TOYOTA CAMRY HYBRID

Tips Membeli Mobil Sedan

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tips Membeli Mobil Sedan | Bagi Anda yang ingin membeli mobil tipe sedan baik baru atau bekas (second), ada baiknya jika membaca tips berikut ini sebelum membeli. Untuk mencegah terjadinya kesalahan membeli. Nah penasaran bagaimana tipsnya simak ulasan berikut ini ya.

1. Ukuran dan segmen

Seperti yang kita ketahui sedan adalah tipe kendaraan empat pintu dengan desai bagasi tradisional. Segmennya pun terbagi menjadi 3 bagian yaitu kompak, menengah dan besar. Sebelum membeli Anda harus memastikan ukuran dan segmen apa yang Anda butuhkan untuk mobil sedan Anda.

2. Harga

Mengetahui harga sebelum membeli kendaraan sangat penting. Untuk mobil sedan sendiri untuk segmen kompak kelas ekonomi ditaksir bisa mencapai 100 juta Rupiah, sedangkan untuk kelas mewah bisa mencapai hingga 300 juta Rupiah.

Harga sedan ukuran menengah start dari pertengahan harga kelas kompak hingga Rp 800 juta. Harga sedan besar, sebut saja dari model BMW atau Mercedes, mungkin start dari Rp 1 miliar dan seterusnya. Jadi jika Anda ingin membeli mobil sedan Anda harus memperkirakan harga mana yang sesuai dengan keadaan kantong Anda.

3. Keselamatan

Biasanya sedan di kelas menengah sudah memiliki fitur-fitur seperti rem ABS, airbag kursi depan atau bahkan samping, pengontrol stabilitas. Fitur seperti sensor parkir sudah mulai tersedia di sedan kelas ekonomi atau kompak, sementara sedan kelas premium memanfaatkan teknologi tinggi untuk memperingatkan pengemudi dari kondisi blind-spot.

Fitur-fitur yang menunjang keselamatan Anda adalah hal yang penting untung dipertimbangkan saat Anda akan membeli kendaraan.

4. Kemewahan dan kenyamanan

Perangkat hiburan di sedan zaman sekarang setidaknya adalah perangkat audio CD. Namun, lihat juga fitur lainnya, terutama jika Anda suka musik dan menyimpan lagu-lagu dalam flashdisk, atau bahkan iPod, apakah kompatibel dengan perangkat model itu.

Sementara itu, sistem navigasi, Bluetooth kini mudah ditemukan pada sedan non-mewah. Fitur lainnya mungkin adalah cupholder, terutama jika Anda selalu membawa kopi dan minuman lain, dan mungkin desain interior.

5. Kapasitas

Sedan kompak dan menengah bisa membawa empat orang dewasa dengan nyaman. Namun jika harus bisa dimuati lima anggota keluarga, maka pilih sedan besar.

Penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa besar kapasitas mobil yang Anda inginkan, jika Anda masih belum berkeluarga sedan ukuran kecil atau menengah bisa menjadi pilihan Anda tapi jika Anda sudah berkeluarga lebih baik memilih sedan dengan ukuran besar.

6. All wheel drive

All wheel drive merupakan fitur penggerak roda kendaraan jika keadaan jalan tidak bagus atau cuaca yang buruk. Jadi jika Anda ingin merasa lebih aman saat berkendara di jalan yang tidak bagus dan cuaca ekstrim Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mobil dengan fitur All Wheel Drive tentu dengan harga yang sudah Anda pertimbangkan.

7. Manual atau matik

Memang, mobil transmisi matik jadi andalan di saat macet. Namun, sedan manual pun kadang lebih disukai sebagian orang, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa. Model transmisi matik di setiap mobil biasanya berbeda.

Ada yang perlu digeser dulu untuk memindahkan tuas, misalnya dari N ke D, ada pula yang memencet tombol. Ditambah lagi sudah ada terdapat sejumlah mobil sedan kelas mewah punya fitur pindah transmisi di belakang setir.

Sebelum Anda membeli kendaraan ada baiknya Anda membeli sesuai dengan kebutuhan Anda juga pilih kendaraan yang tidak terlalu memakan biaya dalam pembelian dan pemeliharaannya.

Sumber

 

Posted in Tips Trik and tagged .