada bagian atas mobil ataupun karena terpaan angin pada atap, oleh karena itu jangan memasang roof box dan cross bar yang terlalu berat (gunakan bahan yang ringan). Untuk pemasangan roof box juga cari yang kecil saja dengan pertimbangan tidak terlalu berimbas saat terkena angin pada kecepatan tinggi, roof box yang kecil juga memiliki volume angkut yang kecil sehingga juga ikut mengontrol beban agar tidak terlalu membawa beban berat di atap mobil.

Jika mobil dalam kecepatan tinggi maka terpaan angin menjadi sangat besar, sedikit saja mobil limbung hal ini akan fatal akibatnya… bisa melenceng dari jalurnya, tapi yang pasti adalah membuat pengemudi panik karena kehilangan daya cengkram pada jalan…. panik saja akibatnya bisa fatal apa lagi melenceng dari jalur…
Saran www.mobilku.org untuk pemakaian bagasi pada atap mobil LCGC:
1. Konsultasikan di bengkel apakah mobil tersebut benar-benar bisa dipasang cross bar
 2. Pertimbangkan bobot cross bar karena ini akan permanen, pilih yang ringan
3. Pemasangan roof box juga berpengaruh pada safety mobil LCGC, pilih yang kecil saja tapi ringan dan kuat… dengan bobot angkut tidak lebih dari 50 kg (maksimum 30 kg)
4. jangan mengemudikan terlalu cepat mobil LCGC yang terpasang roof box
5. Cross bar universal lebih disarankan untuk mobil LCGC
Posted in Tips Trik and tagged , , .