keselmatan di mobil

Tips Memilih Baby Car Seat Untuk Si Buah Hati

PROMO SUZUKI AKHIR TAHUN

Tips Memilih Baby Car Seat Untuk Si Buah Hati | Membiasakan anak untuk dapat duduk mengunakan safety belt (sabuk pengaman) saat berkendara, sudah harus dimulai sejak usia dini. Seperti membiasakan anak duduk di baby car seat, selama perjalanan di dalam mobil, guna miminimalkan cidera saat berkendara.

“Keselamatan anak saat berkendara merupakan kewajiban orang tua untuk menghindari akibat fatal jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Penggunaan alat pengaman saat berkendara di mobil, atau safety car seat untuk anak perlu di biasakan sejak usia dini,” ujar dr. Maudy Jasin. Sp.A

Mengacu pada peraturan Baby Car Seat yang berlaku di United Nations standard, ECE Regulation 44-33. Ada beberapa tips bermanfaat dalam memilih baby car seat untuk si buah hati. Dibagi menjadi beberapa tingkatan grup.

Grup 0, Rearward –Facing Baby Seat, khusus untuk bayi yang baru lahir hingga berat badan mencapai maksimal 13 kg. Untuk yang Combination Seat (Rearward and Forward-Facing) dapat digunakan bayi berbobot sampai 18kg, dan usia hingga 4 tahun.

Saat pemakaian rearward-facing baby (menghadap dingding jok), posisi pemasangan menghadap ke belakang posisi kendaraan, posisi bayi berbaring, mengindari benturan. Karena, pada usia ini bentuk tulang bayi masih rentan.

Posisi berbaring, sangat aman melindungi bayi pada bagian kepala, leher, dan tulang belakang. Sangat tidak di anjurkan penempatan baby car seat pada kursi baris paling depan, apalagi terdapat fasilitas airbag.

Grup 1, Forward- Facing Child Seat, digunakan pada anak dengan berat badan mencapai 9 kg, hingga 18 kg, atau usia 9 bulan sampai 4 tahun.

Car seat jenis ini, sangat disarankan bila ingin memosisikan anak pada posisi duduk front-facing seats (menghadap depan). Dianjurkan untuk usia anak menginjak 2 tahun, atau kaki bayi sudah tertekuk, dan menyentuh dinding belakang jok mobil.

Group 2, High – Backed Booster Seat, untuk anak usia 4 sampai 6 tahun dengan berat badan antara 15-25 kg.

Group 3, Booster Cushion, tipe ini cocok bagi anak yang sudah mencapai berat badan 22 sampai 36 kg, atau usia anak menginjak 6 – 11 tahun.

Beberapa hal penting juga perlu di perhatikan saat pemasangan baby car seat. Pastikan terpasang dengan baik, dan aman pada jok mobil, serta sabuk pengaman yang tidak mudah bergeser. Jenis kendaraan terbaru, biasanya produsen mobil telah menyediakan ikatan khusus untuk pemasangan baby car seat.

Di berbagai negara maju sudah memiliki peraturan ketat, dan mewajibkan setiap anak mengunakan car seat saat mengajak mereka berkendara.[dp/Byn]

Sumber

Posted in Tips Trik and tagged , , .